Cara Mengatasi Instagram Keluar Sendiri
Teknologi

Cara Mengatasi Instagram Keluar Sendiri

Instagram merupakan platform media sosial yang populer dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif. Namun, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah saat menggunakan aplikasi, salah satunya adalah Instagram keluar sendiri (force close) secara tiba-tiba. Masalah ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas pengguna, terutama bagi mereka yang sering menggunakan Instagram untuk berbisnis, berkomunikasi, atau mencari hiburan.

Penyebab Umum Instagram Keluar Sendiri

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Instagram bisa keluar sendiri dari aplikasi:

1. Bug atau Masalah Teknis

Kadang-kadang, Instagram bisa keluar sendiri karena adanya bug atau masalah teknis dalam aplikasi. Ini bisa terjadi karena perangkat lunak Instagram yang tidak stabil atau konflik dengan perangkat lunak lain di perangkat.

2. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil atau lambat juga bisa menyebabkan Instagram keluar sendiri. Aplikasi membutuhkan koneksi yang kuat untuk berfungsi dengan baik, jadi pastikan memiliki koneksi internet yang stabil saat menggunakan Instagram.

3. Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga atau fitur tambahan yang terhubung dengan Instagram juga bisa menyebabkan masalah. Kadang-kadang, aplikasi ini tidak kompatibel dengan Instagram dan bisa menyebabkan aplikasi keluar sendiri.

4. Perangkat Tidak Kompatibel

Instagram terus mengembangkan aplikasinya, dan beberapa versi terbaru mungkin tidak kompatibel dengan perangkat. Ini bisa menjadi penyebab masalah jika menggunakan perangkat yang sudah tua atau tidak didukung lagi.

5. Pengaturan Aplikasi yang Salah

Pengaturan aplikasi yang salah atau tidak tepat juga bisa menyebabkan Instagram keluar sendiri. Pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi Instagram dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Mengatasi Instagram Keluar Sendiri

Sekarang, mari kita bahas cara mengatasi Instagram keluar sendiri dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat di ikuti untuk mengatasi masalah ini:

1. Perbarui Aplikasi Instagram

Umumnya, pengembang aplikasi akan merilis pembaruan yang mengandung perbaikan bug atau masalah yang ada. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi pengguna untuk secara rutin memperbarui versi aplikasi yang digunakan, termasuk Instagram. Untuk mengupdate Instagram dan mengatasi masalah aplikasi Instagram yang force close, pengguna dapat melakukan update melalui Google Play Store atau App Store. Caranya cukup tekan tombol “Update” dan tunggu hingga proses pembaruan selesai terpasang di perangkat.

2. Hapus Cache Aplikasi

Data cache merupakan informasi sementara yang diperoleh dari aplikasi yang berjalan pada ponsel. Informasi ini disimpan dalam memori ponsel dan bersifat sementara, yang berarti tidak permanen. Namun, jika data cache tidak dibersihkan secara teratur, itu dapat membuat aplikasi berjalan lebih lambat. Menghapus data cache aman dilakukan karena tidak akan menghapus data penting dalam aplikasi. Untuk mengatasi Instagram yang force close, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Android:

  • Buka menu “Settings/Pengaturan” > “Apps/Aplikasi”.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus data cachenya.
  • Tekan tombol “Clear Data” > “Clear Storage”.
  • Buka kembali aplikasi tersebut.
  • Login atau unduh kembali data yang dibutuhkan aplikasi.

iOS:

Berbeda dengan Android, iPhone tidak memiliki opsi untuk menghapus data cache secara langsung. Sebagai gantinya, kita dapat menghapus aplikasi dan mengunduh ulang Instagram. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tahan ikon aplikasi Instagram selama beberapa detik.
  • Pilih opsi “Remove App” > “Delete App”.
  • Buka App Store dan unduh aplikasi Instagram.
  • Buka Instagram dan login menggunakan akun kamu.

