Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram
Teknologi

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram: Panduan Lengkap

Instagram telah menjadi platform media sosial yang sangat populer, dan memiliki akun yang terverifikasi dengan tanda centang biru adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa akun Anda adalah akun yang sah dan sah milik tokoh terkenal, bisnis, atau entitas terdaftar. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan secara mendalam cara mendapatkan centang biru di Instagram. Anda akan mempelajari semua persyaratan, langkah-langkah, dan tips untuk mencapai tujuan ini. Mari kita mulai!

Apa Itu Centang Biru di Instagram?

Tanda centang biru di Instagram adalah tanda verifikasi yang menunjukkan bahwa akun Instagram adalah akun resmi, asli, dan sah milik individu terkenal, bisnis, atau entitas terdaftar. Ini membantu pengguna Instagram membedakan antara akun resmi dan akun palsu atau tiruan. Centang biru ini menambahkan tingkat kepercayaan dan kredibilitas pada akun, dan ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang dan bisnis ingin mendapatkannya.

Kenapa Anda Harus Memiliki Centang Biru di Instagram?

Mendapatkan centang biru di Instagram memiliki beberapa manfaat yang signifikan:

  • Akun Instagram dengan centang biru dianggap lebih kredibel dan dapat dipercaya. Pengikut akan lebih cenderung mempercayai informasi yang dibagikan.
  • Akun terverifikasi lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram, karena seringkali muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian.
  • Dengan centang biru, lebih sedikit orang akan mencoba meniru atau menciptakan akun palsu yang berpura-pura menjadi Anda.
  • Beberapa fitur tambahan, seperti fitur “Swipe Up” dalam cerita Instagram, hanya tersedia bagi akun yang telah terverifikasi.

Sekarang, mari kita bahas persyaratan yang perlu di penuhi untuk mendapatkan centang biru di Instagram.

Persyaratan untuk Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Instagram memiliki sejumlah persyaratan yang harus di penuhi sebelum akun bisa mendapatkan tanda centang biru. Ini termasuk:

1. Akun Autentik

Akun haruslah benar-benar asli dan mewakili seseorang, bisnis, komunitas, atau entitas terdaftar asli. Ini berarti bahwa akun palsu atau akun yang mencoba meniru orang lain tidak akan memenuhi syarat.

2. Keunikan

Instagram hanya memberikan verifikasi pada akun yang mewakili keunikan. Ini berarti bahwa akun dengan tema minat umum biasanya tidak memenuhi syarat untuk centang biru.

3. Identitas Lengkap

Harus melengkapi informasi identitas yang diminta oleh Instagram. Ini termasuk nama lengkap, bio yang relevan, foto profil yang memadai, dan informasi kontak yang akurat. Selain itu, akun harus bersifat publik atau tidak dikunci.

4. Terkenal

Instagram memberikan centang biru pada individu yang dikenal luas, memiliki potensi akun palsu, banyak dicari, dan memiliki banyak pengikut atau followers. Dalam banyak kasus, tanda centang biru diberikan kepada selebriti, tokoh terkenal, bisnis besar, dan entitas terkemuka.

5. Konten Media Berbayar

Instagram tidak akan mempertimbangkan konten media berbayar atau bersponsor dalam proses verifikasi. Jadi, hanya aktivitas organik dan konten yang akan diperhitungkan.

6. Minimal Jumlah Pengikut

Akun harus memiliki jumlah pengikut (followers) yang cukup besar untuk memenuhi syarat verifikasi. Meskipun angka pastinya tidak diungkapkan oleh Instagram, umumnya diharapkan bahwa memiliki lebih dari 10.000 pengikut untuk mempertimbangkan verifikasi.

