Manfaat Buah Langsat
Gaya Hidup

9 Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Langsat – Langsat, atau dalam istilah ilmiahnya, Lansium domesticum, merupakan anggota dari keluarga Meliaceae. Bentuknya yang menyerupai duku seringkali membuat orang bingung, tetapi keduanya sebenarnya berasal dari spesies yang sama. Perbedaan mencolok terletak pada kulit yang lebih tipis dan getah yang cenderung lebih berlimpah pada buah langsat.

Bagian yang dapat dikonsumsi dari buah langsat adalah daging buahnya. Meskipun biji langsat tidak berbahaya untuk dikonsumsi, konsumsi biji dapat menghasilkan rasa pahit yang tidak diinginkan. Buah langsat tidak hanya lezat, tetapi juga kaya nutrisi. Polifenol, serat, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi merupakan beberapa kandungan yang membuat buah ini menjadi pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan.

Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Menyadur dari situs https://rsud.sawahluntokota.go.id., berikut ini ragam manfaat buah langsat untuk kesehatan kita.

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa serat larut air dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan menghambat penyerapan lemak jenuh, buah langsat membantu menjaga keseimbangan lipid dalam tubuh.

2. Menjaga Fungsi Saraf

Studi membuktikan, buah langsat kaya akan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1, B2, B3, dan asam folat. Zat-zat ini mendukung proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Khususnya, kandungan B2 yang cukup tinggi membantu menjaga fungsi sistem saraf agar tetap optimal.

3. Mengatasi Sembelit

Dengan dua gram serat per 100 gram buah, langsat menjadi sumber serat alami yang penting. Keberadaan serat membantu mengatasi masalah sembelit dan memenuhi sebagian besar kebutuhan harian kita.

4. Mengontrol Berat Badan

Serat dalam buah langsat tidak hanya membantu pencernaan tetapi juga dapat membantu menjaga berat badan. Kemampuannya membuat merasa kenyang lebih lama membantu menghindari konsumsi makanan berlebihan.

5. Aman untuk Penderita Diabetes

Kandungan serat yang tinggi membantu mengontrol berat badan, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko diabetes. Obesitas, yang seringkali terkait dengan diabetes, dapat dicegah dengan asupan serat yang memadai.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Hasil penelitian mengungkapkan, penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, dapat dihindari dengan bantuan buah langsat. Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam buah ini membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung dapat ditekan dengan mengonsumsi buah langsat secara teratur.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C, yang melimpah dalam buah langsat, memberikan manfaat luar biasa untuk sistem kekebalan tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin C melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat lebih efektif melawan infeksi dan penyakit.

8. Menjaga Kesehatan Gigi

Fosfor yang terdapat dalam buah langsat bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tetapi juga dapat menjaga kesehatan gigi. Senyawa ini telah terbukti mencegah berbagai masalah gigi, termasuk sakit gigi, memperkuat gigi, dan memberikan kilau alami pada gigi.

9. Mencerahkan Kulit

Manfaat buah langsat tidak hanya terbatas pada kesehatan, tetapi juga mencakup kecantikan. Banyak produk perawatan kecantikan mengandung ekstrak langsat karena kemampuannya untuk mencerahkan dan melembapkan kulit. Antioksidan dalam buah ini juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan flek hitam.

Walaupun buah langsat memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, konsumsi yang berlebihan tetap perlu dihindari. Kandungan gula dalam buah ini cukup tinggi, sehingga disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu sering dan dalam jumlah yang berlebihan. Pemilihan variasi buah-buahan dalam pola makan sehari-hari tetap menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan nutrisi.

Buah langsat, dengan segala keunikan dan khasiatnya, membuktikan bahwa keberagaman buah-buahan tropis tidak hanya memberikan kenikmatan rasa tetapi juga manfaat kesehatan yang luar biasa. Hayoo cobain buah yang satu ini.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.