tips mengelola thr
Manajemen

Tips Mengelola THR Lebaran Idul Fitri Dengan Baik

Tips mengelola THR – Mendekati hari raya Idulfitri, Anda seharusnya mulai belajar cara mengelola uang Tunjangan Hari Raya (THR) dengan baik. Hal ini karena terkadang setelah menerima tunjangan dari perusahaan, mereka tidak dapat mengelolanya dengan baik sehingga THR habis dengan cepat. Sangat disayangkan jika uang THR habis begitu saja, terutama jika digunakan hanya untuk kegiatan konsumtif.

Padahal, dana tersebut sebenarnya dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih menguntungkan, seperti berinvestasi atau ditabung untuk masa depan. Oleh karena itu, Kami memberikan beberapa tips mengenai cara mengelola uang THR dengan bijak agar tidak habis dengan cepat dan dapat dimanfaatkan untuk masa depan.

Tips Mengelola THR Lebaran Idul Fitri

Berikut tips mengelola THR lebaran:

Siapkan uang untuk zakat fitrah

Membayar zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Islam selama bulan Ramadan. Oleh karena itu, gunakan uang THR untuk memenuhi kewajiban ini dengan memberikan bahan pokok makanan seberat 2,5 kg kepada mustahik atau badan pengurus zakat setempat, atau memberikan uang tunai sesuai nominal harga bahan pokok di daerah sobat.

Baca juga: Iklan adalah: Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis, dan Contoh

Sisihkan untuk berbagi dengan keluarga

Setelah memenuhi kewajiban dan alokasi dana THR, gunakan uang tersebut untuk berbagi dengan sanak saudara di keluarga sobat. Bagikan dengan nominal yang sesuai dengan kemampuan pembayaran sobat dan gunakan amplop lebaran yang lucu dan unik.

Menahan Hasrat Berbelanja Secara Online

Ketika bulan Ramadan tiba dan ada diskon besar-besaran, hasrat untuk berbelanja sulit untuk dibendung, apalagi setelah menerima THR dari perusahaan. E-commerce juga seringkali mengadakan promo besar-besaran selama bulan Ramadan untuk memenuhi kebutuhan menjelang hari raya kemenangan, yang semakin memicu hasrat belanja. Namun, jika tidak hati-hati, uang THR bisa langsung habis dalam sekejap.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya tentukan terlebih dahulu berapa uang yang akan digunakan untuk belanja, dan pisahkan sejumlah uang untuk ditabung. Meskipun cukup sulit dilakukan, tips mengelola THR ini penting untuk dilakukan agar tidak terjebak dalam godaan belanja yang berlebihan.

Baca juga: Niat Puasa Idul Adha: Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah

Pisahkan uang untuk ditabung

Sisihkan sejumlah uang THR untuk ditabung agar dapat menambah jumlah tabungan sobat. Uang THR yang ditabung dapat sangat berguna jika sobat pandai mengelolanya.

Siapkan uang THR untuk karyawan

Jika sobat memiliki asisten rumah tangga atau supir, sebaiknya siapkan uang THR untuk mereka karena uang tersebut akan sangat berguna bagi mereka jika ingin pulang kampung.

Buat rencana pengeluaran

Membuat perencanaan pengeluaran adalah tips mengelola uang THR yang sangat berguna. Gunakan THR dengan bijak dan buat anggaran pengeluaran terlebih dahulu dengan menentukan pengeluaran yang diprioritaskan hingga pengeluaran yang dapat dikurangi.

Baca juga: Niat Sholat Hajat 4 Rakaat Beserta Tata Cara dan Doanya

Melunasi Hutang

Tips mengelola uang THR ini mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya dapat menjadi solusi dan cara yang tepat untuk mengalokasikan uang THR-mu.Sebelum melunasi utang, catat terlebih dahulu jumlah dan sumber utang yang kamu miliki, lalu buat daftar prioritas untuk melunasi utang yang paling penting terlebih dahulu.Daftar prioritas dapat diukur berdasarkan besarnya jumlah utang, urgensi, dan deadline pembayarannya.

Berbagi dengan yang membutuhkan

Sobat juga dapat mengelola uang THR dengan berbagi kepada orang yang membutuhkan. Ini mungkin tidak terdengar seperti tips yang baik, tapi di sekitar kita pasti ada orang yang membutuhkan bantuan. Dengan berbagi dan membantu orang yang kurang mampu, uang THR sobat akan terpakai untuk hal yang bermakna bagi orang lain.

Sisihkan uang untuk dana darurat

Menyisihkan uang THR untuk dana darurat adalah tips mengelola uang THR yang sangat penting. Sobat harus siap mengeluarkan dana untuk keperluan mendadak yang tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, gunakan sebagian dari uang THR untuk menambah simpanan dana darurat.

Baca juga: Google Cendekia: Pencari Sumber Referensi Terpercaya

Merencanakan pengeluaran untuk lebaran selanjutnya

Banyak orang sering lupa untuk meninjau pengeluaran THR mereka, padahal ini adalah salah satu tips penting dalam mengelola uang THR. Setiap tahunnya, kita sebaiknya mengevaluasi pengeluaran kita selama lebaran. Misalnya, jika tahun ini kita mengeluarkan sekitar Rp 15 juta untuk keperluan lebaran, maka kita harus mulai mempersiapkan dana untuk jumlah yang sama untuk tahun depan.

Dengan membuat proyeksi ini, kita bisa mengalokasikan sebagian uang kita setiap bulan untuk keperluan lebaran sehingga THR yang diterima pada tahun depan bisa digunakan untuk investasi atau tabungan.

Kesimpulan

Mengelola uang THR dengan baik adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa tips yang dapat membantu dalam mengelola uang THR, seperti mengalokasikan uang untuk tabungan, melunasi utang, dan mengatur pengeluaran agar tidak boros.

Selain itu, penting juga untuk menghindari godaan untuk berbelanja secara berlebihan saat ada diskon besar-besaran, dan membuat daftar prioritas untuk mengatasi utang yang perlu dilunasi terlebih dahulu. Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan dapat membantu dalam memanfaatkan uang THR dengan bijak dan memperbaiki kondisi keuangan secara keseluruhan.

Referensi

  1. https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id
  2. https://www.um-surabaya.ac.id
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.