Cara Menjaga Kesehatan Ginjal
Gaya Hidup

7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar Tetap Sehat

Ginjal adalah organ sebesar telapak tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk, tepat di sisi belakang pada kedua sisi. Organ ini memiliki peranan vital dalam tubuh. Ginjal bekerja untuk menyaring zat limbah, kelebihan air, dan kotoran dari darah, kemudian mengumpulkan zat limbah tersebut dalam kandung kemih yang selanjutnya diekskresikan melalui urin.

Selain itu, ginjal juga bertugas mengatur keseimbangan pH, garam, dan kadar kalium dalam tubuh. Selain itu, ginjal menghasilkan hormon yang mengendalikan tekanan darah serta mengatur produksi sel darah merah. Ginjal juga berperan penting dalam mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh dalam penyerapan kalsium untuk membangun tulang dan mengelola fungsi otot.

Karena peranannya yang sangat penting, menjaga kesehatan ginjal menjadi kunci untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh dapat melakukan penyaringan dan eliminasi zat limbah dengan efisien serta memproduksi hormon yang mendukung fungsi tubuh yang optimal.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Berikut cara menjaga kesehatan ginjal yang dirangkum dari beberapa sumber.

Minum Air Putih yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan ginjal, memenuhi kebutuhan cairan adalah suatu hal yang penting. Menurut informasi yang disampaikan dalam buku “Pedoman Kebutuhan Cairan Bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif” yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan bersama dengan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI), kebutuhan cairan bisa dihitung dengan dua metode, yaitu berdasarkan kebutuhan kalori atau berat badan.

Metode Pertama

Berdasarkan kebutuhan kalori, yaitu setiap 1 kalori kebutuhan energi memerlukan 1 mililiter air. Jadi, jika kebutuhan rata-rata kalori harian Anda adalah 2.000 kalori, maka Anda memerlukan sekitar 2,0 liter air per hari.

Metode Kedua

Berdasarkan berat badan, mengatakan bahwa untuk setiap 10 kilogram pertama berat badan, Anda membutuhkan 1 liter air. Untuk 10 kilogram berikutnya, Anda memerlukan 500 mililiter air. Untuk sisa berat badan setiap kilogramnya, diperlukan sekitar 20 mililiter air. Misalnya, jika berat badan Anda adalah 50 kilogram, maka kebutuhan cairan harian Anda akan menjadi 1 liter (untuk 10 kilogram pertama) + 500 ml (untuk 10 kilogram berikutnya) + 600 ml (30 kilogram sisa x 20 ml) = total 2,1 liter per hari.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Karena ginjal bertanggung jawab dalam proses penyaringan darah, masalah kesehatan yang terkait dengan organ ini sering kali disebabkan oleh penyakit yang mempengaruhi sistem peredaran darah, seperti diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, sangat penting menerapkan gaya hidup sehat. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling simpel untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengadopsi pola makan sehat dan bergizi.

Anda dapat mencari makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran juga merupakan cara yang bermanfaat dalam merawat kesehatan ginjal. Selain itu, penting juga untuk memilih makanan yang memiliki keseimbangan ion untuk mendukung kesehatan ginjal.

Baca juga: Manfaat Daun Bidara dan kandungan Nutrisinya

Berolahraga secara Rutin

Berolahraga memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam menjaga kesehatan ginjal. Daripada melakukan olahraga secara terus-menerus dalam satu sesi, lebih disarankan untuk berlatih selama 15 hingga 30 menit secara teratur, tiga kali dalam seminggu. Aktivitas fisik tersebut akan membantu meningkatkan kebugaran tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, serta menjaga berat badan agar tetap stabil.

Menjaga Tekanan darah

Tekanan darah tinggi memang merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ginjal. Oleh karena itu, menjaga tekanan darah agar tetap stabil menjadi hal yang krusial untuk merawat kesehatan ginjal.

Anda dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil dengan menjadwal tidur yang cukup, mengontrol asupan garam agar tidak melebihi 2.000 miligram atau sekitar satu sendok teh per hari, mengelola stres, dan melaksanakan langkah-langkah lain yang diperlukan.

Jika Anda menderita penyakit yang mendasari hipertensi, penting untuk mengikuti perawatan dan pengelolaan penyakit tersebut untuk mencegah komplikasi yang dapat memengaruhi organ tubuh lainnya.

Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan berlebih atau kegemukan dapat meningkatkan tekanan darah, yang memiliki dampak negatif pada ginjal. Untuk itu, upayakan menjaga berat badan agar tetap sehat dengan tetap aktif dan menghindari konsumsi makanan berlebihan.

Menggunakan Indeks Massa Tubuh (BMI) adalah metode yang bermanfaat untuk mengecek apakah berat badan Anda dalam kisaran yang sehat. Anda dapat memanfaatkan kalkulator berat badan sehat untuk menghitung BMI Anda. Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang, seperti berjalan, bersepeda, atau berenang, selama minimal 150 menit setiap minggu untuk mencapai berat badan ideal.

Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan, telah terbukti dapat merusak kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat memicu peningkatan tekanan darah dan berdampak negatif pada fungsi ginjal.

Selain itu, perlu dicatat bahwa rokok mengandung zat beracun yang dapat menghambat sirkulasi darah. Ketika sirkulasi darah terhambat, ginjal akan memerlukan upaya ekstra untuk melakukan proses penyaringan.

Tidak Konsumsi Sembarang Obat

Ketika dalam keadaan tidak terlalu sehat, mungkin Anda merasa keinginan untuk mengambil suplemen, vitamin, atau obat herbal tanpa perencanaan yang matang. Penting untuk memastikan agar konsumsinya tidak berlebihan. Mengonsumsi obat tanpa pengetahuan dosis yang tepat dapat membahayakan fungsi ginjal. Jika Anda merasa memerlukan obat, bijaksanalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang dokter. Menghindari penggunaan obat secara sembarangan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

Demikianlah tips menjaga kesehatan ginjal, semoga dapat bermanfaat ya.

Referensi

  1. National Institute on Drug Abuse. (2020). Kidney Damage. Retrieved 17 Oct 2023, from https://www.drugabuse.gov/drug-topics/health-consequences-drug-misuse/kidney-damage
  2. Health Direct. (2019). Kidney Disease Prevention. Retrieved 17 Oct 2023, from https://www.healthdirect.gov.au/kidney-disease-prevention
  3. National Kidney Foundation. Top 5 Ways to Stop A-Salting Your Kidney. Retrieved 17 Oct 2023, from https://www.kidney.org/content/top-5-ways-stop-salting-your-kidneys
  4. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. (2018). Your Kidneys & How They Work. Retrieved 17 Oct 2023, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/kidney-disease/kidneys-how-they-work
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.