Manfaat jeruk lemon
Gaya Hidup

12 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat jeruk lemon – Jeruk lemon memiliki bentuk bulat dan berwarna kuning ketika sudah matang. Daging buahnya berwarna putih dan memiliki rasa asam. Seperti jenis jeruk lainnya, daging buah lemon terdiri dari bulir-bulir yang mengandung air berisi minyak esensial yang memberikan aroma khas jeruk lemon. Sebagian besar manfaat kesehatan jeruk lemon terkandung dalam bulir-bulir ini.

Tidak hanya pada daging buahnya, manfaat kesehatan jeruk lemon juga terdapat pada kulitnya. Kulit jeruk lemon yang berwarna kuning kaya akan minyak esensial yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti pembuatan minuman, makanan, produk perawatan kulit, dan produk perawatan rumah tangga. Berikut adalah manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan beserta kandungan gizinya.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini ragam manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan.

Menyegarkan Rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut yang mudah lembap dan cenderung cepat berkeringat, tentunya sering mengalami ketidaknyamanan. Selain menyebabkan rasa gatal, masalah tersebut juga membuat penampilan rambut tidak menyenangkan. Untuk mengatasi hal ini, ada cara yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan air perasan lemon yang dicampur dengan baking soda.

Cara penggunaannya cukup mudah, sebelum Anda mandi, ratakan campuran air perasan lemon dan baking soda ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama beberapa saat agar meresap dengan baik. Setelah itu, siram rambut secara perlahan dengan air dan lanjutkan dengan menggunakan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini minimal satu kali dalam seminggu, dan Anda akan melihat bahwa rambut Anda akan terhindar dari kelembapan berlebih dan rasa gatal akibat keringat.

Baca juga: Tips Awet Muda di Usia 30 Tahun

Mempercantik Kulit

Jeruk lemon tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga berperan dalam menjaga keremajaan kulit. Kandungan vitamin C dalam jeruk lemon dapat merangsang produksi kolagen, yang pada gilirannya membuat kulit terlihat lebih kencang dan bercahaya. Vitamin C juga berperan dalam mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Namun, para pakar kecantikan menyarankan untuk tidak mengoleskan air lemon secara langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Agar mendapatkan manfaat lemon untuk kulit tanpa efek samping, lebih baik mengonsumsinya secara rutin dalam jumlah yang wajar atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung ekstrak lemon yang telah diformulasikan sesuai dengan pH kulit. Dengan cara ini, Anda dapat memanfaatkan manfaat jeruk lemon untuk kulit tanpa mengkhawatirkan potensi iritasi.

Mengobati Panas Dalam

Jika Anda kurang minum atau mengonsumsi serat dalam jumlah cukup, tenggorokan Anda dapat mudah rentan terhadap radang, yang menyebabkan suara serak bahkan hilang. Selain itu, menelan makanan atau minuman juga dapat terasa seperti tersendat dan menyakitkan.

Nah, salah satu solusi yang sangat efektif adalah mengonsumsi air perasan lemon hangat. Caranya cukup sederhana, peras satu buah jeruk lemon ukuran sedang dan campurkan dengan air panas. Tambahkan air biasa secukupnya hingga mencapai suhu hangat di perut saat diminum. Kemudian, tambahkan 1-2 sendok madu, aduk hingga merata. Minumlah campuran ini saat masih hangat, pada perut kosong di pagi hari dan menjelang tidur.

Anda akan merasakan manfaatnya, karena ketika bangun keesokan harinya atau setelah seharian beraktivitas, tubuh akan terasa lebih segar daripada biasanya. Lemon memiliki efek yang mujarab dalam membantu meredakan masalah tenggorokan dan memberikan sensasi kesegaran bagi tubuh Anda.

Baca juga: Cara Membuat Wajah Glowing yang Anda Impikan

Menghindari Komedo dan Wajah Berminyak

Jika Anda memiliki masalah wajah berkomedo atau berminyak, lemon dapat menjadi solusi sebagai scrub atau masker. Untuk menggunakannya sebagai masker, campurkan lemon dan madu dengan perbandingan 1 bagian lemon dan 2 bagian madu. Oleskan campuran ini pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Setelah penggunaan, kulit Anda akan terasa lebih kenyal dan segar.

