cara memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat
Gaya Hidup

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dan Cepat

Cara memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat – Memiliki gigi yang putih bersih adalah impian banyak orang. Gigi kuning dapat menjadi sumber kekhawatiran dan kekurangan percaya diri bagi sebagian orang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara alami yang dapat Anda lakukan untuk memutihkan gigi kuning. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai metode alami yang dapat membantu mendapatkan senyum cerah yang Anda impikan. Mari kita mulai!

Penyebab Gigi Berwarna Kuning

Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berubah menjadi kuning. Faktor-faktor tersebut meliputi gaya hidup, usia, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

Usia

Seiring bertambahnya usia, gigi cenderung berubah warna menjadi kuning. Ini disebabkan oleh penipisan lapisan enamel gigi yang berwarna putih.

Seiring penipisan ini, lapisan dentin yang berwarna kuning akan semakin terlihat. Jika tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik, kondisi ini bisa semakin parah.

Minuman dan Makanan

Tertentu Minuman seperti teh, kopi, anggur, buah citrus, minuman bersoda, dan makanan/minuman yang tinggi gula dapat menyebabkan gigi kehilangan warna alaminya.

Zat warna atau kromogen yang terkandung dalam makanan/minuman tersebut dapat menimbulkan noda pada lapisan enamel gigi.

Tingkat keasaman makanan/minuman juga dapat mempengaruhi warna gigi. Gigi memiliki pori-pori yang menyerap zat-zat tersebut, sehingga makanan/minuman berwarna dapat meninggalkan noda pada gigi, serupa dengan cara sebuah baju bisa terkena noda dari makanan/minuman.

Merokok

Merokok atau mengunyah tembakau dapat membuat gigi berubah warna menjadi coklat atau bahkan hitam jika parah. Nikotin dan tar dalam tembakau dapat melekat pada lapisan enamel gigi jika dikonsumsi secara berulang. Akibatnya, warna alami gigi akan semakin memudar.

Kebiasaan Kebersihan Gigi yang Buruk

Sikat gigi yang jarang atau tidak pernah, tidak melakukan flossing, atau tidak berkumur dengan antiseptik dapat menyebabkan penumpukan plak dan noda pada gigi. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Penyakit Tertentu

Gigi berlubang atau karies gigi dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Selain itu, perawatan medis seperti kemoterapi dan radiasi pada kepala atau leher juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan antibiotik doksisiklin dan tetrasiklin pada anak-anak yang giginya masih dalam proses perkembangan dapat merusak gigi.

Obat kumur yang mengandung klorheksidin dan cetylpyridinium klorida juga dapat meninggalkan noda pada gigi. Beberapa obat seperti obat antipsikotik, obat antihistamin, dan obat untuk tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Cedera pada Gigi

Cedera gigi tertentu dapat mengganggu pembentukan enamel gigi, terutama pada anak-anak yang giginya masih dalam proses pertumbuhan.

Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami dan Cepat

Berikut cara memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat yang dapat Anda coba di rumah

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut secara rutin. Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih, seperti baking soda atau hidrogen peroksida. Jangan lupa membersihkan lidah dan gusi dengan lembut untuk menghilangkan bakteri dan plak yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Selain sikat gigi, menggunakan benang gigi secara teratur juga penting. Benang gigi membantu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, Anda dapat mencegah penumpukan plak yang dapat mengakibatkan gigi kuning.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah

Membatasi Komsumsi Gula

Meminimalkan konsumsi gula juga merupakan salah satu metode yang efektif untuk memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat. Hal ini dikarenakan gula dapat merangsang pertumbuhan bakteri Streptococcus yang dapat menyebabkan penumpukan plak dan bahkan radang pada gusi.

Ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, partikel-partikel gula tersebut melekat pada permukaan gigi. Jika tidak segera dibersihkan, bakteri dalam mulut akan memfermentasikan gula menjadi asam, yang dapat merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan gigi kuning.

Menghindari Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Kuning

Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan gigi kuning atau memperburuk kondisi gigi yang sudah kuning. Hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pewarna buatan, seperti kopi, teh, anggur merah, minuman bersoda, dan makanan berwarna terang.

Jika Anda tidak dapat menghindari makanan atau minuman tersebut, cobalah untuk meminimalkan paparan dengan cara menggunakan sedotan saat minum minuman berwarna atau segera berkumur setelah mengonsumsinya. Selain itu, setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang berpotensi membuat gigi kuning, bersihkan gigi Anda atau berkumur dengan air putih untuk mengurangi efeknya.

Konsumsi Makanan yang Membantu Memutihkan Gigi

Selain menghindari makanan yang dapat membuat gigi kuning, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami. Beberapa contohnya adalah:

  • Stroberi
  • Apel
  • Wortel
  • Brokoli
  • Seledri.

Makanan-makanan ini mengandung serat dan nutrisi yang dapat membantu membersihkan gigi dan merangsang produksi air liur, yang berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan meminimalkan penumpukan plak.

Selain itu, mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan juga dapat membantu mengurangi plak dan menstimulasi produksi air liur. Pilihlah permen karet yang mengandung xylitol, sebuah bahan alami yang telah terbukti efektif dalam mencegah pembentukan plak.

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Panda Agar Wajah Cerah

Menggunakan Bahan Alami sebagai Pemutih Gigi

Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai pemutih gigi. Salah satunya adalah baking soda. Baking soda memiliki sifat abrasif yang dapat membantu menghilangkan noda dan plak pada gigi. Anda dapat mencampurkan sedikit baking soda dengan air untuk membuat pasta gigi alami. Gunakan pasta gigi ini dengan hati-hati dan jangan digunakan terlalu sering, karena dapat membuat gigi menjadi sensitif jika digunakan secara berlebihan.

