mendeley reference manager
OJS

Cara Menggunakan Mendeley Reference Manager

Mendeley Reference Manager adalah aplikasi yang dapat membantu mengelola dan mengatur referensi yang digunakan dalam penulisan dokumen seperti tesis, makalah, laporan, dan artikel ilmiah. Berikut adalah beberapa cara menggunakan Mendeley Reference Manager untuk penelitian akademik:

Cara Menggunakan Mendeley Reference Manage

Berikut ini merupakan proses menggunakan mendeley reference manage.

Menambahkan Referensi

Untuk menambahkan referensi ke dalam library Mendeley, ada dua cara yang dapat di lakukan:

Meng-import file PDF

  • Pada menu utama, pilih “Add New” -> “Import Library”.
  • Pilih file PDF yang ingin ditambahkan ke dalam library Mendeley.
  • Setelah file PDF ter-import, informasi referensi akan secara otomatis terdeteksi oleh Mendeley. Kita dapat memverifikasi dan memperbarui informasi yang terdeteksi tersebut jika diperlukan.

Menambahkan manual referensi

  • Buka aplikasi Mendeley Reference Manager pada komputer atau laptop.
  • Pada menu utama, pilih “Add New” -> “Add Entry Manually atau File(s) From Computer”,
  • Isi informasi referensi yang dibutuhkan pada form yang muncul. Pastikan untuk mengisi semua field yang diperlukan.
  • Klik tombol “Add entry” untuk menyimpan referensi ke dalam library Mendeley.
mendeley reference manager

Baca juga: Cara Migrasi Dari Mendeley ke Zotero Dengan File BibTex

Menyimpan dan Mengelola Referensi

Setelah referensi ditambahkan ke dalam library Mendeley, Kita dapat mengelolanya dengan menggunakan fitur-fitur seperti tagging, menambahkan label, atau mengelompokkan referensi ke dalam folder. Berikut adalah beberapa cara mengelola referensi di Mendeley Reference Manager:

Menambahkan tag

Menambahkan tag kepada referensi yang diinginkan dengan cara meng-klik referensi tersebut, kemudian pilih “Edit Details” -> “Tags”. Isi tag yang diinginkan pada kolom yang disediakan.

mendeley reference manager

Baca juga: Cara Mengaktifkan Notifikasi Email Dengan Gmail di OJS 3

Menambahkan label

Menambahkan label kepada referensi yang diinginkan dengan cara meng-klik referensi tersebut, kemudian pilih “Edit Details” -> “Labels”. Pilih label yang diinginkan dari daftar yang tersedia atau buat label baru dengan meng-klik tombol “New Label”.

mendeley reference manager

Baca juga: Tutorial Mengganti Font Default di OJS 3

Mengelompokkan referensi ke dalam folder

Mengelompokkan referensi ke dalam folder dengan cara meng-klik referensi tersebut,”Collection” -> “Jurnal”. Pilih folder yang diinginkan dari daftar yang tersedia atau buat folder baru dengan meng-klik tombol “New Collection”.

mendeley reference manager

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara: Makna, Arti, dan Fungsi

Mencari referensi

Mencari referensi yang dibutuhkan dengan menggunakan fitur pencarian yang tersedia di Mendeley Reference Manager, dapat mencari referensi berdasarkan judul, penulis, atau tag yang diberikan.

Meng-sort referensi

Meng-sort referensi di dalam library Mendeley berdasarkan kriteria seperti judul, penulis, tahun, atau tag dengan meng-klik kolom yang diinginkan pada tabel referensi.

Menampilkan referensi

Menampilkan referensi di dalam library Mendeley sesuai dengan kebutuhan dengan meng-klik tombol “Group By” dan memilih kriteria yang diinginkan.

