cara mengusir tikus got
Lingkungan

Cara Mengusir Tikus Got dari Rumah dan Halaman Rumah

Tikus got, atau sering disebut juga dengan tikus gudang, merupakan salah satu jenis tikus yang dapat merusak berbagai barang dan makanan di dalam rumah. Tikus got biasanya berukuran lebih besar daripada tikus rumah biasa, dan mereka memiliki kebiasaan untuk berkumpul dalam jumlah yang besar di dalam gudang atau tempat penyimpanan makanan. Selain itu, tikus got juga sering ditemukan di halaman rumah, sehingga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Bagi sebagian orang, tikus got mungkin terlihat tidak berbahaya. Namun, jika dibiarkan begitu saja, tikus got dapat menjadi masalah yang sangat serius bagi kesehatan manusia dan hewan peliharaan. Tikus got dapat menyebarkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti leptospirosis, hantavirus, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mengusir tikus got agar terhindar dari masalah yang lebih besar.

Cara Mengusir Tikus Got di Rumah

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir tikus got di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda terapkan:

Gunakan Umpan Tikus

Cara yang paling umum untuk mengusir tikus got adalah dengan menggunakan umpan tikus. Umpan tikus ini biasanya berupa makanan yang telah dicampur dengan racun tikus. Tikus akan memakan umpan tersebut dan kemudian mati. Namun, Anda perlu memperhatikan tempat penyimpanan umpan ini agar tidak membahayakan anak-anak atau hewan peliharaan.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dari Lingkungan Rumah

Pasang Perangkap Tikus

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan memasang perangkap tikus. Anda bisa membeli perangkap tikus di toko-toko perlengkapan rumah tangga. Pastikan perangkap yang digunakan aman dan tidak membahayakan hewan peliharaan atau anak-anak.

Buat Lubang Udara

Tikus got biasanya masuk ke dalam rumah melalui lubang-lubang udara. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengusir tikus got adalah dengan membuat lubang udara kecil di sekitar rumah Anda. Hal ini akan memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik, dan akan membuat tikus got kesulitan untuk masuk ke dalam rumah.

Gunakan Kapur Barus

Kapur barus adalah bahan alami yang efektif dalam mengusir tikus got. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda bisa menempatkan kapur barus di tempat yang sering dilalui oleh tikus got. Bau yang dihasilkan dari kapur barus akan membuat tikus got merasa tidak nyaman dan akhirnya pergi dari rumah Anda.

Gunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami lainnya yang efektif dalam mengusir tikus got. Caranya cukup mudah, Anda bisa memotong bawang putih menjadi beberapa bagian dan menempatkannya di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus got. Bau yang dihasilkan dari bawang putih akan membuat tikus got merasa tidak nyaman dan akhirnya pergi dari rumah Anda.

Gunakan Serbuk Kayu Manis

Serbuk kayu manis juga bisa digunakan untuk mengusir tikus got dari rumah Anda. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda bisa menaburkan serbuk kayu manis di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus got. Tikus got tidak suka dengan bau kayu manis dan akan pergi dari rumah Anda.

Baca juga: Rekomendasi Pengusir Tikus Ampuh

Bersihkan Rumah Secara Berkala

Tikus got biasanya suka berkumpul di tempat-tempat yang kotor dan tidak terawat. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah secara berkala. Pastikan semua sampah dan makanan tersimpan dengan rapi, dan selalu bersihkan tempat-tempat yang sering dilewati tikus got.

Cara Mengusir Tikus Got di Halaman Rumah

Selain di dalam rumah, tikus got juga sering ditemukan di halaman rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir tikus got di halaman rumah:

Buat Perisai Tanaman

Tikus got biasanya suka memakan tanaman di halaman rumah. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengusir tikus got di halaman rumah adalah dengan membuat perisai tanaman. Anda bisa menggunakan kawat halus atau jaring sebagai perisai, dan memasangnya di sekitar tanaman yang ingin dilindungi. Hal ini akan membuat tikus got sulit untuk mencapai tanaman yang ingin dimakannya.

Pasang Lampu Sorot

Tikus got biasanya lebih suka berkeliaran di malam hari. Oleh karena itu, memasang lampu sorot di halaman rumah bisa membantu mengusir tikus got. Tikus got akan merasa terganggu oleh cahaya yang terang dan akan pergi mencari tempat yang lebih aman.

Tanam Tanaman Pengusir Tikus Got

Ada beberapa jenis tanaman yang diketahui dapat mengusir tikus got, seperti peppermint, lavender, dan bunga marigold. Anda bisa menanam tanaman-tanaman ini di sekitar halaman rumah Anda untuk membantu mengusir tikus got.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Tanpa Menggunakan Insektisida

Bersihkan Halaman Rumah Secara Berkala

Sama seperti di dalam rumah, menjaga kebersihan halaman rumah juga sangat penting untuk mengusir tikus got. Pastikan semua sampah dan limbah rumah tangga terkumpul di tempat yang tertutup rapat dan tidak dibiarkan berserakan di halaman rumah. Hal ini akan membuat tikus got sulit untuk mencari makanan dan tempat berlindung.

