cara menghilangkan bruntusan di pipi
Gaya Hidup

Cara Menghilangkan Bruntusan di Pipi: Tips Ampuh

Cara menghilangkan brutusan di pipi – Pipi yang terlihat mulus dan bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Namun, tidak jarang masalah kulit seperti bruntusan dapat muncul dan mengganggu penampilan kita.

Tak perlu khawatir, ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bruntusan di pipi dan mengembalikan kecerahan kulit wajah kita.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips dan trik yang dapat membantu mengatasi masalah bruntusan di pipi dengan efektif dan juga menggunakan bahan-bahan alami. Simak penjelasan berikut untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat.

Apa itu Brutusan?

Bruntusan merujuk pada kondisi kulit yang memiliki permukaan yang kasar dan tidak rata. Ketika disentuh, bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol pada kulit. Secara umum, bruntusan bukanlah istilah medis yang secara khusus digunakan dalam dunia medis.

Bruntusan dapat muncul di berbagai bagian tubuh selama bagian tersebut dilapisi oleh kulit. Mereka dapat muncul hanya pada satu atau dua titik tertentu, atau dapat berkelompok dan terkonsentrasi pada area-area tertentu.

Salah satu area yang sering mengalami bruntusan adalah area wajah, terutama bagian T-zone yang meliputi dahi, hidung, dan dagu. Selain itu, bruntusan juga dapat muncul di area punggung, leher, lengan, bahu, dan bahkan dada.

Baca juga: Cara Menghilangkan Panu dalam 1 Hari

Apa Penyebab Brutusan Pipi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya bruntusan di pipi, seperti komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, dan folikulitis (peradangan pada folikel rambut) serta keratosis seboroik.

Namun, komedo adalah penyebab paling umum dari timbulnya bruntusan. Seperti halnya jerawat, komedo terbentuk ketika sel-sel kulit mati dan minyak terperangkap di dalam pori-pori kulit.

Ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori ini, antara lain:

  • Perubahan hormon.
  • Stres.
  • Produksi keringat berlebih.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak cocok.
  • Kurang menjaga kebersihan kulit, seperti menyentuh kulit dengan tangan yang kotor.

Cara Menghilangkan Brutusan di Pipi

Berikut ini penjelasan terkait cara menghilangkan brutusan di pipi Anda, yuuk simak!

Menjaga Kebersihan Kulit

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan kulit secara teratur. Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Hindari menggunakan pembersih yang mengandung bahan-bahan keras yang dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Pastikan juga untuk selalu membersihkan makeup dengan teliti sebelum tidur.

Menggunakan Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit yang seimbang. Pilih toner yang mengandung bahan-bahan alami, seperti ekstrak bunga atau aloe vera, yang dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

Gunakan toner dengan cara menepuk-nepuk lembut pada wajah, hindari menggosok-gosok yang dapat merusak jaringan kulit.

Rutin Mengel exfoliasi

Salah satu cara menghilangkan brutusan di pipi dengan Exfoliasi, merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bruntusan.

Lakukan eksfoliasi secara rutin, namun jangan terlalu sering karena dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Pilihlah exfoliator yang lembut dan mengandung bahan-bahan alami, seperti gula atau biji-bijian halus.

Menggunakan Masker Lumpur

Masker lumpur memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk membantu menghilangkan bruntusan di pipi. Masker lumpur dapat membantu menyerap kelebihan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Gunakan masker lumpur seminggu sekali atau sesuai petunjuk pada kemasan produk. Pastikan untuk memilih masker lumpur yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Menjaga Keseimbangan Hidrasi Kulit

Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung lebih sehat dan bercahaya. Pastikan untuk minum air yang cukup setiap hari, minimal 8 gelas sehari.

Selain itu, gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kita setelah mencuci wajah. Pelembap dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan bruntusan.

Baca juga: Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Menghindari Produk Kosmetik Berbahaya

Beberapa produk kosmetik mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit.

Hindarilah produk yang mengandung bahan berpotensi merusak kulit, seperti pewarna dan pewangi buatan, paraben, serta alkohol. Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan alami dan aman untuk kulit.