Selain baking soda, hidrogen peroksida juga dapat digunakan sebagai pemutih gigi alami. Namun, penggunaan hidrogen peroksida harus dilakukan dengan hati-hati dan hanya dalam jumlah yang tepat. Larutkan sedikit hidrogen peroksida dengan air, gunakan sebagai kumur-kumur selama beberapa detik, lalu berkumurlah dengan air bersih.

Sering Minum Air Putih

Air putih memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh, dan salah satunya adalah membilas sisa makanan yang dapat menyebabkan plak pada gigi. Ketika makan, partikel makanan seringkali menempel pada gigi dan sulit dijangkau oleh sikat gigi. Jika plak ini dibiarkan, dapat menyebabkan penumpukan dan pembentukan noda yang membuat gigi terlihat kekuningan.

Minum air putih setelah makan dapat membantu membilas sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Air putih memiliki sifat netral yang membantu membersihkan gigi dan rongga mulut secara keseluruhan. Selain itu, air putih juga berperan dalam menjaga kelembaban rongga mulut dan membantu menjaga keseimbangan zat mineral pada gigi.

Dengan menjaga keseimbangan zat mineral pada rongga mulut, air putih dapat membantu mencegah terjadinya lubang pada gigi. Ketika kadar air dalam rongga mulut rendah, risiko pembentukan plak dan kerusakan gigi meningkat. Dengan rutin minum air putih, Anda dapat membantu menjaga kelembaban rongga mulut dan mencegah masalah kesehatan gigi.

Baca juga: Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami dan Efektif

Menggunakan Minyak Kelapa

Metode pemutihan gigi dengan menggunakan minyak kelapa, dikenal juga sebagai oil pulling, telah digunakan secara tradisional. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan minyak kelapa di sekitar gigi selama beberapa menit setiap hari. Minyak kelapa dapat membantu mengurangi plak dan meningkatkan kesehatan gusi.

Menghentikan Merokok

Dampak merokok terhadap kesehatan gigi sangat signifikan. Noda yang dihasilkan oleh tembakau dapat menembus lapisan enamel gigi dan secara perlahan menyebabkan permukaan gigi menguning. Selain gigi kuning, merokok juga dapat memiliki dampak jangka panjang yang serius terhadap kesehatan mulut secara keseluruhan.

Noda tembakau yang menempel pada gigi disebabkan oleh zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok. Zat-zat ini dapat meresap ke dalam enamel gigi dan menyebabkan perubahan warna yang tidak diinginkan. Semakin lama seseorang merokok, semakin intens dan parah noda tersebut akan menjadi. Menghilangkan noda tembakau pada gigi kuning dapat menjadi tugas yang sulit dan memerlukan perawatan khusus.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata

Mengunjungi Dokter Gigi secara Teratur

Meskipun ada banyak cara alami yang dapat Anda lakukan di rumah, mengunjungi dokter gigi secara teratur tetap penting. Dokter gigi dapat melakukan pembersihan gigi profesional untuk menghilangkan plak dan noda yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Selain itu, dokter gigi juga dapat memberikan saran dan perawatan khusus sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Dokter gigi juga dapat melakukan pemutihan gigi menggunakan bahan-bahan yang lebih kuat dan prosedur khusus. Jika gigi kuning disebabkan oleh kondisi medis atau perubahan alami pada gigi, dokter gigi dapat memberikan solusi yang tepat untuk memutihkan gigi secara efektif.

Baca juga: Data as a Service (DaaS): Apa itu DaaS dan Manfaatnya

Penyebab Umum Gigi Menjadi Kuning

Terdapat beberapa kebiasaan yang berpotensi menyebabkan gigi kuning, di antaranya:

  • Sering Mengonsumsi Kopi dan Teh
  • Rusaknya Enamel Gigi
  • Mengonsumsi Obat-obatan Antibiotik
  • Kurangnya Perawatan dan Kebersihan Gigi
  • Merokok

Kesimpulan

Dalam menjalani proses pemutihan gigi, penting untuk mengingat bahwa hasilnya tidak instan. Dibutuhkan waktu dan konsistensi untuk melihat perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, bersabarlah dan teruskan perawatan yang tepat untuk mencapai senyum cerah yang Anda impikan.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi kuning secara alami. Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, menghindari makanan dan minuman yang dapat membuat gigi kuning, mengonsumsi makanan yang membantu memutihkan gigi, menggunakan bahan alami sebagai pemutih gigi, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur, Anda dapat memiliki senyum cerah yang mempesona.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kondisi gigi yang unik, jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum mencoba metode pemutihan gigi apa pun. Tetaplah konsisten dan terus berusaha, dan hasilnya akan sebanding dengan usaha yang Anda lakukan. Selamat mencoba!

Referensi

  1. American Dental Association. (2021). Tooth Whitening/Bleaching: Treatment Considerations for Dentists and Their Patients.
  2. Mayo Clinic. (2021). Teeth Whitening: What Are Your Options?
  3. WebMD. (2021). Teeth Whitening Options, Benefits, and Risks.
  4. Oral Health Foundation. (2021). Teeth Whitening.
  5. Colgate. (2021). Whitening: 5 Things to Know About Getting a Brighter Smile.
  6. Healthline. (2021). 6 Natural Ways to Whiten Teeth at Home.
  7. Verywell Health. (2021). Natural Remedies for Whiter Teeth.
  8. Academy of General Dentistry. (2021). Teeth Whitening.
  9. Journal of the American Dental Association. (2021). Efficacy of Tooth Whitening with Different Hydrogen Peroxide Concentrations: A Systematic Review and Meta-analysis.
  10. PubMed Central. (2021). Evaluation of Tooth Whitening Efficacy and Side Effects with Nightguard Vital Bleaching.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.