Setelah memahami persyaratan, sekarang mari kita bahas cara untuk mengajukan permintaan centang biru di Instagram.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Proses pengajuan centang biru di Instagram dapat dilakukan secara gratis. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengajukan permintaan:

  1. Buka aplikasi Instagram di perangkat dan pastikan sudah masuk ke akun.
  2. Klik pada ikon profil di bagian bawah kanan layar untuk masuk ke halaman profil.
  3. Di halaman profil, cari ikon tiga garis yang biasanya terletak di pojok kanan atas layar. Klik ikon ini untuk mengakses menu pengaturan.
  4. Dalam menu pengaturan, cari dan pilih opsi “Akun.”
  5. Di bawah opsi “Akun,” Anda akan menemukan pilihan “Minta Verifikasi.” Klik pada pilihan ini untuk memulai proses pengajuan.
  6. Saat memilih “Minta Verifikasi,” Anda akan diminta untuk mengisi informasi yang diminta oleh Instagram. Ini termasuk nama lengkap dan mungkin beberapa bukti identifikasi yang diperlukan. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat.
  7. Instagram akan memberikan petunjuk lebih lanjut tentang langkah-langkah yang harus di ikuti dalam proses pengajuan. Ikuti instruksi ini dengan cermat.
  8. Setelah mengajukan permohonan, Instagram akan melakukan peninjauan terhadap akun. Proses ini biasanya memakan waktu hingga 30 hari. Harap bersabar selama proses peninjauan berlangsung.
  9. Jika permintaan disetujui, Anda akan menerima pemberitahuan langsung dari Instagram. Akun akan ditambahkan tanda centang biru, menandakan bahwa akun telah terverifikasi.

Jika permintaan tidak disetujui, jangan khawatir. Anda dapat mengajukan permohonan ulang setelah 30 hari. Pastikan untuk mematuhi pedoman dan ketentuan penggunaan Instagram untuk meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan centang biru.

Centang Biru Berbayar di Instagram

Selain verifikasi gratis, Instagram juga menawarkan opsi verifikasi berbayar melalui Meta Verified. Namun, verifikasi berbayar hanya tersedia untuk individu dan memiliki persyaratan tambahan. Berikut adalah beberapa syarat untuk verifikasi berbayar:

  • Anda harus berusia minimal 18 tahun.
  • Profil Anda harus bersifat publik atau pribadi dan terhubung dengan nama lengkap sesuai standar.
  • Anda harus memasang foto profil yang menampilkan wajah Anda.
  • Aktifkan autentikasi dua faktor setelah pembayaran.
  • Memenuhi persyaratan aktivitas minimal, seperti memiliki riwayat postingan sebelumnya.
  • Anda harus memiliki Tanda Pengenal yang diterbitkan oleh pemerintah yang cocok dengan nama profil dan foto profil Anda.
  • Anda harus mematuhi Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas Instagram.

Penting untuk diingat bahwa saat ini verifikasi berbayar hanya bisa dilakukan untuk profil individu, dan profil bisnis tidak memenuhi syarat untuk Meta Verified.

Biaya untuk verifikasi berbayar dapat bervariasi tergantung pada platform dan perangkat yang digunakan. Biaya untuk Meta Verified pada versi web adalah sekitar Rp100.000 per bulan, sementara untuk iOS dan Android sekitar Rp130.000 per bulan. Untuk versi global, biaya adalah sekitar 11,99 dollar AS per bulan untuk versi web dan 14,99 dollar AS per bulan untuk versi iOS dan Android.

Baca juga: Derivatif Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Cara Membeli Centang Biru di Instagram

Jika Anda memenuhi syarat dan ingin membeli centang biru di Instagram melalui Meta Verified, berikut adalah langkah-langkah yang harus di ikuti:

  1. Buka aplikasi Instagram yang ada di perangkat.
  2. Klik ikon profil yang terletak di pojok kanan bawah layar.
  3. Di halaman profil, cari dan klik ikon tiga garis yang ada di kanan atas aplikasi. Anda akan menemukan opsi “Meta Verified.” Klik pada opsi ini.
  4. Instagram akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara melanjutkan proses pembelian centang biru.
  5. Biaya yang harus di bayar akan disesuaikan dengan perangkat yang digunakan, seperti App Store, Play Store, atau website.

Dengan memahami persyaratan, langkah-langkah, dan opsi verifikasi berbayar, Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan ini. Jangan lupa untuk mematuhi pedoman dan ketentuan penggunaan Instagram saat menjalani proses verifikasi. Semoga panduan ini bermanfaat dalam upaya Anda untuk mendapatkan centang biru di Instagram!

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.