Manfaat Petai Cina
Gaya Hidup

13 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan

Manfaat Petai Cina – Petai cina, atau yang akrab disapa lamtoro, memiliki asal usul yang kaya akan sejarah dan keberagaman. Tanaman ini berasal dari keluarga Fabaceae (Leguminosae), dan sejak lama telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat di berbagai belahan dunia. Dikenal juga dengan nama lain seperti mlanding atau kemlanding di Jawa, petai cina bukan hanya menjadi bagian penting dalam kuliner, tetapi juga memiliki peran vital dalam penghijauan lahan dan pencegahan erosi.

Kandungan Nutrisi Petai Cina

Manfaat Petai Cina
Sumber Gambar: Freepik

Biji yang kecil namun penuh manfaat ini mengandung serat, protein, lemak, dan karbohidrat. Daunnya, tak kalah penting, mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B1, dan C yang menjadikannya pilihan istimewa untuk mendukung kesehatan tubuh.

Lebih jauh lagi, petai cina mengandung flavonoid dan saponin, senyawa-senyawa ajaib yang terbukti bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Meskipun kandungannya tidak sebanyak yang ditemukan pada buah dan daunnya, mineral-mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor turut melengkapi khasiat kesehatan dari petai cina.

Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ulasan tentang manfaat petai cina untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kombinasi flavonoid, alkaloid, dan protein dalam petai cina menjadikannya sayuran yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saponin dalam petai cina juga bertindak sebagai agen anti-bakteri dan anti-virus, memberikan perlindungan ekstra terhadap infeksi.

2. Membantu Pengobatan Diabetes Melitus

Diabetes melitus, gangguan metabolisme yang ditandai dengan hiperglikemia, dapat di obati dengan bantuan dari petai cina. Penelitian membuktikan bahwa ekstrak biji petai cina memiliki toleransi terhadap glukosa darah, memberikan alternatif yang menjanjikan untuk mengatasi penyakit ini.

3. Menurunkan Berat Badan

Petai cina bukan hanya lezat, tapi juga merupakan pilihan ideal bagi mereka yang menjalani program diet. Tinggi protein, rendah kalori akan membantu mengurangi rasa lapar, meningkatkan metabolisme, dan mendukung proses penurunan berat badan.

4. Membantu Pengobatan Penyakit Kanker

Beberapa studi membuktikan, kandungan tanin dalam ekstrak biji petai cina dapat melawan radikal bebas dan menurunkan risiko terkena kanker. Kemampuan tanin sebagai senyawa polifenol juga dapat menghilangkan racun dan sel kanker dalam tubuh, meskipun perlu penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi khasiatnya terhadap penyakit kanker.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kalsium, fosfor, dan zat besi dalam petai cina memberikan nutrisi penting untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Penelitian menunjukan bahwa vitamin A dalam petai cina tidak hanya memberikan warna pada buahnya, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

7. Mengatasi Infeksi di Saluran Pencernaan

Daun petai cina, bagian yang memiliki manfaat terbesar, mengandung senyawa antibakteri seperti alkaloid, flavonoid, dan tanin. Bersama-sama, senyawa ini membentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli yang sering menyebabkan gangguan saluran pencernaan.

8. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Potasium, yang melimpah dalam petai cina, dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak, menjaga agar kemampuan kognitif tetap optimal.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Zat kimia saponin yang terkandung dalam daun ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka terbuka. Dalam dunia medis, saponin diakui sebagai stimulator produksi kolagen, protein esensial yang mendukung proses penyembuhan luka.

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit dapat ditingkatkan dengan konsumsi daun petai cina. Enzim dalam daunnya meningkatkan produksi kolagen yang sehat, menjadikan kulit terhindar dari kekeringan dan kekusaman.

11. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam petai cina dapat membantu mengoptimalkan jumlah zat besi dalam tubuh, memberikan kontribusi penting dalam mencegah anemia.

12. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat dalam petai cina dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi sembelit, dengan meningkatkan penyerapan air pada feses.

13. Obat Cacingan Alami

Petai cina bukan hanya lezat, tapi juga memiliki efek detoksifikasi yang dapat membantu membasmi cacingan. Biji segar petai cina dapat diolah menjadi ramuan yang efektif untuk mengatasi cacingan dalam tubuh.

Cara Konsumsi Petai Cina

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari petai cina, cara konsumsi yang bijak sangat diperlukan. Berikut ini beberapa saran untuk memasukkan petai cina ke dalam pola makan sehari-hari:

  • Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang signifikan, konsumsilah petai cina secara teratur sebagai bagian dari menu makanan harian.
  • Eksplorasi berbagai cara mengolah petai cina, mulai dari direbus, dipanggang, hingga dijadikan bahan masakan, ini dapat membuat pengalaman kuliner lebih menarik.
  • Kombinasikan petai cina dengan makanan lain yang seimbang untuk memastikan asupan nutrisi yang komprehensif.
  • Bagi yang memiliki riwayat alergi tertentu, disarankan untuk mengonsumsi petai cina dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan jika perlu.
  • Untuk tujuan pengobatan tertentu, seperti diabetes melitus, pertimbangkan penggunaan ekstrak biji petai cina dengan mematuhi dosis yang dianjurkan.

Sebagai penutup, manfaat petai cina bukanlah sekadar mitos, melainkan hasil dari penelitian dan pengalaman turun-temurun. Mengintegrasikan petai cina dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah kecil namun signifikan menuju hidup yang lebih sehat dan bugar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita bersama ya.

Referensi

  1. Saleh, M. S., Jalil, J., Zainalabidin, S., Asmadi, A. Y., Mustafa, N. H., & Kamisah, Y. (2021). Genus Parkia: Phytochemical, medicinal uses, and pharmacological properties. International Journal of Molecular Sciences22(2), 618.
  2. Chhikara, N., Devi, H. R., Jaglan, S., Sharma, P., Gupta, P., & Panghal, A. (2018). Bioactive compounds, food applications and health benefits of Parkia speciosa (stinky beans): a review. Agriculture & food security7(1), 1-9.
  3. Kamisah, Y., Othman, F., Qodriyah, H. M. S., & Jaarin, K. (2013). Parkia speciosa hassk.: A potential phytomedicine. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine2013.
  4. Health Benefits. Health benefits of Petai. Diakses pada Desember 2023.
  5. Peakd. The Benefits of China Petai. Diakses pada Desember 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.