Menurunkan Resiko Diabetes

Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang memiliki manfaat dalam mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Selain itu, asam sitrat juga membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Dengan demikian, konsumsi jeruk lemon dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dan pencegahan diabetes.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Efektif

Mengatasi Bibir Pecah dan Kering

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai minuman panas atau sering mengalami sariawan karena panas dalam, jeruk lemon dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan bibir. Caranya cukup mudah, campurkan beberapa sendok lemon dengan madu, lalu oleskan campuran tersebut ke bibir selama sepuluh menit. Anda dapat melakukan ini setiap malam sebelum tidur atau saat bekerja di depan komputer.

Setelah itu, bilas dengan tisu basah atau air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin, sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu. Pastikan juga untuk menjaga asupan air putih dengan minum minimal 8 gelas sehari, sehingga tetap terhidrasi dengan baik. Dengan perawatan sederhana ini, kesehatan bibir Anda akan terjaga dan masalah sariawan akibat panas dalam dapat berkurang.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk lemon mengandung vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, serta berperan dalam produksi sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi interferon, yaitu protein yang berperan dalam melindungi tubuh dari infeksi virus. Dengan manfaat ini, jeruk lemon dapat menjadi sekutu yang baik dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah: Rahasia Kulit Cerah

Mengobati Panas Dalam

Jika Anda kurang minum atau mengonsumsi serat dalam jumlah cukup, tenggorokan Anda dapat mudah rentan terhadap radang, yang menyebabkan suara serak bahkan hilang. Selain itu, menelan makanan atau minuman juga dapat terasa seperti tersendat dan menyakitkan.

Namun, ada solusi yang sangat efektif dengan menggunakan lemon. Caranya cukup sederhana, peras satu buah jeruk lemon ukuran sedang, lalu tuangkan air panas. Tambahkan air biasa secukupnya hingga mencapai suhu yang hangat saat diminum. Selanjutnya, tambahkan 1-2 sendok madu, aduk hingga merata. Minumlah campuran ini saat masih hangat, pada perut kosong di pagi hari dan menjelang tidur.

Anda akan merasakan manfaatnya, karena ketika bangun keesokan harinya atau setelah seharian beraktivitas, tubuh akan terasa lebih segar daripada biasanya. Lemon memiliki efek yang mujarab dalam membantu meredakan masalah tenggorokan dan memberikan sensasi kesegaran bagi tubuh Anda.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat jeruk lemon yang pertama adalah dalam menekan risiko penyakit jantung. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk lemon dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung.

Selain itu, vitamin C juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis, yaitu kondisi penebalan dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi jeruk lemon, Anda dapat mendukung kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Menebalkan Rambut yang Tipis dengan Mudah

Memutihkan Gigi

Kombinasi yang seimbang antara baking soda dan lemon sangat efektif untuk memutihkan gigi dan menjaga enamel gigi secara nyata. Caranya sangat sederhana, cukup campurkan lemon dan baking soda dalam perbandingan 1:1 hingga membentuk pasta yang berkualitas untuk memutihkan gigi Anda.

Gosokkan pasta ini pada gigi selama sekitar 1 menit. Jika Anda melakukannya secara rutin, satu atau dua kali seminggu, metode ini mampu memutihkan gigi secara perlahan dan alami. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga kecerahan gigi dan keutuhan enamel gigi tanpa perlu khawatir tentang efek samping yang merugikan.

Mencegah Kanker

Jeruk lemon mengandung antioksidan yang berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, flavonoid yang terdapat dalam jeruk lemon juga memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Dengan mengonsumsi jeruk lemon, Anda dapat membantu meningkatkan perlindungan tubuh Anda terhadap potensi risiko kanker dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan Fungsi Hati

Jeruk lemon memiliki manfaat bagi kesehatan yang juga dapat meningkatkan kinerja organ hati. Kandungan senyawa limonoids dalam jeruk lemon berperan penting dalam meningkatkan fungsi hati dan membantu dalam pembuangan toksin dari tubuh. Dengan adanya jeruk lemon dalam diet Anda, Anda dapat memberikan dukungan tambahan untuk kesehatan hati dan membantu tubuh dalam proses detoksifikasi secara alami.