Cara Membasmi Tikus Got di Rumah

Jika cara-cara di atas belum cukup efektif untuk mengusir tikus got dari rumah Anda, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk membasmi tikus got. Namun, perlu diingat bahwa cara-cara ini harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak membahayakan manusia dan hewan peliharaan Anda.

Menggunakan Racun Tikus

Racun tikus adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam membasmi tikus got. Anda bisa membeli racun tikus di toko atau toko perlengkapan rumah tangga. Namun, perlu diingat bahwa racun tikus juga bisa membahayakan manusia dan hewan peliharaan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda menempatkan racun tikus di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh manusia dan hewan peliharaan.

Menggunakan Perangkap Tikus

Perangkap tikus adalah cara yang lebih aman dalam membasmi tikus got. Anda bisa membeli perangkap tikus di toko atau toko perlengkapan rumah tangga. Perangkap tikus ini biasanya berupa kotak kecil yang didalamnya terdapat umpan tikus dan jebakan. Setelah tikus terjebak, Anda bisa membuangnya ke tempat yang jauh dari rumah Anda.

Menggunakan Ultrasounds

Ultrasounds adalah alat yang dapat menghasilkan suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh manusia tetapi dapat mengganggu tikus got. Alat ini bisa ditemukan di toko atau toko perlengkapan rumah tangga dan mudah digunakan. Anda hanya perlu menempatkan ultrasounds di tempat yang sering dilalui oleh tikus got dan menghidupkannya.

Baca juga: Iklan adalah: Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis, dan Contoh

Cara Memiliki Rumah Bebas dari Tikus Got

Selain mengusir tikus got dengan cara-cara di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tikus got masuk ke dalam rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Tutup Lubang dan Celah di Rumah

Tikus got bisa masuk ke dalam rumah melalui lubang dan celah di dinding atau lantai. Oleh karena itu, pastikan semua lubang dan celah tersebut telah ditutup rapat.

Simpan Makanan dengan Baik

Pastikan semua makanan dan bahan makanan tersimpan dengan baik dan tertutup rapat. Jangan biarkan makanan terbuka di atas meja atau di tempat yang mudah dijangkau oleh tikus got.

Bersihkan Tempat Makanan Hewan Peliharaan

Jangan biarkan makanan hewan peliharaan terbuka di tempat yang mudah dijangkau oleh tikus got. Pastikan tempat makanan hewan peliharaan selalu bersih dan rapi.

Gunakan Peralatan Rumah Tangga yang Aman

Pastikan semua peralatan rumah tangga seperti lemari es, oven, dan kompor selalu dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan. Hindari menumpuk barang di atas peralatan rumah tangga tersebut.

Baca juga: Pesona Keindahan Alam Gunung Rinjani

Kesimpulan

Tikus got adalah salah satu hama yang paling merusak di rumah dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, mengusir tikus got dari rumah dan halaman rumah Anda sangat penting untuk mencegah kerusakan yang lebih besar. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir dan membasmi tikus got seperti menggunakan bahan alami, racun tikus, perangkap tikus, dan ultrasounds. Namun, pastikan Anda menggunakan cara yang aman dan tidak membahayakan manusia dan hewan peliharaan Anda. Selain itu, membersihkan lingkungan sekitar secara teratur juga dapat mencegah tikus got datang dan merusak rumah dan halaman rumah Anda.

Dalam memilih cara mengusir tikus got, pastikan Anda menyesuaikan dengan kondisi di rumah atau halaman rumah Anda. Misalnya, jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, maka sebaiknya hindari penggunaan racun tikus. Jika Anda tidak yakin dengan cara mengusir tikus got yang tepat, sebaiknya konsultasikan dengan ahli atau pest control yang berpengalaman.

Selain itu, selalu perhatikan kebersihan dan keamanan di lingkungan sekitar rumah Anda. Pastikan sampah dan sisa makanan di rumah dijaga dengan baik dan jangan biarkan daerah sekitar menjadi kotor dan berantakan. Hal ini dapat mencegah tikus got datang dan merusak rumah dan lingkungan sekitarnya.

Referensi

  1. Agarwal, A. 2019. How to Get Rid of Roof Rats in Your House.
  2. Ashton, E. 2021. How to Get Rid of Roof Rats.
  3. Oregon Department of Agriculture. 2018. Roof Rats.
  4. PETA. 2021. How to Keep Rats Away.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.