Menambahkan tanda kutip

Menambahkan tanda kutip ke dalam dokumen yang sedang di tulis dengan menggunakan Mendeley Reference Manager, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka dokumen yang sedang di tulis dengan aplikasi seperti Microsoft Word atau LaTeX.
  • Pada Mendeley Reference Manager, cari referensi yang ingin ditambahkan tanda kutipnya.
  • Klik referensi tersebut, kemudian pilih “Cite” -> “Copy Citation to Clipboard”.
  • Pindah ke dokumen yang sedang Anda tulis, kemudian tempel tanda kutip yang telah disalin ke clipboard dengan meng-klik tombol “Paste” atau dengan menekan tombol “Ctrl + V” pada keyboard.

Anda juga dapat mengkonfigurasi format tanda kutip yang diinginkan dengan cara meng-klik “Cite” -> “Citation Style” pada Mendeley Reference Manager. Pilih style yang diinginkan dari daftar yang tersedia atau buat style baru dengan meng-klik tombol “Edit Citation Style”.

Setelah tanda kutip ditambahkan ke dalam dokumen, kita dapat mengelolanya dengan menggunakan fitur-fitur seperti menambahkan daftar pustaka atau meng-update tanda kutip saat referensi diperbarui.

Meng-export library

Untuk meng-export library Mendeley ke dalam format seperti BibTeX atau RIS, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada menu utama, pilih “File” -> “Export” All.
  • Pada jendela yang muncul, pilih format yang diinginkan, misalnya BibTeX, RIS atau EndNote XML.
  • Pilih folder tujuan untuk menyimpan file yang di-export.
  • Klik tombol “Save”.

Setelah proses ekspor selesai, file yang di-export akan tersimpan di folder tujuan yang telah di pilih sebelumnya. Membuka file tersebut dengan aplikasi seperti Microsoft Word atau LaTeX untuk memasukkan tanda kutip atau daftar pustaka ke dalam dokumen yang sedang Anda tulis.

mendeley reference manager

Perlu diingat bahwa saat meng-export library Mendeley, hanya referensi yang terlihat di dalam tabel library yang akan di-export. Jadi pastikan hanya referensi yang diinginkan saja yang terlihat di dalam tabel library sebelum melakukan ekspor.

Baca juga: Tips Menghindari Plagiat Dalam Artikel Ilmiah

Sinkronisasi Dengan Akun Cloud

Sinkronisasi dengan akun cloud adalah fitur yang memungkinkan untuk menyimpan library Mendeley pada server cloud sehingga dapat diakses dari perangkat lain yang terhubung dengan internet. Ini berguna jika ingin membagikan library Mendeley dengan orang lain atau jika ingin mengakses library Mendeley dari perangkat lain seperti laptop atau smartphone.

Untuk meng-sync library Mendeley dengan akun cloud, perlu memiliki akun cloud Mendeley dan mengaktifkan fitur sync pada aplikasi Mendeley Reference Manager. Setelah itu, Anda dapat login ke akun cloud Anda dan library Mendeley akan secara otomatis tersinkronisasi dengan akun cloud. Sinkronisasi dengan akun cloud hanya akan menyimpan referensi yang terlihat di dalam tabel library.

Membagikan Library

Membagikan library Mendeley adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk bekerjasama dengan orang lain dalam mengelola library Mendeley. Ini berguna jika Anda ingin membagikan referensi yang sama dengan orang lain atau jika Anda ingin bertanya tentang referensi tertentu kepada orang lain yang memiliki akun cloud Mendeley yang sama dengan Anda.

Untuk membagikan library Mendeley, perlu memiliki akun cloud Mendeley dan meng-invite orang lain untuk bekerjasama dengan Anda dalam library Mendeley. Setelah orang yang di undang menerima undangan, mereka dapat login ke akun cloud Mendeley dan mulai bekerjasama dalam library Mendeley.

Kesimpulan

Dengan adanya Mendeley Reference Manager terbaru (versi 2.81.0) semakin memudahkan kita dalam menyusun referensi dan membuat daftar pustaka untuk penelitian akademik, banyak perbedaan yang sangat signifikan dengan Mendeley Reference Manager versi sebelumnya, perbedaan tersebut akan kita bahasa pada artikel lebih lanjut.

Sumber referensi: Jurnal Prajaiswara

Semoga bermanfaat

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.