Baca juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak: Solusi Masalah Kesehatan

Kandungan Gizi Jeruk Lemon

Kandungan Gizi Jeruk Lemon

Setiap 100 gram buah lemon mengandung gizi berikut berdasarkan standar Angka Kecukupan Gizi (AKG):

  • Kalori: 34 kkal
  • Air: 92,2 gram (g)
  • Serat: 0,1 g
  • Kalsium: 23 mg
  • Natrium: 31 mg
  • Kalium: 140,0 mg
  • Zinc: 0,2 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Vitamin B2: 0,12 mg
  • Vitamin C: 50 mg

Selain kandungan gizi di atas, lemon juga mengandung komponen antioksidan, antiradang, dan antiaging, yang memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca juga: Profil Pelajar Pancasila: Pengertian, dan 6 Dimensi

Kesimpulan

Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C, kalsium, kalium, dan fosfor, dengan kandungan kalori rendah. Jeruk lemon juga mengandung serat, zinc, dan vitamin B2 dalam jumlah yang bermanfaat. Selain itu, lemon memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antiaging, yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan. Dengan berbagai nutrisi dan komponen yang dimilikinya, lemon merupakan buah yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga kecantikan Anda.

Referensi

  1. “Potential Health Benefits of Vitamin C and Flavonoids in Lemon.” S.M. Banihani et al. Current Pharmaceutical Biotechnology, 2018. DOI: 10.2174/1389201019666181010114701.
  2. “Antioxidant and Antibacterial Activities of Lemon (Citrus limon L.) Peel Extract.” P. S. Raju et al. British Journal of Applied Science & Technology, 2014. DOI: 10.9734/BJAST/2014/7938.
  3. “Health Benefits of Citrus Fruits: A Review.” K. C. Srivastava et al. Journal of the Agricultural and Food Chemistry, 2005. DOI: 10.1021/jf058171g.
  4. “Citrus limon Burm.F. (Lemon) Phenomenon-A Review of the Chemistry, Pharmacological Properties, Applications in the Modern Pharmaceutical, Food, and Cosmetics Industries, and Biotechnological Studies.” J. P. Mareček et al. Molecules, 2018. DOI: 10.3390/molecules23071791.
  5. “Evaluation of Antioxidant and Antibacterial Activities of Lemon (Citrus limon L.) Peels.” K. O. Arotupin et al. Medicines, 2019. DOI: 10.3390/medicines6020048.
  6. “A Review of the Health Benefits of Green Tea Lemon Grass (Cymbopogon citratus) Combos.” A. Khan et al. International Journal of Pharmacology, 2019. DOI: 10.3923/ijp.2019.
  7. “The Antimicrobial Activity of Lemon (Citrus limon L.) Peel Essential Oil and Its Components Against Multidrug-Resistant (MDR) Bacterial Strains.” M. Nostro et al. BMC Complementary and Alternative Medicine, 2012. DOI: 10.1186/1472-6882-12-212.
  8. “Citrus limon (Lemon) Phenomenon – A Comprehensive Review on Its Biological Activities and Health Benefits.” J. P. Mareček et al. Arabian Journal of Chemistry, 2017. DOI: 10.1016/j.arabjc.2013.07.016.
  9. “In vitro Antioxidant and Antimicrobial Activities of Lemon Peel Extracts.” M. Friedman et al. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2002. DOI: 10.1021/jf0115589.
  10. “Antioxidant and Antimicrobial Activities of Essential Oil and Methanol Extracts of Sweet Basil (Ocimum basilicum L.) and Lemon Basil (Ocimum × citriodorum Vis.).” N. Singh et al. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2007. DOI: 10.1021/jf0715323.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.