Manfaat Buah Zuriat
Gaya Hidup

11 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Zuriat – Buah yang kita kenal sebagai buah Adam dan Hawa, atau lebih dikenal dengan nama buah zuriat, memiliki klasifikasi botani yang menarik. Secara ilmiah, buah ini termasuk dalam keluarga Arecaceae dan diklasifikasikan sebagai Hyphaene thebaica. Pohon tempat buah ini tumbuh memiliki postur ramping yang dapat mencapai ketinggian hingga lima belas meter.

Selain memiliki nama ilmiah, buah zuriat juga dikenal dengan sejumlah nama lokal, antara lain, buah palem Doum dan buah Gingerbread. Keanekaragaman nama ini mencerminkan sebaran dan popularitas buah ini di berbagai daerah. Meskipun mungkin belum begitu dikenal secara luas, namun buah zuriat menawarkan beragam manfaat kesehatan yang menarik.

Buah zuriat memiliki ciri khas tersendiri, berukuran besar dengan diameter rata-rata 6-10 sentimeter, buah ini berbentuk bulat hingga lonjong dengan aroma harum yang manis. Kulitnya yang keras berwarna coklat, mengkilat, dan berkayu memberikan kesan elegan.

Di bawah kulit yang terkelupas, terdapat daging berserat dan kenyal, berwarna coklat, yang membungkus biji oval besar berwarna putih, keras, dan padat. Buah ini memberikan sensasi renyah dengan rasa manis-asam yang sering kali disamakan dengan rasa roti jahe. Tersedia sepanjang tahun, buah zuriat merupakan bagian dari keluarga Arecaceae dan tumbuh subur di iklim panas dan kering.

Nutrisi Buah Zuriat

Sumber Gambar: id.theasiaparent.com

Buah zuriat kaya akan nutrisi penting, protein berkualitas tinggi dengan variasi seperti protein kasar lisin dan sistein, asam amino, lemak, serat, dan beberapa karbohidrat menjadi bagian dari kekayaannya. Kalsium, magnesium, kalium, dan natrium turut serta dalam menyumbangkan manfaat kesehatan buah ini. Senyawa fitokimia seperti tanin, saponin, steroid, glikosida, flavonoid, terpene, dan terpinoid ditemukan dalam kadar yang bermanfaat.

Baca juga: 13 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Sekarang, mari kita mengulas manfaat kesehatan buah zuriat yang menakjubkan yang kita rangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Mencegah Anemia

Kekurangan vitamin dapat menyebabkan anemia, dan buah zuriat hadir sebagai pencegah. Kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C dalam buah ini membantu menjaga kesehatan darah, mencegah terjadinya anemia.

2. Menurunkan Kadar Lemak Jahat

Kadar lemak jahat yang tinggi dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan jantung. Buah zuriat hadir sebagai penyelamat dengan kemampuannya menurunkan kadar lemak jahat dan meningkatkan lemak baik. Dengan demikian, risiko penyakit jantung dapat diminimalkan.

3. Mencegah Penuaan Dini dan Antikanker

Salah satu keunggulan buah zuriat adalah tingginya kandungan antioksidannya. Antioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh, melindungi sel-sel dari penuaan dini dan penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung. Kandungan fenolik dan flavonoid buah zuriat membuatnya terkenal sebagai agen antikanker dan anti-inflamasi.

4. Obat Pencahar Ringan

Buah zuriat juga memiliki potensi sebagai obat pencahar ringan berkat kandungan seratnya. Sifat antiinflamasi yang dimilikinya juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam sistem pencernaan. Sebuah solusi alami untuk mereka yang mengalami masalah sembelit.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Buah zuriat menjadi pilihan yang bijak bagi mereka yang mengidap diabetes. Hasil penelitian menunjukan bahwa buah ini terbukti membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan indeks glikemik yang rendah, buah zuriat aman untuk gula darah, sementara serat dan protein tingginya membuat perasaan kenyang lebih lama.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah zuriat adalah sumber serat harian yang luar biasa. Dengan 22% kandungan gizi berasal dari serat, buah ini menjadi solusi bagi masalah sembelit dan kelancaran pencernaan. Bagi mereka yang sering menghadapi kendala ini, mengonsumsi buah zuriat secara rutin dapat memberikan kenyamanan dan kelegaan.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan mineral fosfor dan kalium dalam buah zuriat berkontribusi pada kesehatan ginjal. Buah ini diyakini mencegah pembentukan batu ginjal dan masalah urin lainnya. Untuk mereka yang memperhatikan kesehatan sistem ekskresi, buah zuriat mungkin menjadi sekutu yang tak tergantikan.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan enzim dalam buah zuriat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini dapat diolah menjadi makanan probiotik, merangsang pertumbuhan bakteri baik yang membantu melawan bakteri jahat penyebab penyakit. Sebuah langkah sederhana untuk memperkuat benteng tubuh.

9. Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat buah zuriat juga merambah ke fungsi hati. Dalam penelitian yang dilakukan, konsumsi buah zuriat dikaitkan dengan penurunan signifikan kadar kolesterol dan trigliserida. Hati yang sehat menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan detoksifikasi tubuh.

10. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kandungan alami dalam buah ini diklaim dapat merangsang regulasi siklus menstruasi, menjadikannya langkah penting untuk meningkatkan kesuburan. Siklus menstruasi yang teratur menjadi kunci penting dalam mencapai kehamilan yang diidamkan. Ovulasi yang teratur, diinduksi oleh buah Zuriat, memperbesar peluang terjadinya pembuahan.

11. Meningkatkan Kualitas Telur Wanita

Selain memberikan dampak positif pada regulasi siklus menstruasi, buah Zuriat juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas telur wanita. Telur yang berkualitas tinggi memiliki potensi untuk menciptakan embrio yang lebih sehat, mengurangi risiko keguguran, dan memastikan perkembangan janin yang optimal.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Setelah menyelami manfaat yang luar biasa dari buah Zuriat, pasti ingin tahu bagaimana mengonsumsinya dengan benar. Berikut beberapa cara yang dapat Anda pilih:

1. Konsumsi Langsung

  • Buah Zuriat dapat dimakan langsung dalam keadaan segar.
  • Pastikan untuk mencuci buah tersebut terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

2. Jus Segar

  • Jika ingin variasi, Anda dapat membuat jus segar dari buah Zuriat.
  • Peras buah dan saring jusnya untuk meminimalkan serat.
  • Minum jus ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat penuhnya.

3. Smoothie Sehat

  • Campur buah Zuriat dengan buah-buahan lain, yogurt, dan es untuk membuat smoothie sehat.
  • Alternatif yang lezat dan menyegarkan untuk menikmati manfaat buah ini.

4. Suplemen

  • Jika sulit mendapatkan buah Zuriat segar, Anda dapat memilih konsumsi dalam bentuk suplemen.
  • Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Buah zuriat, atau buah Adam dan Hawa, bukan hanya kenangan dari cerita zaman dulu, tetapi juga merupakan anugerah kesehatan yang melimpah. Dengan keajaiban antioksidannya, kemampuannya mengendalikan gula darah, dan dampak positifnya terhadap sistem pencernaan, buah zuriat layak masuk dalam daftar belanja kesehatan kita. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat ya.

Referensi

  1. Window Of World. Does Zuriat Fruit Get Pregnant Fast?. Diakses pada Desember 2023.
  2. Specialty Produce. Zuriat Fruit. Diakses pada Desember 2023.
  3. Yeshealth. What the Fruit Zuriat And What Its Worth. Diakses pada Desember 2023.
  4. Mayo Clinic. Vitamin deficiency anemia. Diakses pada Desember 2023.
  5. Cotoraci, C., et al. (2021). Natural Antioxidant in Anemia Treatment. International Journal of Molecular Sciences, 222(4), 1883.
  6. Hasan, N. (2020). Effect of Doum Fruit (Hyphaene thebaica) Extract on Some Biochemical Parameters, Enzyme Activities, and Histopathological Changes of Pancreas in Alloxan-Induced Diabetic Rats. Food and Nutrition Sciences, 11(3), 1-13.
  7. Hasan, N. (2020). Effect of Doum Fruit (Hyphaene thebaica) Extract on Some Biochemical Parameters, Enzyme Activities, and Histopathological Changes of Pancreas in Alloxan-Induced Diabetic Rats. Food and Nutrition Sciences, 11(3), 1-13.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.