Manfaat Air Mawar
Gaya Hidup

8 Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Wajah

Manfaat Air Mawar – Orang Mesir Kuno telah mengakui keunggulan bunga mawar dalam menghadapi kondisi ekstrem, seperti angin gurun yang kering. Mereka merebus bunga mawar untuk menciptakan balsem yang tidak hanya membersihkan kulit tetapi juga melindunginya dari efek buruk cuaca.

Tidak hanya itu, air mawar juga telah menjadi andalan dalam pengobatan penyakit kulit. Studi modern pun semakin menegaskan khasiat air mawar dengan mengungkapkan berbagai kandungan bermanfaat seperti anti-inflamasi, antioksidan, vitamin, dan minyak alami. Inilah yang membuat air mawar menjadi pilihan alternatif yang diminati dalam dunia pengobatan alami.

Jenis bunga mawar yang umumnya digunakan adalah Damask atau Rosa damascena. Menariknya, air mawar memiliki kandungan minyak mawar sekitar 10 hingga 15 persen, sedangkan minyak dari jenis mawar Damask memiliki kandungan yang sangat rendah. Minyak mawar dari jenis ini bahkan dianggap sebagai jenis minyak atsiri paling mahal di dunia.

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Wajah

Manfaat Air Mawar
Sumber Gambar: Freepik

Ketika berbicara tentang kecantikan, air mawar menjadi senjata rahasia yang dapat membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan bersinar. Berikut adalah beberapa manfaat air mawar untuk kesehatan kulit dan wajah:

1. Mengobati Luka

Sifat antiseptik dan antibakteri air mawar membantu proses penyembuhan luka lebih cepat dan menjaganya tetap bersih. Dari luka bakar hingga infeksi, air mawar membantu mendorong pembentukan histamin dalam sistem kekebalan tubuh, efektif dalam mencegah dan mengobati infeksi.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan yang terdapat dalam air mawar tidak hanya memberikan perlindungan pada sel-sel kulit yang rentan mengalami kerusakan, tetapi juga memiliki sifat anti-inflamasi. Dengan demikian, air mawar dapat digunakan untuk menenangkan iritasi pada kulit yang disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk eksim dan rosacea.

3. Mengobati Sakit Kepala

Air mawar diyakini memiliki kemampuan menyembuhkan sakit kepala. Baunya yang menyegarkan dan wanginya yang khas membuatnya efektif sebagai aromaterapi dan dapat dioleskan pada tubuh untuk meredakan gejala sakit kepala.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Air mawar tidak hanya terbatas pada perawatan kulit, tetapi juga dapat digunakan sebagai obat tetes mata. Penelitian menunjukkan bahwa air mawar bermanfaat bagi penderita masalah mata seperti konjungtivitis, mata kering, kondisi degeneratif mata, dan katarak.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Tradisi menghirup uap air mawar dikenal dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, air mawar juga dapat diminum langsung. Penelitian menunjukkan bahwa air mawar memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan, memberikan efek positif untuk meredakan gejala depresi dan kecemasan.

6. Membuat Riasan Tampak Lebih Sempurna

Air mawar dapat digunakan sebagai penyegar riasan. Semprotkan air mawar secara ringan pada wajah setelah merias, dan tada! Riasanmu akan terlihat lebih segar dan tahan lama.

7. Membersihkan Sisa Riasan

Air mawar bukan hanya sekadar penyegar, tetapi juga dapat membantu membersihkan sisa-sisa riasan. Kelembutan air mawar membuatnya efektif untuk menghapus riasan waterproof pada mata dan bibir tanpa menyebabkan iritasi.

8. Berguna Sebagai Toner

Air mawar dapat berperan sebagai toner alami untuk wajah. Bagi mereka yang sering mengalami masalah jerawat, air mawar dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan pada kulit.

Agar manfaat air mawar dapat dirasakan secara optimal, penggunaannya perlu dilakukan dengan bijak. Gunakan air mawar sebagai pembersih wajah atau toner dengan kapas setelah mencuci wajah. Penggunaan secara rutin, baik pada malam hari sebelum tidur maupun pagi hari, dapat memberikan hasil yang maksimal.

baca juga: 11 Manfaat Talas untuk Kesehatan

Efek Samping Penggunaan Berlebihan

Meskipun air mawar memiliki banyak manfaat, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan efek samping. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi panas, perih, atau kemerahan pada kulit. Untuk menghindari reaksi alergi, lakukan uji coba pada sebagian kecil kulit sebelum penggunaan rutin.

Demikianlah ulasan tentang manfaat air mawar untuk kesehatan dan wajah, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

Referensi

  1. Boskabady, M. H., Shafei, M. N., Saberi, Z., & Amini, S. (2011). Pharmacological effects of Rosa damascena. Iranian journal of basic medical sciences14(4), 295.
  2. Thring, T. S., Hili, P., & Naughton, D. P. (2011). Antioxidant and potential anti-inflammatory activity of extracts and formulations of white tea, rose, and witch hazel on primary human dermal fibroblast cells. Journal of Inflammation8(1), 1-7.
  3. Stylecraze. Rose Water Benefits – How to Use it for Face and Skin + Side Effects. Diakses pada Desember 2023.
  4. Health Line. Rose Water Benefits. Diakses pada Desember 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.