Manfaat Makan Bawang Putih Mentah
Gaya Hidup

8 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah – Bawang putih, selain menjadi bumbu khas, ternyata juga menyimpan beragam manfaat kesehatan ketika dikonsumsi dalam bentuk mentah. Bawang putih, dengan segala aromanya yang khas, adalah umbi yang akrab di meja dapur setiap rumah di Indonesia.

Beberapa kandungan yang dapat ditemukan dalam bawang putih termasuk serat, protein, mangan, vitamin C, selenium, kalsium, dan antioksidan. Namun, keajaiban kesehatan bawang putih juga bersumber dari senyawa sulfur yang terkandung di dalamnya, terutama allicin.

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah
Sumber Gambar: Freepik

Berikut ini ulasan tentang ragam Manfaat Makan Bawang putih mentah untuk kesehatan.

1. Memperkuat Tulang

Penelitian ilmiah mengungkapkan, flavonoid dalam bawang putih membantu menghambat pengeroposan tulang dan meningkatkan pembentukan tulang. Ini membuat bawang putih menjadi pilihan yang efektif untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menemukan bahwa FruArg, turunan karbohidrat dalam bawang putih, dapat melindungi sel-sel otak dari efek penyakit dan penuaan. Dengan memperbanyak sel mikroglia tanpa meningkatkan produksi kadar oksida nitrat dalam otak, bawang putih mentah membantu menjaga kesehatan otak secara menyeluruh.

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mentah dapat memiliki efek yang mirip dengan obat tekanan darah. Allicin dalam bawang putih membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Selain itu, kandungan polisulfida dapat memperlebar pembuluh darah, menghasilkan penurunan tekanan darah yang signifikan.

4. Menurunkan Kolesterol

Bawang putih mentah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Allicin telah terbukti mampu menghambat enzim yang bertanggung jawab atas pembentukan kolesterol, memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung.

5. Melawan Radang, Batuk, dan Pilek

Bawang putih mentah mengandung senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang ini dihancurkan atau dikunyah. Senyawa ini memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiradang, membuatnya menjadi obat alami yang efektif untuk meredakan flu, radang, dan batuk.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Senyawa sulfur aktif dalam bawang putih dipercaya mampu melawan risiko pembentukan dan penyebaran sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin bawang putih mentah dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut, pankreas, kerongkongan, prostat, dan payudara.

7. Mengatasi Jerawat

Bawang putih mentah mengandung allicin, yang memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiseptik, dan antivirus. Ini membuatnya efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan kulit, dan meningkatkan sirkulasi darah. Kombinasi vitamin C, vitamin B6, seng, tembaga, dan selenium dalam bawang putih juga membantu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit.

8. Meningkatkan Kinerja Fisik

Manfaat ini bukanlah hal baru, bawang putih telah digunakan sejak zaman dahulu untuk meningkatkan kinerja fisik, bahkan digunakan oleh atlet Olimpiade Yunani Kuno. Dengan mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas fisik, bawang putih mentah menjadi sahabat tak tergantikan untuk aktivitas sehari-hari.

Cara Terbaik Mengonsumsi Bawang Putih Mentah

Agar manfaat bawang putih dapat dirasakan secara maksimal, konsumsilah bawang putih secara mentah-mentah. Mengolah bawang putih menjadi bumbu makanan bisa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. Idealnya, mengunyah 1-4 siung bawang putih mentah setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

Meskipun bawang putih mentah memberikan sejumlah manfaat luar biasa, penting untuk diingat bahwa ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan, terutama jika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti Isoniazid, pil KB, obat HIV/AIDS, obat antinyeri, dan obat pengencer darah. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengintegrasikan bawang putih mentah ke dalam rejimen kesehatan. Demikianlah informasi tentang manfaat makan bawang putih mentah untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Referensi

  1. Instacare. 9 Amazing Garlic Benefits for Women Sexually. Diakses pada Desember 2023.
  2. Healthline. 11 Proven Health Benefits of Garlic. Diakses pada Desember 2023.
  3. MedicineNet. Is It Okay to Eat a Raw Garlic Clove? Diakses pada Desember 2023.
  4. Melguizo-Rodríguez, L., García-Recio, E., Ruiz, C., De Luna-Bertos, E., Illescas-Montes, R., & Costela-Ruiz, V. J. (2022). Biological properties and therapeutic applications of garlic and its components. Food & Function13(5), 2415-2426.
  5. Ali, S. S., Ahsan, H., Zia, M. K., Siddiqui, T., & Khan, F. H. (2020). Understanding oxidants and antioxidants: Classical team with new players. Journal of food biochemistry44(3), e13145.
  6. Ansary, J., Forbes-Hernández, T. Y., Gil, E., Cianciosi, D., Zhang, J., Elexpuru-Zabaleta, M., … & Battino, M. (2020). Potential health benefit of garlic based on human intervention studies: A brief overview. Antioxidants9(7), 619.
  7. Shabani, E., Sayemiri, K., & Mohammadpour, M. (2019). The effect of garlic on lipid profile and glucose parameters in diabetic patients: A systematic review and meta-analysis. Primary care diabetes13(1), 28-42.
  8. Wang, J., Zhang, X., Lan, H., & Wang, W. (2017). Effect of garlic supplement in the management of type 2 diabetes mellitus (T2DM): a meta-analysis of randomized controlled trials. Food & nutrition research61(1), 1377571.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.