Manfaat Madu Manuka
Gaya Hidup

9 Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan

Manfaat Madu Manuka – Madu Manuka berasal dari semak Manuka (Leptospermum scoparium), sejenis pohon teh yang tumbuh subur di tanah subur New Zealand dan Australia, dengan aroma, warna, dan tekstur yang begitu istimewa. Lebah-lebah yang menyerbuki bunga manuka menghasilkan madu dengan karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh madu lainnya. Kandungan antibakteri dalam madu Manuka tahan terhadap enzim tubuh manusia dan beragam mikroba, menjadikannya penawar alami yang luar biasa.

Lebah-lebah penghasil madu Manuka hanya mengonsumsi serbuk bunga manuka, menghasilkan madu dengan warna yang lebih gelap dan kesan keruh yang khas. Dalam setiap 20 gram madu manuka, terdapat 70 kalori, 16 gram karbohidrat, dan 16 gram gula. Kandungan MGO (methylglyoxal) yang tinggi menjadi kunci keajaiban yang memberikan efek antibakteri dan sifat penyembuhan.

Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan

Mari kita membongkar rahasia kesehatan yang terkandung dalam setiap tetes madu Manuka. Dengan segala keunikan dan keistimewaannya, madu ini memiliki sejumlah manfaat yang sungguh mengagumkan bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Cegah Tukak Lambung

Tukak lambung bukanlah masalah sepele, dan Madu Manuka sebagai pertahanan alami. Sifat antibakteri kuatnya mampu melawan bakteri Helicobacter pylori, penyebab umum tukak lambung. Cukup dengan mengonsumsi satu sendok madu Manuka setiap hari, dapat mencegah atau mengobati penyakit tukak lambung.

2. Detoks Tubuh

Mengonsumsi Madu Manuka secara rutin bukan hanya memberikan manfaat untuk kesehatan, tetapi juga membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Tambahkan madu ini pada minuman untuk memberikan efek pembersihan alami dan memberikan kesegaran pada tubuh.

3. Meringankan Luka

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Madu Manuka tidak hanya mempercepat penyembuhan luka, tetapi juga membantu mengurangi rasa sakit dari luka bakar dan mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti-radang dalam Madu Manuka dapat menjadi perisai andal untuk kulit, terutama untuk orang-orang yang memiliki borok atau bisul.

4. Meredakan Sakit Tenggorokan

Efek antiinflamasi dan antibakteri-nya dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Studi juga membuktikan bahwa mengonsumsi madu manuka dapat mengurangi jumlah bakteri Streptococcus mutans pada penderita batuk, membawa lega bagi mereka yang sering mengalami masalah ini.

5. Perawatan Gigi dan Gusi

Madu Manuka tidak hanya memberikan manfaat untuk gigi, tetapi juga merupakan penyelamat bagi gusi. Penelitian menemukan bahwa berkumur dengan madu Manuka dapat mengurangi 35% plak gigi dan menurunkan 35% area yang berdarah akibat gingivitis. Kandungan seng, kalsium, dan fosfor dalam madu Manuka turut berperan penting dalam pemulihan gigi.

6. Perawatan Kulit Berjerawat

Sifat antiperadangan dan antibakteri dalam madu ini dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Tambahkan sentuhan kelembutan alami Madu Manuka pada kulit dan saksikan bagaimana jerawat berangsur-angsur menghilang.

7. Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Salah satu manfaat tersembunyi Madu Manuka adalah kemampuannya meningkatkan kualitas tidur. Konsumsi madu ini dapat membantu tubuh melepaskan glikogen secara perlahan, merangsang produksi melatonin, hormon yang membantu tidur nyenyak. Minumlah segelas susu dengan tambahan madu Manuka sebelum tidur, dan nikmatilah tidur yang lebih berkualitas.

8. Meningkatkan Imunitas

Penelitian mengungkapkan bahwa komponen khusus yang terdapat dalam Madu Manuka dapat meningkatkan sel-sel imun tubuh. Dengan sifat antibakterinya, Madu Manuka mampu menghentikan pertumbuhan bakteri yang berhubungan dengan infeksi, seperti pada penyakit radang tenggorokan.

9. Manfaat Lain yang Menakjubkan

Ternyata, Madu Manuka juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat saat tidur, mengobati luka diabetes, mengurangi gejala irritable bowel syndrome (IBS), dan bahkan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat-manfaat ini memerlukan studi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Meskipun menyimpan sejuta manfaat, madu Manuka bukanlah pilihan yang sesuai untuk semua orang. Hindari konsumsi madu Manuka jika:

  • Penderita diabetes.
  • Alergi terhadap madu atau lebah.
  • Bayi yang berusia kurang dari 1 tahun.

Demikianlah informasi tentang manfaat Madu Manuka untuk kesehatan, semoga dapat membawa manfaat.

Referensi

  1. Sailing, J. WebMD. Manuka Honey. Diakses pada 2023.
  2. Cleveland Clinic. 5 Benefits of Manuka Honey. Diakses pada 2023.
  3. Berkheiser, K. Healthline. 7 Health Benefits of Manuka Honey, Based on Science. Diakses pada 2023.
  4. Beena, J. P., Sahoo, P., Konde, S., Raj, N. S., Kumar, N. C., & Agarwal, M. (2018). Manuka Honey: A Potent Cariostatic Agent- An in vitro Study. International Journal of Clinical Pediatric Dentistry, 11(2), 105–109. https://doi.org/10.5005/jp-journals-10005-1494
  5. Niaz, K., Maqbool, F., Bahadar, H., & Abdollahi, M. (2017). Health Benefits of Manuka Honey as an Essential Constituent for Tissue Regeneration. Current Drug Metabolism, 18(10), 881–892. https://doi.org/10.2174/1389200218666170911152240
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.