Manfaat Kulit Kopi
Gaya Hidup

9 Manfaat Kulit Kopi atau Cascara untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Kopi – Cascara, atau Kulit kopi, adalah lapisan luar buah kopi yang melindungi bijinya. Seringkali, saat biji kopi diolah untuk membuat minuman kopi yang kita nikmati sehari-hari, kulit buahnya diabaikan dan dibuang.

Proses pembuangan tersebut sebenarnya menyia-nyiakan satu sumber daya yang kaya manfaat. Dengan menciptakan teh cascara dari kulit buah kopi, kita dapat mengakses segala kebaikan yang terkandung di dalamnya. Cascara mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin C, seng, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Kulit Kopi atau Cascara untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Kopi
Sumber Gambar: Freepik

Berikut ragam manfaat kulit kopi atau Cascara untuk kesehatan yang kita tangkum dari berbagai sumber.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Konsumsi teh cascara, bersama dengan teh hijau dan kopi, dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini dapat mengurangi risiko resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam cascara membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan seng, memberikan nutrisi penting untuk kesehatan kulit.

3. Kaya Antioksidan

Cascara kaya akan senyawa fenolik, suatu jenis antioksidan yang dikenal karena sifat anti-inflamasi, anti-karsinogenik, dan kemampuannya melawan stres oksidatif. Dengan memasukkan cascara ke dalam rutinitas minum harian, kita memberikan perlindungan tambahan untuk sel-sel tubuh kita.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tak hanya mengandung antioksidan polifenol, tetapi cascara juga kaya akan asam klorogenik. Beberapa riset menunjukkan bahwa zat ini memiliki efek positif dalam mengurangi peradangan, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

5. Menyehatkan Pencernaan

Cascara mengandung serat dalam jumlah yang signifikan, yang dapat membantu mengatur sistem pencernaan kita. Serat ini tidak hanya berperan dalam melancarkan pencernaan, tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

6. Dukungan untuk Probiotik

Selain efek positif pada pencernaan yang sudah kita bahas sebelumnya, cascara juga dapat memberikan dukungan untuk pertumbuhan bakteri baik atau probiotik di usus. Probiotik memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan flora usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Melawan Risiko Penyakit Jantung

Dengan kaya akan serat dan antioksidan, cascara memiliki potensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Antioksidan membantu melindungi sel-sel jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sementara serat bekerja untuk menjaga kolesterol dalam batas normal.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Selain efek positif antioksidan, kafein dalam cascara juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan otak. Kafein dikenal sebagai stimulan yang dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan melawan rasa kantuk. Riset-riset telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dan teh, termasuk teh cascara, dapat menurunkan risiko penurunan fungsi otak yang dapat menyebabkan demensia atau pikun.

9. Melawan Sel Kanker

Antioksidan, terutama polifenol, dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat paparan radikal bebas, yang diketahui menjadi salah satu pemicu kanker. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan atau minuman tinggi antioksidan, termasuk teh cascara, dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

Cara Menikmati Teh Cascara Secara Optimal

Manfaat Kulit Kopi
Sumber Gambar: Freepik

Berikut ini cara sederhana untuk menyajikan teh cascara yang lezat:

  • Tuangkan 3 sendok makan cascara kering ke dalam cangkir.
  • Tambahkan air panas secukupnya dan tunggu selama 5–7 menit hingga warna air seduhan mulai berubah.
  • Saring hasil seduhan dan teh cascara hangat siap untuk dinikmati.

Jika ingin menikmati teh cascara dingin, tambahkan es pada teh cascara tersebut. Dengan cara ini, kita dapat menyesuaikan minuman sesuai selera dan kondisi cuaca.

Batasan Konsumsi dan Perhatian Khusus

Meskipun teh cascara membawa sejumlah manfaat kesehatan, penting untuk tetap memperhatikan batasan konsumsi. Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2–3 gelas teh cascara per hari. Selain itu, hindari mengonsumsinya menjelang tidur malam karena kandungan kafein dapat mengganggu kualitas tidur.

Jika memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menjalani pengobatan khusus, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan teh cascara ke dalam rutinitas harian. Hal ini penting untuk memastikan bahwa konsumsi teh cascara aman dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan. Demikianlah ulasan tentang manfaat kulit kopi, semoga bermanfaat ya.

Referensi

  1. Iriondo-DeHond, A., Elizondo, A. S., Iriondo-DeHond, M., Ríos, M. B., Mufari, R., Mendiola, J. A., … & Del Castillo, M. D. (2020). Assessment of healthy and harmful maillard reaction products in a novel coffee cascara beverage: Melanoidins and acrylamide. Foods9(5), 620.
  2. Iriondo-DeHond, A., Rodríguez Casas, A., & Del Castillo, M. D. (2021). Interest of coffee melanoidins as sustainable healthier food ingredients. Frontiers in Nutrition8, 730343.
  3. Iriondo-DeHond, A., Iriondo-DeHond, M., & Del Castillo, M. D. (2020). Applications of compounds from coffee processing by-products. Biomolecules10(9), 1219.
  4. Gemechu, F. G. (2020). Embracing nutritional qualities, biological activities and technological properties of coffee byproducts in functional food formulation. Trends in food science & technology104, 235-261.
  5. Górecki, M., & Hallmann, E. (2020). The antioxidant content of coffee and its in vitro activity as an effect of its production method and roasting and brewing time. Antioxidants9(4), 308.
  6. Heeger, A., Kosińska-Cagnazzo, A., Cantergiani, E., & Andlauer, W. (2017). Bioactives of coffee cherry pulp and its utilisation for production of Cascara beverage. Food chemistry221, 969-975.
  7. Wong, C. Verywell Health. The Health Benefits of Cascara Sagrada. Diakses pada 2023.
  8. Frey, M. Verywell Health. Cascara Benefits, Side Effects, and Preparations. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.