Cek Bansos Kemensos.go.id BBM
Sosiologi

Cara Cek Bansos Kemensos.go.id BBM

Di tengah penyesuaian harga BBM, pemerintah meluncurkan program BLT BBM sebagai bentuk bantalan sosial. Ini bukan BLT BBM pertama, lho! Program ini sebelumnya pernah disalurkan pada September 2022 untuk mengurangi dampak kenaikan harga BBM kala itu.

Nah, BLT BBM kali ini disalurkan dengan total bantuan Rp600.000 per keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan ini diberikan dalam dua tahap, masing-masing sebesar Rp300.0 deg;000. Dengan target penerima sebanyak 20,65 juta KPM, program ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang terdampak kenaikan harga BBM.

Siapa Saja yang Berhak Menerima BLT BBM?

BLT BBM diberikan kepada masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). DTKS ini merupakan basis data pemerintah yang memuat informasi mengenai kondisi sosial ekonomi masyarakat. Nah, untuk menjadi penerima BLT BBM, kamu harus terdaftar terlebih dahulu dalam DTKS dan memenuhi kriteria tertentu.

Kriteria penerima BLT BBM sendiri belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah. Namun, berdasarkan program BLT BBM sebelumnya, biasanya penerima bantuan ini adalah:

  • Warga negara Indonesia
  • Terdaftar dalam DTKS Kemensos
  • Berdomisili sesuai wilayah tertera di DTKS
  • Tidak terdaftar sebagai penerima program bantuan sosial lainnya (PBI JK, PKH, BPNT)

Catatan: Kriteria penerima BLT BBM bisa saja berubah sewaktu-waktu. Tetap pantau informasi resmi dari Kemensos untuk memastikan kriteria terkininya.

Cara Cek Status Penerima BLT BBM di cekbansos.kemensos.go.id

Eits, jangan buru-buru kecewa kalau kamu tidak terdaftar sebagai penerima program bantuan sosial lainnya. Kamu tetap bisa mengecek status sebagai penerima BLT BBM melalui laman resmi Kemensos, cekbansos.kemensos.go.id.

Caranya gampang banget, kok! Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id di browser kamu.
  • Masukkan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal sesuai dengan yang tertera di KTP.
  • Masukkan nama lengkap kamu sesuai dengan yang tertera di KTP.
  • Ketikkan ** delapan huruf kode captcha** yang muncul pada layar.
  • Klik tombol “CARI DATA”.

Setelah itu, sistem akan menampilkan informasi mengenai status sebagai penerima BLT BBM. Jika kamu terdaftar sebagai penerima, akan muncul keterangan seperti jenis bansos, periode penyaluran, dan status penyaluran.

Semoga informasi tentang Cek Bansos Kemensos.go.id BBM ini dapat bermanfaat, terimakasih.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.