Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, dan Artinya

bacaan ayat kursi

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan ayat kursi – Ayat Kursi adalah salah satu ayat di dalam Al-Qur’a, terletak pada Surah Al-Baqarah ayat ke-255. Ayat ini sering dibaca dan diamalkan oleh banyak umat Muslim karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat.

Dalam setiap kalimat dalam Surat Ayat Kursi, terdapat banyak makna dan arti tentang keutamaan dan manfaatnya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi setiap muslim untuk membaca dan mengamalkan Ayat Kursi dalam kehidupan sehari-harinya untuk mendapatkan keutamaan dan perlindungan dari Allah.

Bacaan Ayat Kursi

Berikut bacaan ayat kursi arab, latin, beserta artinya:

Bacaan Ayat Kursi Arab

bacaan ayat kursi arab
Bacaan Ayat Kursi Arab

Bacaan Ayat Kursi Latin

Allahu la ilaha illa huwa, al-hayyul-qayyum, la ta’khudhuhu sinatun wa la naum, lahuma fis-samawati wa ma fil-ard, man dhal-ladhi yashfa’u ‘indahu illa bi-idhnihi, ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bi shai’im min ilmihi illa bima sha’a, wasi’a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya’uduhu hifdhuhuma, wa huwal ‘aliyyul-‘azim.

Baca juga: Tata Cara dan Niat Sholat Jenazah Laki-Laki dan Perempuan

Terjemahan Ayat Kursi

β€œAllah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

Keutamaan Bacaan Ayat Kursi

Berikut keutamaan membaca ayat kursi:

Di Jaga Malaikat dari Segala Keburukan

Salah satu keutamaan dari Ayat Kursi adalah jika seseorang membacanya secara istiqomah dalam kehidupan sehari-hari, maka dia akan mendapat penjagaan malaikat dari segala macam keburukan, terutama saat berada di luar rumah. Ini berarti bahwa setiap kali seseorang membaca Ayat Kursi, dia akan dilindungi oleh malaikat Allah dari segala jenis bahaya dan ancaman.

Selain itu, ada keutamaan lain dari Ayat Kursi yaitu jika seseorang membacanya sebelum tidur, maka Allah akan menurunkan dua malaikat untuk menjaga tidurnya hingga pagi. Hal ini merupakan bentuk perlindungan Allah bagi hamba-Nya yang membaca dan mengamalkan Ayat Kursi. Jadi, jika seseorang ingin tidur dengan tenang dan terjaga di pagi hari, maka membaca Ayat Kursi sebelum tidur sangat dianjurkan.

Baca juga: Koperasi Simpan Pinjam: Pengertian, dan Fungsinya

Penghalang Setan Masuk Rumah

Tidak hanya itu, Ayat Kursi juga dipercayai dapat menjadi penghalang bagi syaitan. Salah satu riwayat menceritakan bahwa Nabi Muhammad sering membaca Ayat Kursi sebelum masuk rumah agar menjadi penghalang bagi syaitan yang berusaha masuk ke rumah tersebut.

Oleh karena itu, membaca Ayat Kursi juga bisa dijadikan sebagai amalan untuk memohon perlindungan Allah dari godaan syaitan dan segala macam bentuk kejahatan.

Di Kabulkan Seluruh Doanya

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

bacaan ayat kursi

“Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha.” (HR. Ibnu Majah)