Manfaat Beras Hitam
Gaya Hidup

8 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Beras hitam, atau Oryza sativa L.indica, merupakan varietas beras yang mengandung antosianin dalam jumlah lebih tinggi daripada beras putih konvensional. Ini bukan hanya beras hitam biasa; ini adalah rahasia kuliner yang belum banyak terungkap. Dahulu, beras hitam dianggap sebagai makanan istimewa, hanya layak disantap oleh kalangan bangsawan. Masyarakat umum tidak diizinkan mengonsumsi beras ini. Tidak heran disebut “beras terlarang” atau “forbidden rice.”

Ternyata, label “forbidden” bukan tanpa alasan. Ilmuwan telah mengungkap bahwa beras hitam mengandung antosianin, senyawa antioksidan yang larut dalam air. Fungsi utama senyawa ini adalah melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak kesehatan.

Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Beras Hitam
Sumber Gambar: Freepik

Berikut ini merupakan ragam manfaat beras hitam untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan beras hitam tidak hanya melindungi tubuh dari penyakit, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam dunia di mana kita terus-menerus dihadapkan pada tantangan kesehatan, memiliki daya tahan tubuh yang kuat adalah suatu anugerah.

2. Memperbaiki Sel Hati

Detoks hati menjadi semakin penting dalam gaya hidup modern yang sering kali diwarnai oleh kebiasaan makan yang tidak sehat. Beras hitam membantu memperbaiki sel hati dan melindungi organ ini dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk.

3. Mencegah Gangguan Fungsi Ginjal

Kesehatan ginjal adalah aspek kesehatan yang sering diabaikan. Beras hitam, dengan kandungan mineral yang tinggi, membantu mencegah gangguan fungsi ginjal dan memastikan tubuh tetap seimbang.

4. Mencegah Kanker/Tumor

Antosianin dalam beras hitam telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. Mengonsumsi beras hitam secara teratur dapat menjadi lapisan pertahanan tambahan melawan pertumbuhan sel kanker yang tidak diinginkan.

5. Memperlambat Penuaan

Siapa yang tidak ingin menjaga kulit tetap awet muda? Beras hitam, dengan kandungan antioksidannya, membantu memperlambat proses penuaan dan menjaga keelastisan kulit.

6. Membersihkan Kolesterol dalam Darah

Kolesterol jahat dapat menjadi musuh dalam perjalanan kesehatan jantung. Beras hitam, dengan kadar karbohidrat yang lebih rendah, membantu membersihkan kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.

7. Mencegah Diabetes Mellitus

Bagi mereka yang berjuang dengan diabetes, beras hitam memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti, mengonsumsinya tidak hanya lezat tetapi juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

8. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi membuat beras hitam menjadi makanan yang baik untuk mencegah anemia. Ini adalah berita baik terutama untuk mereka yang membutuhkan asupan zat besi tambahan.

Selain manfaat kesehatan, beras hitam juga menawarkan pengalaman kuliner yang unik. Dengan rasa dan aroma yang khas, beras hitam tidak hanya menjadi pilihan sehat tetapi juga lezat.

Cara Memasak Beras Hitam

Memasak beras hitam memerlukan sedikit perhatian ekstra, tetapi hasilnya sepadan. Berikut adalah beberapa tips untuk memasak beras hitam yang sempurna:

  • Rendam beras hitam selama 30-60 menit sebelum dimasak untuk membantu proses memasak dan memastikan kelembutan yang optimal.
  • Beras hitam membutuhkan takaran air dua kali lipat dari beras putih. Jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak air untuk hasil terbaik.
  • Jika Anda masih asing dengan rasa beras hitam, coba campur dengan sedikit beras putih. Ini akan memberikan tekstur yang mirip nasi putih dan memudahkan penyesuaian selera.
  • Metode pemasakan seperti ditanak memberikan nasi hitam yang lebih pulen dan wangi. Jika Anda menggunakan rice cooker, tambahkan waktu memasak karena beras hitam memerlukan waktu lebih lama.

Beras hitam bukan hanya sekadar nasi berwarna hitam. Ini adalah keajaiban hitam yang penuh dengan nutrisi dan manfaat kesehatan. Dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah penyakit kronis, beras hitam memberikan lebih dari yang dapat kita bayangkan. Selain beras hitam, ternyata beras merah juga membawa manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Referensi

  1. Dinastph Provinsi Lampung. Beras Hitam “Forbidden Rice” yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan. Diakses pada 2023.
  2. Beras Hitam. Data Komposisi Pangan Indonesia. Diakses pada 2023.
  3. Lila M. A. (2004). Anthocyanins and Human Health: An In Vitro Investigative Approach. Journal of biomedicine & biotechnology, 2004(5), 306–313. https://doi.org/10.1155/S111072430440401X. Retrieved 27 May 2021.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.