Manfaat Jambu Mete
Gaya Hidup

10 Manfaat Jambu Mete untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Mete – Jambu monyet, atau yang sering disebut sebagai jambu mete dengan nama ilmaih anacardium occidental, merupakan buah yang memiliki bentuk lonjong dengan warna kuning atau merah. Buah ini terkenal dengan rasa manisnya yang unik dan tentu saja, biji metenya yang nikmat. Jambu mete kaya akan nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh. Beberapa kandungan utamanya meliputi:

  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Zinc
  • Proanthocyanidin
  • Tembaga
  • Zat Besi

Dengan kandungan nutrisi yang beragam ini, jambu mete menjadi salah satu buah yang sangat bernilai untuk dikonsumsi secara rutin.

Manfaat Jambu Mete untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Mete
Symber Gambar: Freepik

Berikut ini ulasan ragam manfaat jamu mete untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengurangi Risiko Stroke

Mengonsumsi buah jambu monyet secara rutin dapat mengurangi risiko stroke dan berbagai penyakit berbahaya lainnya, termasuk peradangan, kerusakan oksidatif, masalah kesehatan jantung, aterosklerosis, tekanan darah tinggi, dan kesehatan endotel.

2. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Penelitian menunjukan bahwa kandungan tembaga dalam jambu mete mendukung kesehatan rambut. Tembaga tidak hanya menjaga kekuatan rambut, tetapi juga membantu menjaga warna hitam alami. Konsumsi buah ini secara rutin dapat memberikan manfaat positif untuk rambut yang sehat dan berkilau.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jambu mete mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsinya secara rutin, tubuh dapat lebih efektif melawan penyakit, seperti pilek dan flu. Kandungan zinc dan antioksidan lainnya turut menjaga kesehatan sistem imunitas.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan air dan mineral yang tinggi dalam buah jambu monyet menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Melembapkan kulit dan memberikan tampilan yang lebih cerah.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kaya akan magnesium, jambu mete membantu tubuh menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Beberapa studi membuktikan bahwa kalsium dan fosfor yang terkandung juga mendukung kekuatan tulang, meskipun perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

6. Menyembuhkan Kram Otot

Dengan kandungan kalium dan air, buah jambu monyet membantu meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kram otot yang disebabkan oleh kekurangan kalium, natrium, dan dehidrasi.

7. Meningkatkan Metabolisme

Konsumsi buah jambu monyet secara teratur dapat membantu mempercepat asimilasi karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan. Ini dapat meningkatkan nafsu makan, metabolisme yang tepat, dan membantu menjaga berat badan yang optimal.

8. Mencegah Kanker

Dengan kandungan flavonoid dan antioksidan, jambu mete memiliki peran dalam melawan kanker. Proanthocyanidin yang terdapat di dalamnya mampu melawan sel tumor dan mencegah pembelahan sel yang tidak normal. Tembaga dan mineral lainnya dapat mengurangi risiko mutasi sel yang berpotensi menyebabkan kanker.

9. Mencegah Anemia

Jambu mete menjadi sumber zat besi yang efektif dalam menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Hasil penelitian mengungkapkan, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, infeksi, kelelahan, dan masalah kesehatan lainnya. Konsumsi jambu mete secara teratur dapat membantu mencegah masalah tersebut.

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam buah jambu monyet efektif mencegah sembelit dan mendukung sistem pencernaan yang sehat. Serat ini juga bermanfaat dalam diet dan pencegahan diabetes.

Resep Tradisional untuk Kesehatan

Selain dikonsumsi langsung, jambu mete juga dapat dimanfaatkan dalam resep tradisional untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes mellitus, disentri, dan radang mulut. Berikut adalah beberapa resep yang dapat dicoba:

Diabetes Mellitus

  • Bahan: 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya.
  • Cara membuat: Rebus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, lalu saring. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Disentri

  • Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet.
  • Cara membuat: Rebus bersama dengan 1 ½ liter air sampai mendidih, lalu saring. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Radang Mulut

  • Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet.
  • Cara membuat: Rebus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih, lalu saring. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Jambu mete atau jambu monyet bukan hanya sekadar buah lezat untuk dinikmati, merupakan sumber nutrisi yang luar biasa penting bagi kesehatan tubuh. Demikianlah informasi tentang manfaat jambu mete untuk kesehatan, semoga bermanfaat ya.

Referensi

  1. Her Zindagi. Here Are Some Of The Amazing Benefits Of Consuming Cashew Fruit. Diakses pada 2023.
  2. Pemerintah Kota Medan. Kandungan, Manfaatdan Khasiat Jambu Monyet (Mete). Diakses pada 2023.
  3. Finelib. About Health Benefits of Cashew Fruit. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.