Manfaat Daun Binahong
Gaya Hidup

15 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Manfaat Daun Binahong – Dengan nama latin Anredera cordifolia atau yang dikenal dengan Daun binahong, merupakan tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, China, Korea, dan Taiwan. Memiliki ciri khas berupa daun hijau berbentuk hati, tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat di berbagai negara.

Kandungan Nutrisi dalam Daun Binahong

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Keajaiban daun binahong tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang luar biasa di dalamnya. Tanaman ini mengandung saponin, minyak atsiri, alkaloid, asam askorbat, antioksidan, flavonoid, vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, riboflavin, beta karoten, dan masih banyak lagi. Kombinasi kandungan-kandungan ini memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan yang sangat beragam.

Baca juga: 12 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat daun bianhong untuk kesehatan berdasarkan kandungan gizinya, yang kita rangkum dari beberapa sumber.

1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Ekstrak dari daun binahong (Anredera cordifolia) menunjukkan kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli secara in vitro. Sementara itu, peningkatan konsentrasi ekstrak daun binahong (Anredera cordifolia (Tenore) steenis) juga menyebabkan peningkatan daya hambat terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli secara in vitro.

2. Mencegah Diabetes

Daun binahong memiliki khasiat untuk menghambat penyerapan gula pada usus, membuatnya menjadi obat alami untuk diabetes. Kandungan steroid, flavonoid, dan kumarin berperan dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Mencegah Radikal Bebas

Antioksidan dalam daun binahong berperan penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kondisi ini dapat mengubah sel sehat menjadi sel yang berpotensi menjadi sel kanker. Mengonsumsi daun binahong secara teratur dapat membantu mencegah efek buruk radikal bebas.

4. Menyembuhkan Sakit Perut

Telat makan atau tidak makan tepat waktu dapat menyebabkan sakit perut. Daun binahong, dengan kandungan saponin dan antioksidannya, dapat membantu mengatasi masalah ini. Namun, perlu diingat bahwa pola makan yang teratur tetap diperlukan untuk mencegah sakit perut.

5. Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi yang memiliki masalah tekanan darah rendah, daun binahong dapat menjadi solusi alami. Ramuan dari daun binahong dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan mencegah tubuh menjadi lesu.

6. Menyembuhkan Luka

Daun binahong terbukti efektif dalam menyembuhkan luka, baik luka kecil maupun luka bakar. Kandungan minyak atsiri dan asam askorbat membantu dalam proses penyembuhan. Menggunakan daun binahong yang ditumbuk sebagai obat luar juga dapat merawat kulit dan mencegah penuaan dini.

7. Perawatan Pasca Operasi

Setelah menjalani operasi, tubuh kehilangan banyak darah dan energi. Daun binahong, dengan kandungan protein dan mineralnya, dapat membantu dalam proses pemulihan pasca operasi. Rebusan daun binahong menjadi ramuan yang efektif untuk mempercepat pemulihan.

8. Menyehatkan Jantung

Antioksidan yang kuat dalam daun binahong melindungi otot jantung, arteri, dan saraf dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan seratnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

9. Obat Asam Urat

Air rebusan daun binahong dapat membantu penderita asam urat dengan menurunkan kadar purin yang menjadi penyebab penyakit ini. Kandungan flavonoid dalam daun binahong juga efektif untuk mencegah pembentukan asam urat.

10. Mengatasi Jerawat dan Komedo

Daun binahong tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan. Kandungan antibakteri dalam daun ini membantu mengatasi jerawat, sedangkan air rebusannya dapat membantu menghilangkan komedo.

11. Menghaluskan Kulit Wajah

Gunakan air rebusan daun binahong sebagai cuci muka untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih halus. Rutin menggunakan air rebusan ini dapat memberikan hasil yang maksimal.

12. Mengatasi Jerawat

Tumbuk daun binahong hingga halus dan gunakan sebagai masker wajah. Kandungan antibakteri dalam daun ini dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

13. Mencerahkan Kulit

Rebus daun binahong dan konsumsi air rebusannya dapat membantu mencerahkan kulit secara alami. Alternatif yang aman dan efektif dibandingkan dengan pemutih kimia yang dapat merusak kulit.

14. Mengencangkan Kulit Wajah

Minum air rebusan daun binahong yang sudah dingin dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mencegah penuaan dini. Kandungan nutrisi dalam daun ini memberikan efek positif pada elastisitas kulit.

15. Membersihkan Komedo

Air rebusan daun binahong juga dapat digunakan untuk membersihkan komedo. Gunakan air rebusan ini sebagai toner alami untuk menjaga kebersihan pori-pori kulit dan mengurangi kemunculan komedo.

Baca juga: 23 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Cara Mengolah Daun Binahong

Ada beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk mengolah daun binahong agar mendapatkan manfaat maksimal:

  • Cara termudah adalah dengan membuat jus daun binahong. Ambil daun secukupnya, masukkan buah dan susu murni jika suka, lalu blender hingga halus dan minum.
  • Rebus 9-11 lembar daun dengan 2 gelas air hingga air rebusan berkurang menjadi satu gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore atau malam hari.
  • Daun binahong juga dapat diolah menjadi hidangan tumisan yang lezat. Tumis dengan bawang putih, cabai, gula jawa, saus tiram, kecap manis, minyak wijen, kecap ikan, garam, dan bubuk penyedap.

Efek Samping dan Perhatian

Meskipun memiliki banyak manfaat, penggunaan daun binahong juga perlu diwaspadai terhadap efek samping yang mungkin timbul, seperti sakit perut, mual, muntah, alergi, jantung berdebar-debar, dan pusing. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi daun binahong meliputi:

  • Jangan mengonsumsi secara berlebihan
  • Hentikan konsumsi jika muncul alergi
  • Ibu hamil dan menyusui dilarang mengonsumsi tanpa persetujuan dokter.
  • Tidak dianjurkan untuk anak-anak tanpa saran dari ahli kesehatan.
  • Jika mengalami efek samping yang tidak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan dokter.

Seiring dengan keterbatasan informasi dan penelitian yang mungkin masih diperlukan, selalu bijak dalam menggunakan tanaman obat dan konsultasikan dengan ahli kesehatan atau herbalis sebelum mengonsumsinya secara rutin. Dengan pendekatan yang tepat, daun binahong dapat menjadi sekutu alami Anda dalam perjalanan menuju kesehatan dan kecantikan yang optimal.

Referensi

  1. Darsana, I. G. O., Besung, I. N. K., & Mahatmi, H. (2012). Potensi daun binahong (Anredera cordifolia (Tenore) Steenis) dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli secara in vitro. Indonesia Medicus Veterinus1(3), 337-351.
  2. Khunaifi, M. (2010). Uji aktivitas antibakteri ekstrak daun binahong (Anredera cordifolia (Ten) Steenis) terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
  3. Rochani, N. (2009). Uji aktivitas antijamur ekstrak daun binahong (Anredera cordifolia (Tenore) Steen) terhadap Candida albicans serta skrining fitokimianya (Doctoral dissertation, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta).
  4. Titis, M. B., Fachriyah, E., & Kusrini, D. (2013). Isolasi, Identifikasi dan Uji Aktifitas Senyawa Alkaloid Daun Binahong (Anredera cordifolia (Tenore) Steenis). Chem. Info1(1), 196-201.
  5. https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/1058-manfaat-daun-binahong-untuk-kesehatan
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.