Cara Menyimpan Jamur
Gaya Hidup

7 Cara Menyimpan Jamur Tiram di Kulkas agar Tetap Segar

Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang banyak digemari oleh banyak orang. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik membuatnya menjadi bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai hidangan. Namun, jamur tiram memiliki masa simpan yang relatif pendek, dan jika tidak disimpan dengan benar, Anda bisa kehilangan jamur yang segar dan lezat tersebut.

Kenapa Harus Tahu Cara Menyimpan Jamur Tiram dengan Benar?

Sebelum kita membahas langkah-langkah praktis tentang cara menyimpan jamur tiram di kulkas, penting untuk memahami mengapa kita perlu melakukan ini dengan benar. Jamur tiram adalah sumber nutrisi yang kaya dan bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet Anda. Selain itu, jamur tiram memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti:

  1. Jamur tiram memiliki sedikit kalori, sehingga cocok untuk diet rendah kalori.
  2. Jamur tiram mengandung protein yang cukup, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh.
  3. Serat dalam jamur dapat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus.
  4. Jamur mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin D, selenium, dan vitamin B.
  5. Beberapa jenis jamur mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Namun, jamur tiram juga rentan terhadap kelembapan dan pembusukan. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara menyimpan jamur tiram dengan benar agar tidak hanya dapat menjaga kualitasnya tetapi juga menghindari pemborosan.

Baca juga: 10 Manfaat Minum Air Ketumbar sebelum Tidur

Cara Menyimpan Jamur Tiram di Kulkas

Berikut ini langkah-langkah cara menyimpan jamur tiram di kulkas

1. Pilih Jamur Tiram yang Segar

Langkah pertama untuk menyimpan jamur tiram dengan benar adalah memilih jamur yang masih segar. Ketika membeli jamur, pastikan untuk memilih jamur yang terlihat segar dan masih dalam kondisi baik. Beberapa ciri jamur tiram yang segar adalah warnanya cerah, teksturnya kering, dan tidak ada tanda-tanda pembusukan. Juga, pastikan aroma jamurnya khas dan enak.

2. Bersihkan Bagian Akar Jamur

Setelah membeli jamur tiram yang segar, langkah berikutnya adalah membersihkan bagian akarnya. Ini penting untuk menghindari kelembapan yang dapat membuat jamur cepat busuk. Gunakan pisau kecil atau gunting untuk memotong bagian akar yang terlihat lembab, basah, atau kotor. Hindari menghilangkan terlalu banyak bagian jamur yang sehat.

3. Jangan Mencuci dengan Air

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah mencuci jamur tiram dengan air sebelum menyimpannya. Hal ini sebaiknya dihindari karena jamur dapat menyerap kelembapan dengan cepat, dan ini akan membuatnya cepat busuk. Sebaliknya, bersihkan jamur dengan tisu kering atau kain bersih. Usap perlahan permukaan jamur hingga kotoran dan kelembapan terangkat. Tisu juga akan membantu menjaga jamur tetap kering.

4. Bungkus dengan Plastik Kedap Udara

Setelah membersihkan jamur, bungkus jamur dengan plastik kedap udara atau letakkan dalam wadah tertutup yang sesuai. Pastikan bahwa jamur tidak terkena air sedikit pun, bahkan sejumput air, karena kelembapan dapat mempercepat pembusukan jamur. Pastikan plastik atau wadah tertutup benar-benar rapat untuk menjaga udara luar tidak masuk.

5. Simpan di Kulkas

Jamur yang sudah dibersihkan dan dibungkus dengan plastik kedap udara atau wadah tertutup siap untuk disimpan di kulkas. Kulkas adalah lingkungan yang lebih dingin dan kering, yang akan membantu memperlambat proses pembusukan jamur. Anda dapat menyimpan jamur di laci kulkas atau di bagian khusus yang disediakan untuk sayuran dan buah-buahan.

6. Hindari Aroma Makanan Lain

Sebagai tambahan, penting untuk diingat bahwa jamur memiliki sifat mudah menyerap aroma makanan lain yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, hindari menyimpan jamur di dekat makanan dengan bau yang kuat, seperti durian, bawang, atau makanan beraroma tajam lainnya. Ini akan membantu jamur tetap mempertahankan rasa dan aromanya yang khas.

7. Hindari Menumpuk dengan Bahan Makanan Lain

Selain itu, hindari menumpuk jamur dengan bahan makanan lain dalam wadah yang sempit. Jamur tiram memiliki tekstur yang lembut, dan jika ditempatkan di antara bahan makanan yang lebih keras atau berat, jamur dapat menjadi penyok atau rusak. Simpan jamur secara terpisah atau gunakan wadah yang cukup besar untuk menghindari hal ini.

Baca juga: 8 Cara Berhenti PMO Menurut Islam

Berapa Lama Bisa Menyimpan Jamur Tiram di Kulkas?

Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya berapa lama bisa menyimpan jamur tiram di kulkas dengan metode yang benar. Berikut adalah panduan umum untuk masa simpan jamur tiram yang disimpan di kulkas:

  • Jamur tiram yang disimpan di suhu ruangan biasanya dapat bertahan selama 1 hingga 2 hari. Namun, sebaiknya Anda memasukkan mereka ke dalam kulkas untuk memperpanjang masa simpannya.
  • Jamur tiram yang disimpan di kulkas biasanya dapat bertahan hingga 1 minggu jika disimpan dengan benar. Ini memungkinkan untuk memasak dan menikmati jamur dalam berbagai hidangan selama beberapa hari ke depan.

Terima kasih sudah membaca, dan semoga artikel ini bermanfaat!

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.