Manfaat Buah Salju
Gaya Hidup

8 Manfaat Buah Salju Bali untuk Kesehatan

Manfaat Buah Salju – Buah salju, atau yang juga dikenal dengan nama ‘Ice Cream Bean’, merupakan buah langka yang tumbuh dengan subur di daerah Bedugul, Bali. Meskipun aslinya berasal dari Amerika Serikat, buah ini berhasil diadaptasi dan dikembangkan dengan gemilang di pulau ini. Buah salju tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 2200 meter di atas permukaan laut.

Dengan ciri khas daging buahnya yang berwarna putih salju, teksturnya yang lembut seperti kapas, dan bijinya yang berwarna hitam, buah salju telah mencuri perhatian masyarakat lokal dan wisatawan. Viral di berbagai platform media sosial, buah salju menjadi perbincangan karena rasa uniknya yang memberikan sensasi dingin di mulut dan kelembutan seperti vanilla.

Komposisi Gizi Buah Salju

Manfaat Buah Salju
Sumber Gambar: riau24.com

Mengetahui keunikan buah salju tidak lengkap tanpa memahami kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Dalam 100 gram buah salju, terdapat 60 kalori dengan tambahan protein, karbohidrat, dan serat. Namun, yang membuat buah ini semakin istimewa adalah kandungan vitamin A dan senyawa bioaktif seperti antioksidan, antiinflamasi, gallic acid, epicatechin, serta flavonol quercetin.

Manfaat Buah Salju Bali untuk Kesehatan

Mari kita eksplorasi lebih jauh mengenai manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah salju yang dirangkum dari berbagai sumber..

1. Menghindari Osteoporosis

Kandungan kalsium dan mineral tinggi dalam buah salju membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah salju secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

2. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Buah salju bukan hanya lezat, tetapi juga dapat digunakan sebagai bagian dari strategi diet untuk menurunkan kolesterol tinggi. Dengan mengonsumsi buah salju secara teratur, Anda dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A dalam buah salju memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Konsumsi secara teratur dapat membantu menjaga penglihatan agar tetap jelas dan tajam, serta mencegah masalah mata seperti rabun senja atau katarak.

4. Mengontrol Gula Darah

Dengan kandungan serat dan protein tinggi, buah salju membantu mengontrol gula darah secara alami. Tingginya serat dan protein membuat buah salju menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes atau yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Bantu Turunkan Berat Badan

Rasa unik buah salju, rendah kalori, dan rendah kolesterol menjadikannya pilihan sempurna sebagai camilan atau dessert bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Buah salju juga dapat menjadi alternatif sehat bagi penderita kadar kolesterol tinggi.

6. Perlindungan Jantung

Jantung, sebagai organ vital, membutuhkan perhatian khusus. Konsumsi buah salju dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menjadi tambahan mudah dalam gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.

7. Pembentukan Otot

Buah salju tidak hanya lezat, tetapi juga berguna dalam membentuk massa otot tubuh. Kombinasikan konsumsi buah salju dengan rutin berolahraga untuk memaksimalkan manfaatnya dalam mencapai tubuh yang sehat dan bugar.

8. Pengobatan Alami untuk Disentri

Bagi mereka yang menderita disentri, biji atau kulit buah salju dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah pencernaan ini. Senyawa alami dalam buah salju dapat memberikan bantuan yang efektif.

kita juga perlu diingat bahwa setiap tubuh berbeda, dan konsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup tetaplah penting. Mari lestarikan keunikan alam Indonesia, khususnya keajaiban buah salju yang menjadi kebanggaan pulau Bali.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.