Manfaat Ikan Gabus
Gaya Hidup

14 Manfaat Ikan gabus untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Gabus – Channa Striatus atau lebih dikenal dengan sebutan Ikan gabus, sering disamakan dengan ikan lele namun tanpa surai atau kumis, memiliki warna yang lebih terang. Ikan ini hidup di perairan seperti sungai, danau, dan rawa di Indonesia. Keunikan ikan gabus adalah kemampuannya untuk hidup di darat dalam jangka waktu tertentu, bernafas langsung dengan udara luar.

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Menurut Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, setiap 100 gram ikan gabus mengandung:

  • Air: 79,6 gram.
  • Kalori: 80 kkal.
  • Protein: 16,2 gram.
  • Lemak: 0,5 gram.
  • Karbohidrat: 2,6 gram.
  • Kalsium: 170 mg.
  • Fosfor: 139 mg.
  • Zat besi: 0,1 mg.
  • Natrium: 65 mg.
  • Kalium: 254 mg.
  • Tembaga: 0,3 mg.
  • Seng: 0,4 mg.
  • Retinol (Vitamin A): 335 mg.
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,4 mg.
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,2 mg.
  • Niacin (Vitamin B3): 0,1 mg.

Tidak hanya itu, sebuah studi mengungkapkan bahwa ikan gabus seberat 150 gram juga mengandung asam lemak omega-3, lipid berbagai jenis, dan asam lemak tak jenuh ganda. Dengan 16,2 gram protein dalam 100 gram ikan gabus, terdapat juga jenis protein bernama albumin yang memberikan kontribusi besar pada manfaat kesehatan yang luar biasa.

Manfaat Ikan gabus untuk Kesehatan

Sekarang, mari kita bahas lebih rinci beberapa manfaat ikan gabus yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang.

1. Mengurangi Nyeri Sendi

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ikan gabus dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi osteoarthritis. Asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, yang terdapat dalam ikan gabus, memiliki kemampuan meredakan peradangan. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi yang dialami oleh penderita osteoarthritis.

2. Melancarkan Pencernaan

Struktur daging ikan gabus yang empuk membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pencernaan. Dengan tingkat protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak darat lainnya, ikan gabus menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

3. Meningkatkan Energi

Studi menunjukan, kandungan kalori dan protein yang tinggi dalam ikan gabus membuatnya menjadi pilihan sempurna untuk meningkatkan energi tubuh. Jika merasa lelah atau lemah, jangan ragu untuk mengonsumsi ikan gabus untuk mendapatkan dorongan energi yang dibutuhkan.

4. Membantu Penyembuhan Anak Autis

Dalam dunia medis, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi tertentu dalam ikan gabus dapat memberikan dampak positif pada anak-anak yang mengidap spektrum autisme. Hal ini membuka harapan baru untuk pengobatan dan perawatan anak-anak dengan kebutuhan khusus ini.

5. Pembentukan Otot

Hasil penelitian mengungkapkan, dalam 100 gram ikan gabus, terdapat sekitar 25,2 gram protein, lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis ikan lainnya. Perbandingan ini menjadi lebih mencolok saat dibandingkan dengan daging ayam, sapi, atau telur. Tingginya kandungan protein ini memberikan kontribusi besar dalam proses pembentukan otot, membuat ikan gabus menjadi pilihan yang baik untuk mendukung kekuatan dan massa otot tubuh.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi rutin ikan gabus dapat membantu menjaga kesehatan dan membuat tubuh lebih tahan terhadap berbagai penyakit. Dengan perubahan cuaca dan faktor lain yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan, memiliki daya tahan tubuh yang baik merupakan salah satu kunci untuk tetap bugar sepanjang waktu.

7. Mencegah Katarak

Beberap studi mengungkapkan, ikan gabus memberikan kontribusi besar dalam menjaga mata tetap sehat. Kandungan vitamin A dalam ikan gabus memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan kornea mata. Dengan asupan vitamin A yang cukup, risiko terkena katarak dan degenerasi makula dapat berkurang.

8. Menjaga Kepadatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam ikan gabus berperan penting dalam membangun dan menjaga kekuatan tulang. Selain itu, kalium juga membantu memaksimalkan pemeliharaan tulang dengan mencegah kehilangan kalsium melalui urine secara berlebihan.

