Manfaat Singkong
Gaya Hidup

14 Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat Singkong – Singkong, atau sering disebut juga ketela, memang sudah akrab di lidah kita sebagai salah satu sumber karbohidrat yang lezat. Tetapi, apakah kita tahu bahwa di balik kenikmatannya itu, singkong juga menyimpan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita? Mari kita kupas satu per satu tentang manfaat luar biasa dari singkong ini tapi sebelum itu, kita mengetahui kandungan nutrisinya terlebih dahulu.

Kandungan Gizi Singkong

Manfaat Singkong
Sumber Gambar: Freepik

Menurut data komposisi pangan Indonesia, pada 100 gram singkong rebus, kita dapat menemukan komposisi gizi yang sangat seimbang:

  • Air: 61,4 gram
  • Karbohidrat: 36,8 gram
  • Energi: 154 kkal
  • Protein: 1,0 gram
  • Serat: 0,9 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Kalium: 394 miligram
  • Kalsium: 77 miligram
  • Vitamin C: 31 miligram
  • Fosfor: 24 miligram

Dengan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, singkong bisa dianggap sebagai superfood lokal yang bisa memberikan kontribusi besar terhadap kesehatan kita.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Berikut ragam manfaat singkong untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu manfaat utama singkong adalah kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati pada wajah. Kita bisa membuat scrub alami dengan menumbuk singkong hingga halus dan mengaplikasikannya pada wajah. Gosok secara lembut dengan gerakan memutar, dan wajahmu akan terasa lebih bersih, cerah, dan halus.

2. Penambah Energi

Singkong merupakan sumber energi yang luar biasa berkat kandungan karbohidratnya yang tinggi. Dengan 38 gram karbohidrat per 100 gram singkong, ini adalah pilihan sempurna untuk meningkatkan energi sebelum menjalani aktivitas fisik berat.

3. Menghilangkan Bekas Luka

Singkong juga efektif dalam menghilangkan bekas luka pada kulit. Gunakan ketela parut sebagai adonan, lalu oleskan pada bagian kulit yang menghitam akibat bekas luka. Konsistensi melakukan perawatan ini akan memberikan hasil yang optimal.

4. Mencegah Sembelit

Pati resisten dalam singkong menjadi menjaga kesehatan pencernaan, kandungan serat yang tinggi membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Menghidrasi Kulit

Masker singkong dapat memberikan hidrasi dan kelembapan pada kulit, sangat cocok untuk pemilik kulit kering. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil maksimal.

6. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Serat dalam singkong membantu mengontrol penyerapan gula, menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini adalah kabar baik bagi mereka yang perlu menjaga kadar gula darah mereka tetap dalam batas normal.

7. Antipenuaan

Beberapa studi menunjukan, kandungan vitamin C dan E dalam singkong berperan sebagai antioksidan kuat. Ini membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini.

8. Pilihan Makanan Sehat untuk Diet

Serat dalam singkong membantu mengontrol penyerapan gula, menjaga kadar gula darah tetap stabil, hal tersebut kabar baik bagi mereka yang perlu menjaga kadar gula darah mereka tetap dalam batas normal.

9. Mengatasi Jerawat dan Kemerahan

Ekstrak etanol dalam singkong dapat mengusir bakteri penyebab jerawat. Sifat antiinflamasi dan antimikroba singkong juga membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

10. Menurunkan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi singkong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

11. Melawan Radikal Bebas

Singkong mampu melawan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan seluler pada kulit. Ini membantu menjaga kesehatan kulit dan melawan proses oksidasi.

12. Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian mengungkapkan bahwa kalium dalam singkong tidak hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi juga membantu meningkatkan fungsi otak. Dengan mengonsumsi singkong, kita dapat memberikan dukungan ekstra untuk daya pikir dan daya ingat.

13. Menjaga Elastisitas Kulit

Dengan sifat antioksidan, vitamin E dalam singkong membantu menjaga elastisitas kulit dengan menjaga integritas kolagen dan serat elastin.

14. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dalam singkong berperan sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi singkong secara teratur, kita dapat membantu tubuh tetap kuat dan tahan terhadap berbagai infeksi.

Cara Mengolah Singkong dengan Benar

Pastikan selalu mengupas singkong dengan baik untuk menghilangkan bagian yang mengandung senyawa beracun, terutama kulit singkong yang dapat menghasilkan hidrogen sianida. Jangan lupa untuk merendam singkong yang sudah dikupas untuk memastikan kebersihan dan keamanannya.

Demikianlah ulasan tentang manfaat singkong untuk kesehatan, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Saras, T. (2023). Singkong: Budaya, Manfaat, dan Inovasi. Tiram Media.
  2. Munandar, A., Haryanti, I., Ilham, I., Yusuf, M., Alwi, A., & Muhajirin, M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengolahan Ubi Kayu Menjadi Tepung Singkong. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat7(1), 56-64.
  3. Mombo, S., Dumat, C., Shahid, M., & Schreck, E. (2017). A socio-scientific analysis of the environmental and health benefits as well as potential risks of cassava production and consumption. Environmental Science and Pollution Research24, 5207-5221.
  4. Latif, S., & Müller, J. (2015). Potential of cassava leaves in human nutrition: A review. Trends in Food Science & Technology44(2), 147-158.
  5. Akinpelu, A. O., Amamgbo, L. E. F., Olojede, A. O., & Oyekale, A. S. (2011). Health implications of cassava production and consumption. Journal of Agriculture and Social Research (JASR)11(1).
  6. Burns, A., Gleadow, R., Cliff, J., Zacarias, A., & Cavagnaro, T. (2010). Cassava: the drought, war and famine crop in a changing world. Sustainability2(11), 3572-3607.
  7. Montagnac, J. A., Davis, C. R., & Tanumihardjo, S. A. (2009). Nutritional value of cassava for use as a staple food and recent advances for improvement. Comprehensive reviews in food science and food safety8(3), 181-194.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.