Manfaat Chia Seed
Gaya Hidup

15 Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan

Manfaat Chia Seed – Chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica, yang merupakan anggota keluarga tanaman mint. Tanaman ini tumbuh subur di daerah Meksiko dan Amerika Selatan, memberikan kita biji kecil yang penuh dengan manfaat kesehatan. Meskipun asalnya dari tanah yang jauh, chia seed kini telah merambah ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Popularitasnya sebagai makanan organik semakin meningkat, menjadi pilihan favorit bagi banyak orang yang peduli akan kesehatan dan gaya hidup sehat.

Kandungan Nutrisi Chia Seed

Manfaat Chia Seed
Sumber Gambar: Freepik

Chia seed bisa dianggap sebagai paket lengkap nutrisi. Dalam setiap biji, kamu dapat menemukan protein, lemak, karbohidrat, serat, Alpha-linolenic acid (ALA), kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin B1, dan B3. Tidak hanya itu, tetapi chia seed juga mengandung antioksidan seperti caffeic acid, chlorogenic acid, kaempferol, dan quercetin.

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan

Berikut ragam dari manfaat chia seed untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa chia seed dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan omega-3 dan seratnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengoptimalkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Chia seed juga memiliki peran dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi ilmiah membuktikan, asam amino endogen yang terkandung dalam biji ini, seperti asam glutamat dan alanin, dapat membantu mengoptimalkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

3. Membantu Mengontrol Berat Badan

Bagi kebanyakan orang yang berusaha mengendalikan berat badan, chia seed sangat berguna. Kandungan serat dan proteinnya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi asupan makanan, dan pada akhirnya mendukung upaya penurunan berat badan.

4. Mengoptimalkan Kesehatan Tulang

Studi membuktikan, chia seed tidak hanya baik untuk berat badan dan jantung, tetapi juga memberikan kontribusi positif untuk kesehatan tulang. Nutrisi seperti fosfor, kalsium, dan magnesium dalam chia seed dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

5. Menurunkan Kolesterol

Biji chia juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi rutin dapat membantu menjaga kondisi kolesterol pada tingkat yang sehat.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes atau yang berisiko tinggi, chia seed dapat membantu mengatur kadar gula darah. Kandungan serat dan senyawa lainnya dapat meningkatkan sensitivitas insulin, stabilisasi kadar gula darah setelah makan.

7. Mencegah Rheumatoid Arthritis

Kandungan asam lemak omega-3 dalam chia seed dapat membantu menurunkan risiko terkena rheumatoid arthritis, menyediakan perlindungan untuk sendi dan kesehatan tulang.

8. Mencegah Paparan Radikal Bebas

Chia seed menjadi perisai alami melawan paparan radikal bebas karena antioksidan yang terkandung dalam biji ini melindungi tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan sel yang dapat disebabkan oleh radikal bebas.

9. Menurunkan Peradangan dalam Tubuh

Beberap penelitian ilmiah mengungkapkan, asam lemak omega-3 dan antioksidan dalam chia seed dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. Ini memiliki potensi besar untuk mencegah penyakit kronis yang terkait dengan peradangan, seperti penyakit jantung dan kanker.

10. Mencegah Kanker Kolorektal

Konsumsi makanan kaya serat, seperti chia seed, dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Kandungan seratnya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan usus.

11. Mengatasi Konstipasi

Kandungan serat tinggi dalam chia seed dapat membantu mengatasi konstipasi dengan meningkatkan kadar air dalam feses dan membuat tekstur feses lebih lembut. Ini menjadikannya solusi alami untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan omega-3 dan antioksidan dalam chia seed membuatnya menjadi makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Ini membantu menjaga kelembaban kulit, melawan tanda-tanda penuaan dini, dan memberikan tampilan yang lebih sehat dan kencang.

13. Meningkatkan Energi

Chia seed merupakan teman setia bagi mereka yang ingin meningkatkan energi. Dengan kandungan vitamin B, zink, zat besi, dan magnesium, biji ini dapat membantu mengoptimalkan produksi energi dalam tubuh, terutama setelah berolahraga atau selama masa pemulihan.

14. Menurunkan Risiko Stroke

Chia seed dapat membantu menurunkan risiko stroke karena kandungan asam lemak omega-3 yang sehat. Ini memberikan perlindungan tambahan untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

15. Menjaga Kesehatan Hati

Antioksidan spesifik yang terdapat dalam chia seed, seperti asam klorogenat dan quercetin, memberikan efek perlindungan pada hati. Ini menjadikannya tambahan berharga untuk mencegah penyakit yang dapat memengaruhi organ vital ini.

Cara Mengonsumsi Chia Seed dengan Tepat

Agar manfaat chia seed dapat dirasakan secara maksimal, penting untuk mengonsumsinya dengan benar:

1. Rendam Sebelum Konsumsi

Chia seed memiliki kecenderungan untuk menyerap air dengan cepat. Sebelum dikonsumsi, rendam chia seed dalam air atau cairan lainnya selama beberapa menit. Hal ini membantu biji-bijian mengembang dan membentuk lapisan gelatinous di sekitarnya, membuatnya lebih mudah dicerna.

2. Tambahkan ke Makanan atau Minuman Favorit

Chia seed bisa dicampur dengan berbagai makanan atau minuman favorit. Cobalah menambahkannya ke smoothie, yogurt, salad, atau oatmeal untuk memberikan sentuhan kesehatan pada hidangan.

3. Pola Konsumsi yang Konsisten

Manfaat chia seed dapat dirasakan secara optimal dengan mengonsumsinya secara teratur. Tambahkan chia seed sebagai bagian dari pola makan seimbang untuk mendapatkan hasil terbaik.

Peringatan Konsumsi Chia Seed

Meskipun chia seed memiliki banyak manfaat, ada beberapa peringatan yang perlu diperhatikan:

  • konsumsi chia seed dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sebaiknya ikuti petunjuk konsumsi yang dianjurkan.
  • Chia seed memiliki kemampuan menyerap air dengan baik, pastikan untuk minum cukup air saat mengonsumsinya, terutama jika mengonsumsinya dalam bentuk kering.

Meskipun chia seed memiliki manfaat yang luar biasa, penting juga untuk mendapatkan nutrisi dari berbagai sumber makanan. Variasi dalam pola makan akan memastikan bahwa tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Referensi

  1. Web MD. (2023). Health Benefits of Chia Seeds. Diakses pada Desember 2023.
  2. Nutrition Research and Practice. (2023). Chia Seed (Salvia Hispanica L.) added Yogurt Reduces Short-term Food Intake and Increases Satiety: Randomised Controlled Trial. Diakses pada 2023.
  3. Healthline. Chia Seeds 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Diakses pada Desember 2023.
  4. Self. 5 Chia Seed Benefits You Should Really Know About. Diakses pada Desember 2023.
  5. Healthline. 7 Enticing Health Benefits of Chia Seed. Diakses pada Desember 2023.
  6. United States Department of Agriculture. Seeds, Chia Seeds, Dried. Diakses pada Desember 2023.
  7. Vuksan, et al. (2017). Salba-chia (Salvia hispanica L.) in the Treatment of Overweight and Obese Patients with Type 2 Diabetes: A Double-Blind Randomized Controlled Trial, 27(2), pp. 138–146.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.