9. Membantu Mengatasi Pembengkakan di Tubuh

Albumin dalam ikan gabus dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh. Pembengkakan seringkali menjadi tanda adanya peradangan atau masalah kesehatan lainnya. Dengan mengonsumsi ikan gabus secara teratur, akan memberikan dukungan untuk meredakan pembengkakan dan menjaga kesehatan tubuh.

10. Mengurangi Komplikasi Kehamilan

Ikan gabus menjadi pilihan yang cerdas untuk ibu hamil karena mengandung protein, kalsium, zat besi, dan asam lemak omega-3. Hasil penelitian menunjukan, asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya preeklampsia dan kelahiran prematur. Ibu hamil mengonsumsi ikan gabus akan memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan dan si kecil yang sedang tumbuh di dalam kandungan.

11. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Bukan hanya soal kekuatan fisik, ikan gabus juga memiliki keajaiban dalam mempercepat penyembuhan luka. Tingginya kandungan albumin dalam daging ikan gabus membantu proses penyembuhan. Albumin, sebagai salah satu jenis protein penting, membantu mempercepat proses regenerasi sel dan pemulihan jaringan.

12. Mencegah Penyakit Jantung

Kesehatan jantung merupakan hal yang tidak boleh diabaikan, dan ikan gabus dapat memberikan perlindungan tambahan. Kandungan antioksidan dalam ikan gabus membantu melawan radikal bebas, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

13. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Albumin, yang kaya dalam ikan gabus, tidak hanya membantu proses penyembuhan, tetapi juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Proses osmosis, transpor aktif, filtrasi, dan difusi yang tergantung pada albumin membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh, menjaga keseimbangan cairan, dan mendukung proses metabolisme.

14. Meningkatkan Kualitas Tidur

Asam lemak omega-3 dalam ikan gabus tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Pengaturan ritme tidur oleh omega-3 membantu mengurangi gangguan tidur seperti insomnia, memberikan kontribusi positif pada kesejahteraan secara keseluruhan.

Meskipun ikan gabus menghadirkan berbagai manfaat, konsumsi ikan gabus sebaiknya dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan harian tubuh. Kandungan merkuri yang ada dalam ikan gabus memang tidak seberapa tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan tertentu, tetapi tetap diperlukan kewaspadaan.

Untuk ikan gabus yang dikonsumsi, hendaknya memilih ikan gabus segar dengan menggunakan beragam metode pengolahan bisa menjadi pilihan, mulai dari dikukus, direbus, hingga dibakar. Hindari mengonsumsi ikan gabus yang telah diolah dengan cara menggoreng secara berlebihan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti kolesterol tinggi atau penyakit jantung.

Dan tidak kalah penting juga untuk mencari ikan gabus dari sumber yang terpercaya dan terjamin kebersihannya, memastikan ikan gabus yang di pilih berasal dari lingkungan yang aman dan bebas dari polusi. Dengan begitu, kita dapat menikmati manfaat ikan gabus tanpa khawatir akan risiko kesehatan yang mungkin timbul.

Referensi

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku. Ikan Gabus, Segar (Asian Snakehead, Fresh). Diakses pada 2023.
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku. Ikan Gabus, Kering (Asian Snakehead, Fish, Dried). Diakses pada 2023.
  3. Rahman, R. & Molla, M. (2018). Snakehead fish (Channa Striata) and It’s Biochemical Properties for Therapeutics and Health Benefits. Biotechnolology & Biomedicine England, 1(1), pp. 1005.
  4. Malaysian Journal of Nutrition. Therapeutic potential of the haruan (Channa striatus): from food to medicinal uses. Diakses pada 2023.
  5. Clark, C. Healthline. Nutritional Needs During Pregnancy. Diakses pada 2023.
  6. Science Forecast Publications LLC. Snakehead Fish (Channa striata) and Its Biochemical Properties for Therapeutics and Health Benefits. Diakses pada 2023.
  7. Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan – Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia. Manfaat Ikan Gabus (Channa striata) Bagi Kesehatan Tubuh. Diakses pada 2023.
  8. Victoria State Government Australia. Better Health Channel. Antioxidants. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.