Seleksi Kompetensi PPPK 2023
Hukum

Cara Cek Jadwal dan Lokasi Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah salah satu program pemerintah yang memiliki tujuan mulia untuk memberikan peluang kerja kepada masyarakat Indonesia. Seleksi PPPK memiliki beberapa tahap, dan salah satunya adalah seleksi kompetensi. Tahap ini sangat penting karena akan menentukan apakah Anda dapat menjadi bagian dari tenaga kerja Pemerintah dengan perjanjian kerja. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara cek jadwal dan lokasi seleksi kompetensi PPPK 2023.

Tahapan Seleksi PPPK 2023

Sebelum kita memasuki langkah-langkah cek jadwal dan lokasi seleksi kompetensi PPPK 2023, mari kita pahami lebih lanjut mengenai tahapan seleksi PPPK tahun ini:

  • Tahap awal seleksi PPPK adalah seleksi administrasi. Pada tahap ini, para pelamar akan diuji berdasarkan persyaratan administrasi yang telah ditentukan. Peserta yang lolos seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi.
  • Peserta akan diuji untuk mengukur kemampuan dan kompetensi yang diperlukan untuk posisi yang dilamar. Seleksi kompetensi ini akan berlangsung dalam rentang waktu yang telah ditentukan, yaitu 10 November hingga 4 Desember 2023.
  • Selain seleksi kompetensi, beberapa posisi PPPK mungkin memerlukan seleksi kompetensi teknis tambahan. Tahap ini akan berlangsung dari 15 November hingga 6 Desember 2023.
  • Setelah tahap seleksi kompetensi selesai, nilai akan diolah untuk menentukan hasil seleksi.
  • Hasil akhir seleksi akan diumumkan pada tanggal 6 hingga 15 Desember 2023.

Sekarang, mari kita fokus pada tahap yang paling penting, yaitu seleksi kompetensi PPPK 2023 dan bagaimana Anda dapat memeriksa jadwal serta lokasi ujian.

Baca juga: Jadwal SKD CPNS Kejaksaan 2023 berikut Lokasinya

Cara Cek Lokasi Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Sebelum dapat mengikuti ujian seleksi kompetensi PPPK 2023, Anda perlu mengetahui lokasi ujian dengan melakukan pengecekan jadwal dan lokasi seleksi kompetensi PPPK secara online melalui laman SSCASN. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka laman SSCASN dengan mengikuti tautan berikut: https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Langkah berikutnya adalah login ke akun. Untuk melakukannya, Anda memerlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kata sandi yang telah didaftarkan sebelumnya.
  3. cari dan pilih menu “Resume Pendaftaran.” Menu ini akan membantu melanjutkan proses pengecekan jadwal dan lokasi seleksi kompetensi.
  4. Setelah memilih menu “Resume Pendaftaran,” layar Anda akan menampilkan kartu peserta PPPK 2023. Kartu peserta ini berisi informasi penting tentang tanggal, jam, dan lokasi tes seleksi kompetensi PPPK. Pastikan untuk menyimpannya dalam bentuk elektronik dan mencetak salinan fisik untuk referensi.

Kartu peserta ini sangat penting, dan harus membawanya saat hari ujian. Jika tidak memiliki kartu peserta ini, Anda mungkin tidak diizinkan mengikuti seleksi kompetensi.

Baca juga: 2 Cara Cek Lokasi SKD CPNS Mahkamah Agung 2023

Cara Cek Jadwal Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Selain langkah-langkah di atas, penting juga untuk mengetahui jadwal terkait seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023. Jadwal ini termasuk penjadwalan seleksi, pengumuman daftar peserta, pelaksanaan seleksi kompetensi, pengolahan nilai seleksi, dan pengumuman kelulusan. Berikut adalah jadwal lengkap seleksi kompetensi PPPK 2023:

  • Penjadwalan Seleksi Kompetensi: 1 hingga 4 November 2023
  • Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi: 5 hingga 8 November 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi: 10 November hingga 4 Desember 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan: 15 November hingga 6 Desember 2023
  • Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi: 30 November hingga 9 Desember 2023
  • Pengumuman Kelulusan: 6 hingga 15 Desember 2023

Dengan memahami jadwal ini, Anda dapat merencanakan waktu dan persiapan dengan baik untuk tahap seleksi kompetensi PPPK.

Persiapan untuk Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Setelah berhasil memeriksa jadwal dan lokasi seleksi, langkah berikutnya adalah mempersiapkan diri dengan baik. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  • Pelajari Materi Ujian yang akan diujikan. Pelajari dengan cermat dan gunakan sumber-sumber yang tersedia untuk mempersiapkan diri.
  • Lakukan latihan soal-soal ujian sebanyak mungkin. Ini akan membantu mengukur sejauh mana Anda siap menghadapi ujian.
  • Pastikan dalam keadaan fisik dan mental yang baik. Istirahat yang cukup dan makan dengan seimbang sangat penting.
  • Menyiapkan pakaian dan perlengkapan yang diperlukan. Kartu peserta, identifikasi diri, dan peralatan tulis seperti pensil dan kertas sangat penting.
  • Kehadiran Tepat Waktu karena keterlambatan dapat mengganggu konsentrasi.
  • Percayalah pada diri sendiri. Kekhawatiran berlebihan dapat memengaruhi performa. Cobalah untuk tetap tenang dan percaya diri.
  • Saat ujian berlangsung, ikuti petunjuk dengan cermat. Bacalah pertanyaan dengan teliti dan jawab dengan hati-hati.

Semoga tips ini bermanfaat dan sukses dalam menghadapi seleksi kompetensi PPPK 2023. Persiapan diri dengan baik, dan Anda berpotensi untuk mencapai impian menjadi bagian dari tenaga kerja Pemerintah dengan perjanjian kerja.

Bambang Niko Pasla

An experienced content creator working for The Provincial Government of Jambi