Manfaat Buah Blewah
Gaya Hidup

13 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Manfaat buah blewah, saudara dekat buah melon, memukau dengan dagingnya yang berwarna oranye dan bentuk luar yang mirip labu. Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi langsung atau diolah menjadi es segar, tetapi juga memiliki sejumlah nutrisi yang luar biasa.

Kandungan Nutrisi Buah Blewah

Sumber Gambar: Hellosehat.com

Blewah bukan sekadar buah biasa, melainkan sumber nutrisi yang kaya. Dalam setiap sajian blewah, kita akan menemukan kandungan yang mencakup vitamin C, vitamin A, kalium, asam folat, kalsium, zinc, tembaga, zat besi, vitamin K, niasin, kolin, magnesium, fosfor, mangan, dan selenium. Bayangkan, semua nutrisi ini terkandung dalam buah yang memiliki 90 persen kandungan air.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Berikut ini ulasan tentang manfaat buah blewah untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sifat Anti-Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa folat dapat memiliki peran dalam mencegah kanker, terutama pada tahap awal. Meskipun demikian, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk pemahaman yang lebih baik.

2. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air dalam buah blewah mencapai 90 persen, menjadikannya pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kehadiran elektrolit alami juga membantu mempertahankan keseimbangan cairan.

3. Kulit Cantik dan Sehat

Studi mengungkapkan, buah-buahan berwarna oranye seperti buah blewah dikenal kaya akan karotenoid. Pigmen alami ini tidak hanya memberikan warna cerah pada buah, tetapi juga bermanfaat untuk kulit. Karotenoid membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, mengurangi garis halus, perubahan warna, dan keriput.

4. Peningkatan Kekebalan Tubuh

Buah blewah memiliki kandungan vitamin A yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A membantu produksi sel darah putih dan melawan infeksi, menjaga tubuh tetap sehat dan tahan terhadap penyakit.

5. Melancarkan Pencernaan

Buah ini membantu dalam proses pencernaan, membantu tubuh membuang racun, dan mendukung pencernaan karbohidrat. Dengan konsumsi rutin, buah blewah dapat mencegah gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

6. Mencegah Sembelit

Serat dalam buah blewah mendukung kesehatan usus dan pencernaan. Konsumsi serat yang cukup membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Nutrisi penting seperti serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam buah blewah mendukung kesehatan jantung. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah dan sayuran, termasuk buah blewah, berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Kalium dalam buah blewah membantu menurunkan tekanan darah, hal ini sesuai dengan studi terpublikasi.

8. Keseimbangan Cairan Tubuh

Buah blewah bukan hanya sekadar buah, tetapi juga sumber elektrolit dan air yang melimpah. Ini membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, mendukung fungsi organ-organ vital, dan mencegah dehidrasi.

9. Meningkatkan Penglihatan

Beberapa hasil penelitian mengungkapkan, vitamin A yang terkandung dalam buah blewah memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi buah ini secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

10. Pencegahan Diabetes

Dengan skor glikemik rendah, buah blewah memproses gula secara lambat dalam tubuh, membantu mencegah lonjakan gula darah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

11. Regulasi Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam buah blewah mendukung regulasi tekanan darah. Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan meminimalkan risiko penyakit jantung.

12. Dukungan untuk Perkembangan Janin

Kandungan folat dalam buah blewah membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk ibu hamil. Folat mendukung perkembangan janin, mencegah cacat saraf, dan menjaga kesehatan ibu dan bayi.

13. Nutrisi untuk Kulit

Vitamin dan mineral dalam buah blewah memberikan nutrisi pada kulit, melindungi dari racun berbahaya, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan mengurangi kerontokan.

Ternyata buah blewah, yang lezat dan menyegarkan, bukan hanya menjadi primadona di bulan Ramadan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Referensi

  1. Ware, M., & Olsen, N. Cantaloupe: Health benefits and nutrition. MedicalNewsToday. Diakses pada Desember 2023.
  2. Cervoni, B. Verywell Fit. Honeydew Melon Nutrition Facts and Health Benefits. Diakses pada Desember 2023.
  3. McDermott, A. Healthline. 7 Nutritious Benefits of Eating Cantaloupe. Diakses pada Desember 2023.
  4. Price, A. Cantaloupe Nutrition: The Phytonutrient Powerhouse You May Be Overlooking. Dr. Axe. Diakses pada Desember 2023.
  5. WebMD. 10 Foods That Are Good for Your Eyes. Diakses pada Desember 2023.
  6. McDermott, A., & Arnarson, A. Benefits of Cantaloupe: 7 Healthy Advantages. Healthline. Diakses pada Desember 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.