Cara Cek IMEI Iphone Terdaftar atau Tidak
Teknologi

5 Cara Cek IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak

iPhone telah menjadi salah satu perangkat mobile yang paling populer di seluruh dunia. Keberhasilan iPhone tidak hanya berdasarkan fitur-fitur canggih yang dimilikinya, tetapi juga karena ketegasan Apple dalam menjaga keaslian dan legalitas perangkatnya. Salah satu cara yang paling mudah dan cepat untuk memeriksa keaslian iPhone Anda adalah dengan memeriksa nomor IMEI.

Apa Itu Nomor IMEI?

IMEI adalah singkatan dari “International Mobile Equipment Identity.” Ini adalah nomor identifikasi internasional unik yang diberikan kepada setiap perangkat telekomunikasi yang terhubung ke jaringan seluler. Dengan nomor IMEI, pihak produsen, operator, dan pemerintah dapat melacak dan mengidentifikasi setiap perangkat dengan akurasi tinggi.

Nomor IMEI terdiri dari 15 digit dan berfungsi sebagai tanda pengenal eksklusif untuk perangkat Anda. Ini juga digunakan untuk memastikan kualitas dan keamanan produk. Oleh karena itu, IMEI sangat penting untuk memeriksa keaslian perangkat Anda dan memastikan bahwa Anda menggunakan iPhone yang sah dan legal.

Mengapa Anda Perlu Memeriksa IMEI iPhone Anda?

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memeriksa IMEI iPhone Anda:

  • Keaslian Perangkat: Memeriksa IMEI adalah cara paling cepat dan mudah untuk memastikan bahwa perangkat Anda adalah iPhone asli dari Apple. Dalam beberapa kasus, perangkat palsu atau ilegal dapat masuk ke pasar, dan memeriksa IMEI adalah cara terbaik untuk menghindari penipuan.
  • Keamanan: Memeriksa IMEI juga merupakan langkah keamanan. Jika membeli perangkat yang tidak terdaftar atau memiliki IMEI ilegal, Anda berisiko melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.
  • Dukungan Garansi: Keaslian IMEI juga penting dalam hal dukungan garansi. Jika perangkat memiliki masalah dan perlu mengklaim garansi, perangkat dengan IMEI yang sah akan lebih mudah dan cepat mendapatkan dukungan dari produsen.
  • Kebijakan Pemerintah: Beberapa negara memiliki peraturan ketat terkait dengan IMEI. Memeriksa IMEI adalah cara untuk memastikan bahwa Anda mematuhi peraturan yang berlaku di negara Anda.
  • Resale Value: Jika berencana untuk menjual iPhone di masa depan, memiliki IMEI yang sah dapat meningkatkan nilai jualnya.

Cara Cek IMEI Iphone Terdaftar atau Tidak

Ada beberapa cara cek IMEI iPhone terdaftar atau tidak. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

Cek IMEI di Website Bea Cukai

Bea Cukai memiliki situs web resmi yang memungkinkan untuk memeriksa status registrasi IMEI iPhone Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website Bea Cukai di https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html.
  2. Masukkan nomor IMEI iPhone pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan kode verifikasi yang tertera di website.
  4. Klik opsi “Send” untuk memulai pencarian status registrasi dari IMEI iPhone.
  5. Setelah itu, akan muncul informasi apakah IMEI iPhone Anda telah terdaftar atau tidak.

Penting untuk dicatat bahwa jika IMEI terdaftar di database Bea Cukai, itu mengindikasikan bahwa iPhone Anda didistribusikan secara legal.

Cek IMEI di Website Kemenperin

Selain Bea Cukai, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga memiliki situs web resmi untuk memeriksa status registrasi IMEI iPhone. Langkah-langkahnya hampir mirip dengan yang sebelumnya:

  1. Kunjungi website Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Masukkan nomor IMEI iPhone pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan kode verifikasi yang tertera di website.
  4. Klik opsi “Send” untuk memulai pencarian status registrasi dari IMEI iPhone.
  5. Setelah itu, akan muncul informasi apakah IMEI iPhone telah terdaftar atau tidak.

Penting untuk dicatat bahwa IMEI yang terdaftar di database Kemenperin berasal dari pelaku usaha (produsen atau importir). Ini adalah langkah penting dalam memastikan legalitas iPhone Anda.

Cek IMEI di Website Apple ID

Apple juga menyediakan cara untuk memeriksa status IMEI iPhone Anda melalui Apple ID. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs https://appleid.apple.com.
  2. Masuk dengan menggunakan ID Apple yang terhubung dengan perangkat Anda.
  3. Pilih bagian “Perangkat.” Di sini, Anda dapat melihat nomor seri dan IMEI/MEID perangkat Anda.
  4. Jika masih membutuhkan bantuan, coba langkah-langkah berikut:
  • Apakah Anda memiliki perangkat lain dengan iOS 10.3 atau versi lebih baru yang terhubung ke ID Apple Anda? Di perangkat tersebut, buka “Pengaturan” > [Nama Anda].
  • Gulir ke bawah untuk melihat perangkat yang terhubung dengan ID Apple Anda.
  • Untuk menemukan nomor seri dan IMEI/MEID, ketuk nama perangkat.
  • Apakah masih menyimpan kemasan asli perangkat? Temukan nomor seri dan IMEI/MEID pada barcode. Gambar kemasan akan menampilkan nomor seri.
  • Jika Anda masih tidak dapat menemukan nomor yang di cari, silakan hubungi Dukungan Apple dengan memilih perangkat dari daftar yang disediakan.

Baca juga: Apa itu Scareware?: Cara Mencegah dan Mengatasinya

Cek IMEI di Pengaturan iPhone

Salah satu cara paling sederhana untuk memeriksa IMEI iPhone adalah melalui pengaturan perangkat itu sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” pada perangkat iPhone.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Tentang.”
  3. Di dalam menu “Tentang,” ketuk opsi “Informasi” atau “Perangkat.”
  4. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat informasi seperti “Nomor IMEI” atau “IMEI/MEID.”
  5. Jika ingin menyalin informasi ini untuk formulir pendaftaran atau dukungan Apple, sentuh dan tahan nomor IMEI untuk menyalinnya.

Ini adalah cara yang paling mudah untuk memeriksa IMEI iPhone Anda tanpa perlu mengakses situs web atau aplikasi tertentu.

Cek IMEI via Aplikasi Finder dan iTunes

Jika lebih suka menggunakan komputer untuk memeriksa IMEI iPhone, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi Finder (pada Mac dengan macOS Catalina 10.15 atau versi terbaru) atau melalui iTunes (pada macOS Mojave atau versi lama dan PC). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan perangkat iPhone dengan komputer.
  2. Jika Anda menggunakan Mac dengan macOS Catalina atau versi terbaru, buka aplikasi Finder. Pastikan Anda berada pada tab “Umum.”
  3. Jika menggunakan macOS Mojave atau versi lama dan PC, buka iTunes.
  4. Temukan perangkat iPhone di aplikasi Finder atau iTunes.
  5. Jika menggunakan iPhone, klik nomor telepon di bawah nama perangkat atau model perangkat untuk menemukan IMEI. Jika Anda ingin memeriksa perangkat iPad (model seluler), klik nomor seri untuk menemukan CDN, IMEI, dan ICCID.

Dengan langkah-langkah diatas, Anda dapat memeriksa IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak. Selamat mencoba, semoga tips Bams dapat bermanfaat.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.