Cara Tarik Tunai tanpa Kartu BSI
Teknologi

Cara Tarik Tunai tanpa Kartu BSI

Anda mungkin sudah familiar dengan penggunaan kartu fisik ketika ingin mengambil uang tunai di mesin ATM. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, layanan perbankan semakin inovatif, termasuk di Bank Syariah Indonesia (BSI). Salah satu inovasi terbaru yang cukup populer adalah tarik tunai tanpa kartu.

Mengapa Tarik Tunai Tanpa Kartu?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM BSI, mari kita mengenal lebih dalam mengapa layanan ini semakin populer di era digital seperti sekarang.

  • Layanan tarik tunai tanpa kartu memberikan fleksibilitas lebih dalam mengakses uang Anda. Anda tidak perlu lagi selalu membawa kartu fisik ke mana-mana.
  • Terkadang, kartu ATM bisa hilang atau rusak. Dalam situasi seperti ini, tarik tunai tanpa kartu menjadi solusi yang praktis.
  • Tarik tunai tanpa kartu dapat membantu mengurangi risiko pencurian data di mesin ATM seperti skimming, sehingga nasabah merasa lebih aman saat melakukan transaksi.

Cara Tarik Tunai tanpa Kartu BSI

Cara Tarik Tunai tanpa Kartu BSI

Untuk mengambil uang di ATM BSI tanpa kartu, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Akses aplikasi BSI Mobile di ponsel Anda.
  2. Masukkan identifikasi pengguna (User ID) dan kata sandi (Password) untuk masuk ke dalam aplikasi.
  3. Di halaman utama BSI Mobile, temukan dan klik pada opsi “Tarik Tunai.”
  4. Dalam menu “Tarik Tunai,” pilih “ATM BSI” sebagai lokasi penarikan uang tunai.
  5. Tentukan jumlah uang tunai yang ingin Anda tarik dari ATM BSI.
  6. Setelah menentukan jumlah penarikan, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN BSI Mobile Anda sebagai langkah keamanan tambahan.
  7. Setelah memasukkan PIN, Anda akan menerima resi yang berisikan kode OTP (One-Time Password), yang digunakan untuk mengamankan transaksi Anda.
  8. Berikutnya, datanglah ke mesin ATM BSI terdekat.
  9. Di layar mesin ATM, cari dan pilih opsi “Cardless Withdrawal” (Penarikan Tanpa Kartu).
  10. Di mesin ATM, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon seluler Anda dan kode OTP sesuai dengan yang tertera pada resi BSI Mobile.
  11. Jika semua informasi benar dan sesuai, Anda akan berhasil menarik uang tunai dari mesin ATM BSI tanpa perlu menggunakan kartu fisik.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu Mandiri

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BSI di Indomaret

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BSI di Indomaret

Selain di ATM BSI, Anda juga dapat melakukan penarikan tunai tanpa kartu di toko Indomaret terdekat. Prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi BSI Mobile pada ponsel.
  2. Masukkan identifikasi pengguna (User ID) dan kata sandi (Password) Anda untuk masuk ke dalam aplikasi.
  3. Di halaman utama BSI Mobile, cari dan pilih opsi “Tarik Tunai.”
  4. Pilih opsi “Indomaret” sebagai tempat penarikan uang tunai.
  5. Pilih jumlah uang yang ingin Anda tarik.
  6. Setelah menentukan jumlah penarikan, masukkan PIN BSI Mobile Anda sebagai tindakan keamanan.
  7. Setelah memasukkan PIN, Anda akan menerima resi yang berisikan kode OTP, yang harus Anda gunakan untuk transaksi.
  8. Langkah selanjutnya adalah mengunjungi toko Indomaret terdekat.
  9. Pada saat transaksi di Indomaret, sampaikan kode OTP yang Anda peroleh dari aplikasi BSI Mobile kepada kasir.
  10. Kasir akan memproses permintaan Anda, dan Anda akan berhasil menarik uang tunai tanpa kartu ATM BSI.

Penting untuk diingat bahwa kode OTP yang diterima dari aplikasi BSI Mobile bersifat rahasia dan berlaku selama 2 jam setelah diterimanya kode tersebut. Pastikan Anda tidak melewati batas waktu ini agar transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM BSI atau Indomaret berjalan lancar.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa terdapat batasan nominal penarikan tunai tanpa kartu di Indomaret, yang tersedia dalam denominasi Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 400.000, dan Rp 500.000. Batas transaksi harian untuk tarik tunai tanpa kartu di Indomaret adalah Rp 1 juta.

Baca juga: Apa itu Sistem Informasi?: Tujuan, Fungsi, dan Contohnya

Tips Keamanan Transaksi

Berikut adalah tips penting untuk menjaga keamanan transaksi:

  • Selalu pastikan bahwa PIN mobile banking tetap rahasia. Hindari memberikannya kepada orang lain atau mencatatnya di lokasi yang mudah dijangkau.
  • Pastikan selalu menggunakan koneksi internet yang aman saat mengakses aplikasi mobile banking. Hindari mengaksesnya melalui jaringan Wi-Fi publik yang bisa rawan terhadap ancaman keamanan.
  • Rutin memeriksa aktivitas di rekening adalah langkah yang sangat penting. Ini membantu Anda mendeteksi dengan cepat segala transaksi yang mencurigakan atau tidak diakui.
  • Sebaiknya menghindari meminjamkan ponsel kepada orang lain, terutama jika Anda sudah masuk ke dalam aplikasi mobile banking.
  • Pastikan untuk mengaktifkan pemberitahuan transaksi melalui aplikasi mobile banking. Dengan begitu, Anda akan menerima notifikasi setiap kali ada transaksi yang melibatkan rekening Anda, memberikan Anda kontrol lebih besar terhadap keuangan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan bahwa transaksi keuangan melalui layanan tarik tunai tanpa kartu BSI atau di Indomaret tetap aman dan terjaga dari potensi risiko keamanan. Cukup sekian tips dari Bams, semoga bermanfaat ya.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.