3. Restart Perangkat

Memulai ulang smartphone dapat mengembalikan proses yang sedang berjalan di sistem ke kondisi semula. Hal ini juga akan membersihkan memori yang sebelumnya digunakan, sehingga dapat dialokasikan kembali ke aplikasi yang ingin dijalankan. Langkah-langkah untuk mengatasi Instagram keluar sendiri dengan memulai ulang smartphone adalah sebagai berikut:

  • Tekan dan tahan tombol daya (power) selama beberapa detik.
  • Pilih opsi “restart”.
  • Tunggu hingga smartphone selesai memuat ulang.
  • Selanjutnya, buka kembali aplikasi yang sebelumnya terpaksa ditutup (force close).

4. Copot dan Pasang Kembali Aplikasi Instagram

Kita dapat melakukan instal ulang untuk mengembalikan semua pengaturan aplikasi ke mode bawaan atau default. Jika telah menghapus (uninstall) Instagram, kita dapat mengunduhnya kembali melalui Google Play Store atau App Store untuk mengatasi masalah aplikasi Instagram keluar sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Untuk menghapus Instagram, tahan ikon aplikasi selama beberapa detik.
  • Pilih opsi “Uninstall” atau “Remove App”.
  • Setelah menghapus aplikasi, unduh kembali Instagram melalui Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi Instagram dan login menggunakan akun kita.

5. Periksa Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet stabil dan kuat saat menggunakan Instagram. Jika koneksi internet kita lemah, itu bisa menjadi penyebab masalah.

6. Hapus Aplikasi Pihak Ketiga yang Tidak Diperlukan

Saat kita menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan Instagram, coba hapus untuk melihat apakah itu menyebabkan masalah.

7. Perbarui Sistem Operasi

Menjalankan pembaruan atau update sistem operasi (OS) sangat penting untuk dilakukan. Pembaruan OS yang dikeluarkan oleh pengembang umumnya bertujuan untuk memperbaiki bug, menghadirkan fitur baru, serta melakukan perubahan antarmuka pengguna (UI). Tidak jarang, pembaruan tersebut juga dapat memperbaiki bug yang terdapat dalam aplikasi Instagram. Untuk melakukan update OS pada perangkat Android dan iOS, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Android:

  • Buka menu “Settings/Pengaturan” > “System & Updates”.
  • Pilih opsi “Software Update”.
  • Periksa apakah ada pembaruan OS yang tersedia.
  • Jika ada pembaruan yang tersedia, tekan tombol “Update” untuk menjalankannya.

iOS:

  • Buka menu “Settings/Pengaturan” > “General/Umum”.
  • Pilih “Software Update”.
  • Cek apakah ada pembaruan OS yang tersedia.
  • Jika ada pembaruan yang tersedia, tekan tombol “Update and Install” untuk memulai proses pembaruan.

8. Reset Pengaturan Jaringan

Jika masalahnya terkait dengan koneksi internet, kita dapat mencoba mereset pengaturan jaringan di perangkat. Ini akan menghapus semua pengaturan jaringan dan mengembalikannya ke pengaturan default.

9. Hapus Data Aplikasi Instagram

Ketersediaan ruang penyimpanan yang terbatas dapat menyebabkan kesulitan bagi smartphone untuk menjalankan aplikasi dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai aplikasi mengalami error, crash, dan tertutup secara paksa. Untuk memastikan aplikasi berjalan lancar, disarankan agar smartphone memiliki sisa ruang penyimpanan sekitar 10-15 persen dari kapasitas totalnya. Kita dapat memeriksa alokasi penyimpanan pada smartphone dengan langkah-langkah berikut:

Android:

  • Buka menu “Settings/Pengaturan” > “Storage/Penyimpanan”.
  • Anda akan melihat jumlah storage yang digunakan dan tersedia.

iOS:

  • Buka menu “Settings/Pengaturan” > “General/Umum”.
  • Pilih “Storage/Penyimpanan”.
  • Anda dapat melihat kapasitas storage yang digunakan dan tersedia pada menu ini.

10. Hubungi Dukungan Instagram

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kita dapat menghubungi dukungan Instagram untuk bantuan lebih lanjut. Mereka mungkin dapat memberikan solusi yang lebih lanjut untuk masalah tersebut.

Demikianlah tips Cara Mengatasi Instagram Keluar Sendiri, semoga informasi ini berguna ya.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.