cara menghilangkan mata panda
Gaya Hidup

13 Cara Menghilangkan Mata Panda Agar Wajah Cerah

Mata panda, atau yang sering disebut juga dengan lingkaran hitam di sekitar mata, adalah salah satu masalah kecantikan yang umum terjadi pada banyak orang. Lingkaran hitam ini dapat membuat wajah terlihat lelah, tidak segar, dan bahkan membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara efektif untuk mengatasi masalah ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menghilangkan mata panda dengan beberapa tips ampuh yang dapat Anda coba. Jadi, mari kita mulai!

Faktor Penyebab Mata Panda

Sebelum kita membahas cara menghilangkan mata panda, penting untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu. Lingkaran hitam di sekitar mata bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Kurangnya tidur

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology dengan judul “Periorbital Hyperpigmentation: A Comprehensive Review”, diketahui bahwa kurang tidur dapat memperburuk kondisi lingkaran hitam di sekitar mata.

Selain itu, kebiasaan kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit terlihat pucat, sehingga lingkaran hitam di bawah mata menjadi lebih mencolok. Oleh karena itu, disarankan untuk memenuhi kebutuhan tidur selama 7 hingga 8 jam setiap harinya.

Baca juga: Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami dan Efektif

Faktor genetik

Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki lingkaran hitam di sekitar mata. Jika masalah ini bersifat turun-temurun dalam keluarga Anda, maka kemungkinan Anda juga akan mengalaminya.

Stres dan kelelahan

Stres kronis dan kelelahan dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata melebar, sehingga menghasilkan lingkaran hitam yang terlihat lebih jelas.

Paparan sinar matahari berlebih

Terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dapat menyebabkan produksi melanin yang berlebihan di kulit, termasuk di sekitar mata. Hal ini dapat menyebabkan lingkaran hitam muncul.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata

Cara Menghilangkan Mata Pada agar Wajah Cerah dan Sehat

Setelah mengetahui penyebab mata panda, sekarang kita akan membahas tentang cara menghilangkannya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

Tidur yang cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya. Usahakan tidur selama 7-8 jam agar kulit dapat pulih dengan baik. Tidur yang cukup akan membantu mengurangi kelelahan dan mencegah timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata.

Kompress dengan air dingin

Lingkaran hitam di sekitar mata, yang dikenal sebagai mata panda, terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit membesar.

Untuk mengurangi tampilan mata panda, Anda dapat menggunakan kompres dingin di area di bawah mata untuk membantu menyusutkan pembuluh darah yang melebar.

Cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain dalam air dingin, lalu tempatkan secara lembut di kulit di sekitar mata yang menggelap selama 15-20 menit.

Kompres dengan Kantung Teh

Minuman teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat merangsang sirkulasi darah, mengurangi pembengkakan pembuluh darah, serta mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Metode ini juga efektif untuk menyamarkan mata panda.

Berikut caranya: rendam dua kantong teh dalam air panas selama 5 menit. Setelah itu, dinginkan di dalam lemari es selama 15 hingga 20 menit. Setelah kantong teh telah dingin, letakkan kantong teh tersebut di atas mata selama 10 hingga 20 menit.

Gunakan krim mata yang mengandung bahan alami

Pilihlah krim mata yang mengandung bahan-bahan alami seperti vitamin C, vitamin K, retinol, atau ekstrak pepaya. Bahan-bahan ini dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah di sekitar mata dan mencerahkan kulit.

Tinggikan Kepala Saat Tidur

Tidur dengan posisi yang tidak tepat juga dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Saat kepala berada dalam posisi yang sejajar dengan tubuh, cairan dapat terakumulasi di area di bawah mata, mengakibatkan pembengkakan.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk menambahkan beberapa bantal agar kepala berada dalam posisi yang lebih tinggi dari tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan.

Gunakan masker alami

Buatlah masker alami dengan bahan-bahan seperti mentimun, kentang, atau teh chamomile yang telah didinginkan. Letakkan masker tersebut di area mata untuk memberikan efek menyegarkan dan mencerahkan kulit.

Masker Mentiun

Mentimun mengandung kandungan air yang tinggi dan memiliki sifat mendinginkan serta melembapkan kulit. Potong tipis mentimun segar dan letakkan irisan tersebut di area mata selama 15-20 menit. Mentimun akan membantu mengurangi pembengkakan dan memberikan sensasi segar pada kulit di sekitar mata.

Setelah mengaplikasikan masker mentimun, lakukan pijatan ringan di sekitar mata menggunakan ujung jari. Pijat dengan gerakan melingkar dan sedikit tekanan yang lembut. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut dan mengurangi kemungkinan timbulnya lingkaran hitam.

Masker Kentang

Kentang memiliki sifat pemutihan alami yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Iris tipis kentang mentah dan letakkan irisan tersebut di area mata selama 15-20 menit. Kentang akan membantu mencerahkan kulit dan mengurangi pembengkakan.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin, minimal dua kali seminggu. Konsistensi dalam menjalankan perawatan adalah kunci utama untuk menghilangkan mata panda secara efektif.

Masker Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat menenangkan dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan mencerahkan kulit. Seduh secangkir teh chamomile dengan air panas dan biarkan hingga dingin. Kemudian, rendam kapas dalam teh chamomile yang telah dingin dan letakkan di area mata selama 15-20 menit. Teh chamomile akan memberikan efek relaksasi pada kulit dan membantu mengurangi lingkaran hitam.

Selain digunakan sebagai masker atau kantung teh, minum teh chamomile secara teratur juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit secara keseluruhan. Teh chamomile dapat membantu mengurangi stres, memperbaiki kualitas tidur, dan memberikan efek antioksidan yang baik untuk kulit.

