Manfaat Bunga Turi
Gaya Hidup

15 Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan

Manfaat Bunga turi, atau yang sering disebut Sesbania grandiflora, bukan hanya sekadar tanaman hias yang cantik. Kembang turi memiliki sejarah panjang dalam penggunaan sebagai tanaman obat tradisional, yang kaya akan saponin, tanin glikosida, perioksidase, vitamin A, dan vitamin B.

Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan
Sumber Gambar: VOI

Berikut ini ragam manfaat bunga turi untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mengobati Sariawan

Kandungan vitamin C dalam bunga turi memberikan keleluasaan bagi yang menderita sariawan. Vitamin C tidak hanya membantu menyembuhkan luka sariawan tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh. Ambil kulit batangnya, rebus atau remas dalam air, dan gunakan untuk berkumur. Alternatif lain, rebus kulit batangnya dan minum air rebusannya.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa quercetin dalam bunga turi dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Dengan menghambat enzim dalam sistem pencernaan, quercetin membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Sakit Tenggorokan

Untuk meredakan sakit tenggorokan, ambil segenggam daun turi, remas di air matang, dan gunakan airnya untuk berkumur. Metode ini dapat memberikan bantuan alami dan nyaman untuk masalah tenggorokan.

4. Meredakan Demam

Kandungan anti-piretik dalam bunga turi membuatnya efektif untuk meredakan demam. Ini dapat menjadi alternatif alami untuk mengatasi demam tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia.

5. Disentri dan Berak Darah

Kulit batang pohon turi, terutama yang bunganya merah, dapat menjadi solusi untuk disentri dan berak darah. Rebus dengan air bersih, saring, dan minum airnya. Terapkan dua kali sehari untuk hasil maksimal.

6. Meredakan Gejala Diare

Penggunaan bunga turi dalam pengobatan tradisional untuk meredakan diare didukung oleh sifat antimikroba yang dimilikinya. Meskipun penelitian masih pada tahap awal, hasilnya menjanjikan.

7. Mengatasi Batuk Biasa

Daun turi merah dan daun inggu bisa menjadi bahan untuk mengatasi batuk biasa. Tumbuk halus, tambahkan perasan air jeruk nipis, dan aduk hingga rata. Ramuan ini tidak hanya menyembuhkan batuk tetapi juga memberikan kesegaran.

8. Melindungi Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam bunga turi membantu melindungi kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

9. Batuk Berdahak

Akar turi memiliki khasiat untuk mengatasi batuk berdahak. Tumbuk halus akar turi, tambahkan air matang dan madu, aduk rata, dan peras airnya. Kelembutan alamiah turi membantu meredakan batuk yang mengganggu.

10. Meredakan Kanker

Flavonoid dan polifenol dalam bunga turi memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Meskipun tidak dapat menggantikan pengobatan medis, konsumsi bunga turi dapat menjadi bagian dari pola hidup sehat.

11. Mencegah Jerawat

Kandungan tanin dan saponin dalam bunga turi menjadikannya solusi alami untuk mencegah jerawat. Minyak bunga turi yang diaplikasikan pada kulit dapat membantu menjaga kebersihan kulit.

12. Hidung Berair dan Sakit Kepala

Tumbuk daun dan bunga turi, tambahkan air matang, saring, dan minum airnya. Ramuan ini dapat meredakan hidung berair dan sakit kepala dengan efektif.

13. Cacar Air dan Demam

Untuk anak yang mengalami demam karena cacar air, kulit batang bunga turi bisa menjadi penyembuh. Rebus dengan air, dinginkan, dan saring airnya. Solusi alami untuk mengatasi cacar air.

14. Badan Pegal Linu

Akar turi, dengan kelembutan dan kehangatan alaminya, dapat menjadi penawar bagi badan yang pegal linu. Giling akar turi, tambahkan sedikit air, dan gosokkan pada bagian tubuh yang sakit.

15. Menambah dan Melancarkan ASI

Bagi ibu menyusui yang mengalami kesulitan dengan produksi ASI, bunga turi putih atau daun turi muda bisa menjadi solusi. Konsumsi sebagai lalapan seperti biasa, dan saksikan peningkatan produksi ASI.

Cara Konsumsi Bunga Turi

Berikut beberapa cara konsumsi bunga turi untuk kesehatan yang dapat di coba.

  • Cuci bersih daun dan bunga turi, rebus dalam air mendidih, dan tumis dengan bumbu pilihan. Cara ini menjadikan bunga turi sebagai hidangan sayuran yang lezat.
  • Daun turi juga dapat dijadikan lalapan segar. Cuci bersih, potong-potong, dan hidangkan bersama sambal atau bumbu kesukaan Anda.
  • Buat sambal atau acar dari daun dan bunga turi. Cincang halus dan campur dengan bumbu kesukaan. Penyajian ini memberikan variasi pada konsumsi bunga turi.

Meskipun bunga turi menyimpan berbagai manfaat kesehatan, perlu diingat bahwa penggunaannya tidak sepenuhnya bebas risiko. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau efek samping tertentu. Oleh karena itu, konsultasikan dengan ahli kesehatan atau herbalis sebelum mengintegrasikan bunga turi dalam rutinitas keseharian.

Referensi

  1. Pemerintah Kota Medan. Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan. Diakses pada 2023.
  2. Silalahi, M. (2023). Utilization Sesbania grandiflora (L.) Pers. as traditional medicine and its bioactivity. World Journal of Biology Pharmacy and Health Sciences, 13(01), 242-249.
  3. Amananti, W., & Pratiwi‬, ‪. (2023). Formulation and analysis of physical properties of Turi leaf extract suspension (Sesbania grandiflora L.). Journal Of Natural Sciences And Mathematics Research, 9(1), 1-11. doi: 10.21580/jnsmr.2023.9.1.13901.
  4. Thissera, B., Visvanathan, R., Khanfar, M., Qader, M., Hassan, M., & Hassan, H. et al. (2020). Sesbania grandiflora L. Poir leaves: A dietary supplement to alleviate type 2 diabetes through metabolic enzymes inhibition. South African Journal Of Botany, 130, 282-299. doi: 10.1016/j.sajb.2020.01.011.
  5. Brawijaya Knowledge Garden. Kandungan Vitamin B2 Pada Biji Turi (Sesbania Grandiflora) Merah Dan Putih Sebagai Alternatif Pangan Potensial. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.