Mengurangi Konsumsi Makanan yang Memicu Bruntusan

Beberapa makanan memiliki potensi untuk memicu bruntusan di pipi. Makanan yang mengandung banyak gula, lemak jenuh, dan pengawet dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

Coba kurangi konsumsi makanan tersebut dan tambahkan lebih banyak buah dan sayuran segar ke dalam pola makan kita. Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat membantu membersihkan kulit dari dalam.

Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Jika bruntusan di pipi tetap menjadi masalah yang persisten dan tidak kunjung membaik meskipun telah mencoba berbagai cara, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan.

Mereka dapat memberikan penilaian yang tepat tentang kondisi kulit kita dan memberikan pengobatan atau perawatan yang sesuai.

Hindari Memencet Bruntusan

Cara lain cara menghilangkan brutusan di pipi dengan menahan godaan untuk memencet bruntusan sangat besar, hindarilah kebiasaan ini. Memencet bruntusan dapat menyebabkan peradangan dan bahkan meninggalkan bekas luka atau noda di kulit.

Sebaliknya, berikan waktu bagi perawatan yang kita lakukan untuk bekerja dan biarkan bruntusan menghilang dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Merawat Rambut agar Sehat

Cara Menghilangkan Brutusan di pipi dengan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bruntusan. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu coba:

Jus Tomat

cara menghilangkan brutusan di pipi

Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Likopen yang terdapat dalam tomat dapat membantu memperbaiki tekstur kulit yang terganggu akibat bruntusan.

Cara penggunaannya:

  • Hancurkan satu buah tomat.
  • Oleskan pada kulit wajah dan biarkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan metode ini selama 15 hari untuk melihat hasilnya.

Lidah Buaya

lidah buaya

Gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan bruntusan. Lidah buaya mengandung polisakarida yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan membantu menyembuhkan noda serta bekas luka.

Cara penggunaannya:

  • Ambil gel lidah buaya dari daunnya.
  • Oleskan gel tersebut pada kulit wajah dan biarkan hingga kering.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan secara rutin selama sebulan untuk melihat hasilnya.

Putih Telur

Putih Telur

Putih telur mengandung enzim alami yang dapat membantu meratakan tekstur kulit dan mengurangi noda hitam serta bekas luka pada wajah.

Cara penggunaannya:

  • Pisahkan putih telur dan kuningnya.
  • Aplikasikan putih telur secara merata pada wajah.
  • Biarkan hingga kering.
  • Bilas dengan air dingin.
  • Lakukan metode ini dua kali dalam seminggu selama satu bulan.

Madu

madu

Madu mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan bekas luka.

Cara penggunaannya:

  • Ambil satu sendok teh madu.
  • Oleskan secara merata pada wajah.
  • Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Lakukan metode ini selama 15 hari untuk melihat hasilnya.

Lemon

Lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon bermanfaat untuk mengurangi noda dan bekas luka pada wajah.

Cara penggunaannya:

  • Peras lemon dan aplikasikan airnya pada wajah.
  • Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Ulangi metode ini setiap hari selama 15 hari.

Baca juga: Makanan Diet Pengganti Nasi Putih

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips-tips di atas dengan konsisten, kita dapat menghilangkan bruntusan di pipi dan mendapatkan kulit yang lebih bersih serta sehat.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga beberapa metode mungkin lebih efektif daripada yang lain.

Coba variasikan dan temukan perawatan yang paling cocok dengan kulit kita. Jaga juga pola makan yang sehat, hindari stres berlebih, dan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu kita mencapai kulit yang cantik dan bebas bruntusan.

Referensi

  1. American Academy of Dermatology. (2021). Acne: Diagnosis and treatment.
  2. Mayo Clinic. (2021). Acne.
  3. WebMD. (2021). Acne Treatment.
  4. Healthline. (2021). Natural Remedies for Acne: 10 Tips to Try.
  5. MedicalNewsToday. (2021). Home remedies for acne: 7 most popular options.
  6. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. (2017). Aloe vera in dermatology: a brief review.
  7. Indian Journal of Dermatology. (2013). Honey: A therapeutic agent for disorders of the skin.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.