Anda dapat meningkatkan manfaat masker teh chamomile dengan menambahkan bahan alami lainnya. Misalnya, Anda dapat mencampurkan teh chamomile dengan madu alami atau susu murni untuk mendapatkan manfaat tambahan bagi kulit Anda. Terapkan campuran tersebut di area mata dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Baca juga: Tips Beli iPhone Bekas untuk Mendapatkan Ponsel Berkualitas

Konsumsi makanan sehat

Makan makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran segar. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit, termasuk di sekitar mata.

Hindari paparan sinar matahari berlebih

Gunakan kacamata hitam dan gunakan tabir surya ketika beraktivitas di bawah sinar matahari. Ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mencegah timbulnya lingkaran hitam.

Hindari penggunaan produk kosmetik yang keras

Beberapa produk kosmetik mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di sekitar mata. Hindarilah penggunaan produk yang tidak cocok dengan kulit Anda dan pilihlah produk yang lembut dan aman untuk digunakan di area mata.

Rajin berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan racun dalam tubuh. Dengan begitu, kulit di sekitar mata akan mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup dan terlihat lebih segar.

Hindari merokok dan konsumsi alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat merusak kesehatan kulit dan memperburuk kondisi lingkaran hitam di sekitar mata. Hindarilah kedua kebiasaan tersebut untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Baca juga: Menu Diet 1 Minggu Turun 10 Kg Tanpa Olahraga

Meninggikan Posisi Kepala

Ada cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan mata panda dan mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Salah satunya adalah dengan meninggikan posisi kepala saat tidur. Anda dapat melakukannya dengan menumpuk dua bantal atau lebih di bawah kepala saat tidur.

Dengan meninggikan posisi kepala, aliran cairan di area mata dapat terbantu untuk mengalir dengan lebih baik, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan memperbaiki penampilan mata panda. Selain itu, posisi tidur yang sedikit lebih tegak juga dapat membantu mencegah penumpukan cairan yang berlebihan di area mata.

Jadi, cobalah untuk meninggikan posisi kepala saat tidur dengan menggunakan beberapa bantal tambahan, dan lihat perbedaannya dalam mengurangi mata panda dan pembengkakan di bawah mata.

Rutin melakukan perawatan profesional

Jika lingkaran hitam di sekitar mata Anda sudah cukup parah dan tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan perawatan profesional yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca juga: Diet Cepat Kurus dalam 3 Hari Tanpa Olahraga

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

Apabila hasil yang diinginkan belum tercapai dengan menggunakan cara diatas dan hasilnya tidak optimal, Anda dapat mencoba pendekatan medis. Prosedur medis ini umumnya lebih efektif dan cepat. Berikut adalah beberapa metode yang dapat dicoba:

  • Penggunaan krim topikal dan bahan pemutih: Krim topikal seperti vitamin C dan bahan pemutih seperti hidrokuinon dapat membantu memudarkan tampilan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Pengelupasan kimia: Teknik ini menggunakan asam alfa-hidroksi untuk mengurangi pigmentasi di bawah mata.
  • Terapi laser: Prosedur laser dapat membantu mengencangkan kulit dan menghilangkan pembengkakan di sekitar mata.
  • Penggunaan pengisi jaringan: Dengan menyuntikkan gel asam hialuronat, volume kulit dapat ditingkatkan dan membantu menghaluskan kulit.
  • Operasi kelopak mata: Dalam prosedur yang disebut blepharoplasty, kelebihan lemak dan kulit di area mata dapat dihilangkan.
  • Platelet-rich plasma (PRP): Suntikan ini dapat memperbaiki kulit di sekitar mata, mempercepat pertumbuhan pembuluh darah, dan meningkatkan produksi kolagen.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips cara menghilangkan mata panda yang dapat Anda coba. Ingatlah bahwa hasilnya mungkin berbeda-beda untuk setiap individu, tergantung pada faktor-faktor seperti tingkat keparahan masalah dan faktor genetik. Tetaplah konsisten dalam melakukan perawatan dan jaga pola hidup yang sehat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mendapatkan wajah yang cerah dan segar!

Referensi

  1. S. Hamid, M. A. U. Khan, dan A. Ahmad, “Under Eye Dark Circles: Putative Causes and Possible Treatments,” Journal of Cosmetic Dermatology, vol. 19, no. 6, pp. 1307-1313, Dec 2020.
  2. R. Sarkar, K. Garg, dan S. Bansal, “Periorbital Hyperpigmentation: A Comprehensive Review,” Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, vol. 11, no. 4, pp. 49-55, Apr 2018.
  3. N. M. Hassan, S. T. El-Zawahry, dan S. M. Hussein, “Topical Application of Cucumber Juice Prevents Formation of Dark Circles under Eyes,” The Journal of the Egyptian Public Health Association, vol. 89, no. 2, pp. 90-97, Jun 2014.
  4. S. Srivastava, A. Srivastava, dan S. B. Srivastava, “Water, the Forgotten Biological Molecule: Recent Developments in Understanding its Structure and Biological Roles,” F1000Research, vol. 5, F1000 Faculty Rev-2009, pp. 1-15, Mar 2016.
  5. S. D. Kohli dan N. Ahmad Masood, “Potential of Tea Consumption to Reduce the Risk of Age-Related Macular Degeneration,” Food Science and Nutrition, vol. 9, no. 1, pp. 11-18, Jan 2021.
  6. M. Ahmad, F. S. Faiq, S. S. M. Bhat, dan S. S. Lone, “Sun Protection Factor of Different Sunscreens Available in Indian Market: An In Vitro Study,” Journal of Clinical and Diagnostic Research, vol. 11, no. 5, pp. WC01-WC04, May 2017.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.