Manfaat Push Up
Gaya Hidup

11 Manfaat Push Up dan Cara Melakukannya

Manfaat Push Up – Push up merupakan jenis olahraga ketahanan isometrik yang melibatkan gerakan menaik-turunkan tubuh dengan menggunakan tangan sebagai penopang utama. Meskipun kelihatannya sederhana, namun manfaat yang terkandung di dalamnya sungguh mengejutkan.

Manfaat Push Up Setiap Hari

Berikut manfaat push up yang dilakukan secara rutin setiap harinya.

1. Mencegah dan Mengatasi Sarcopenia

Sarcopenia, penurunan massa otot akibat penuaan, dapat diatasi dengan rutin melakukan push up. Latihan ini merangsang pembentukan massa otot, mencegah serta mengatasi kondisi ini, yang sering terjadi pada lansia.

2. Menambah Massa Otot

Saat kita melakukan gerakan push up dengan benar, lemak dalam tubuh akan terbakar dan digantikan oleh massa otot yang semakin berkembang. Ini bukan hanya tentang mendapatkan tubuh yang berotot, tetapi juga meningkatkan kekuatan secara keseluruhan.

3. Membuat Mood Lebih Baik

Tidak hanya menyehatkan tubuh, push up juga memiliki efek positif pada kesehatan mental. Melalui pelepasan hormon endorfin, olahraga ini dapat meningkatkan mood, membuat kamu merasa lebih bahagia dan bersemangat.

4. Memperkuat Tulang dan Sendi

Gerakan push up melibatkan naik-turun tubuh dengan dukungan pada kekuatan lengan dan pergelangan kaki. Secara otomatis, gerakan ini akan memperkuat tangan, kaki, dan tulangmu. Dengan sendi dan tulang yang kuat, aktivitasmu sehari-hari akan terasa lebih nyaman dan lancar.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik bukan hanya penting untuk penampilan, tetapi juga untuk kesehatan tulang belakang dan otot. Push up mengharuskan tubuh untuk tetap lurus, yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan.

6. Membakar Lemak

Push up bukan hanya tentang kekuatan fisik, tetapi juga membantu membakar lemak. Gerakan yang dihasilkan selama push up memicu proses pembakaran lemak, memberikan kontribusi positif pada penurunan berat badan.

7. Menyehatkan Jantung

Detak jantung meningkat saat melakukan push up, meningkatkan aliran darah dan kesehatan kardiovaskular. Dengan rajin berolahraga push up, kita dapat menjaga jantung tetap sehat dan kuat.

8. Memperlancar Aktivitas Sehari-hari

Dengan lemak yang terbakar, tulang dan sendi yang kuat, serta massa otot yang bertambah, tubuh akan menjadi lebih siap untuk beraktivitas sehari-hari. Rasa lelah dan kelesuan pun berkurang, memberikan energi ekstra untuk menikmati kehidupan.

9. Membentuk Otot Tubuh Bagian Atas

Push up lebih fokus pada otot bagian atas tubuh, seperti trisep, dada, dan bahu. Meskipun demikian, latihan ini juga melibatkan otot-otot lain seperti perut, punggung, dan tungkai. Ini membuat push up menjadi latihan yang efektif untuk membentuk otot tubuh bagian atas.

10. Mengencangkan Anggota Tubuh

Dengan melakukan gerakan ini secara teratur, berbagai bagian tubuh seperti lengan, perut, bokong, tungkai, dan payudara dapat terlihat lebih kencang. Efek ini dapat ditingkatkan dengan kombinasi dengan olahraga lain seperti senam aerobik, jalan kaki, jogging, atau yoga.

11. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Dengan kekuatan otot yang terlatih, push up dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Ini sangat bermanfaat terutama pada lansia untuk mengurangi risiko cedera akibat kehilangan keseimbangan.

Baca juga: Cara Kurus Tanpa Olahraga dan Diet: Tips Gaya Hidup Sehat

Alasan Melakukan Push Up

Sederet manfaat push up di atas tentu membuatmu ingin segera mencoba olahraga ini, bukan? Namun, ada beberapa alasan khusus mengapa push up layak dijadikan pilihan utama dalam rutinitas kebugaranmu.

1. Tidak Memerlukan Peralatan Mahal

Tidak perlu pergi ke gym atau mengeluarkan uang untuk peralatan fitness mahal. Cukup sebuah permukaan yang rata, seperti lantai rumahmu, sudah cukup untuk menjalankan latihan ini.

2. Bisa Dilakukan Kapan Saja, Di Mana Saja

Dengan push up, kita bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Apakah itu di pagi hari sebelum berangkat kerja, saat istirahat di kantor, atau bahkan di tengah-tengah perjalanan. Push up memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam merencanakan aktivitas fisik.

3. Menantang, Tapi Scalable

Push up bisa disesuaikan dengan tingkat keahlian dan kekuatan tubuhmu. Mulai dari varian yang lebih mudah, seperti push up dinding, hingga push up dengan tangan satu, kamu bisa menyesuaikan latihan sesuai dengan kemampuanmu. Seiring waktu, tingkat kesulitan bisa ditingkatkan secara bertahap.

4. Menghemat Waktu

Hanya butuh beberapa menit setiap hari untuk melakukan beberapa set push up. Dengan hasil yang signifikan untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 12 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Cara Melakukan Push-up yang Benar

Agar manfaat push up dapat maksimal, penting untuk melakukan gerakan dengan benar. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan push up yang tepat:

  • Letakkan kedua lengan sejajar dengan bahu, dengan jarak yang cukup lebar antara telapak tangan.
  • Luruskan tungkai dan jaga posisi lutut agar tidak menempel pada lantai.
  • Atur tubuh agar membentuk garis lurus mulai dari kepala, punggung, bokong, hingga tumit.
  • Turunkan badan dengan menekuk siku hingga dada berada sekitar 5 cm dari lantai.
  • Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu angkat kembali badan dengan siku yang lurus.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali, dan tingkatkan jumlah pengulangan seiring dengan kemampuan tubuh Anda.

Saat melakukan push up, hindari kesalahan umum seperti mengangkat bagian atas tubuh dengan menggunakan otot perut atau bokong. Pastikan gerakan dilakukan dengan kontrol penuh untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan manfaatnya yang luar biasa, push up menjadi pilihan yang cerdas untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Tidak perlu peralatan mahal atau waktu yang lama, cukup lakukan push up secara teratur di mana saja, dan rasakan perubahan positif pada tubuh.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.