Cara Mematikan Suara Kamera iPhone
Teknologi

5 Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Kamera iPhone telah menjadi salah satu fitur utama yang sangat digemari oleh para penggunanya. Dengan teknologi kamera yang terus berkembang dari generasi ke generasi, iPhone menjadi salah satu pilihan utama untuk mengambil foto dan video berkualitas tinggi. Namun, ada saat-saat ketika kita ingin tetap memanfaatkan kamera iPhone tanpa mengundang perhatian dengan suara shutter yang khas.

Suara shutter kamera secara tradisional menunjukkan bahwa proses pemotretan telah selesai dan berhasil. Ini bisa menjadi petunjuk berguna bagi pengguna, terutama ketika mereka ingin memastikan bahwa foto telah diambil. Namun, ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin mematikan suara kamera:

  1. Suara kamera dapat memancing perhatian dan membuat situasi menjadi tidak nyaman.
  2. Pada beberapa kasus, mematikan suara kamera untuk menjaga rasa aman dan menghindari situasi yang dapat memunculkan masalah, terutama dalam situasi di mana ingin mengambil foto dengan cepat dan diam-diam.
  3. Beberapa orang hanya merasa lebih nyaman ketika mereka dapat mengambil foto dengan suara yang teredam atau tanpa suara sama sekali, ini membantu mereka menjaga privasi dan menghindari peningkatan perhatian yang tidak diinginkan.

Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Berikut ini lima cara mematikan suara kamera iPhone yang dapat di coba.

1. Aktifkan Silent Mode dengan Tombol di Kiri Layar

Salah satu cara termudah untuk mematikan suara kamera iPhone dengan mengaktifkan “Silent Mode” menggunakan tombol di sisi kiri layar. Ini adalah cara yang cepat dan mudah untuk mematikan suara kamera. Caranya:

  • Di samping kiri iPhone, Anda akan menemukan tombol silent. Geser tombol ini ke bawah (menuju arah yang menandakan mode silent) untuk mengaktifkan silent mode. Sebaliknya, geser tombol ke atas untuk menonaktifkannya.
  • Perhatikan indikator warna pada tombol silent. Warna oranye menunjukkan bahwa silent mode telah diaktifkan, sedangkan warna asli menandakan mode normal.

Tandai bahwa ketika silent mode aktif, ini juga mematikan semua notifikasi suara pada iPhone. Jadi, pastikan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Mengaktifkan VPN di iPhone Tahun 2023

2. Aktifkan Silent Mode Melalui Assistive Touch

Assistive Touch merupakan fitur yang memungkinkan untuk mengontrol perangkat iPhone melalui ikon virtual dan mengaktifkan atau menonaktifkan silent mode. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.
  • Di dalam Pengaturan, cari dan ketuk opsi “Aksesibilitas.”
  • Dalam menu Aksesibilitas, pilih opsi “Sentuh.”
  • Geser tombol “Assistive Touch” ke posisi “Hidup” (warna hijau).

Setelah mengaktifkan Assistive Touch, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan silent mode dengan hanya beberapa ketukan di ikon virtual. Ini membuat penggunaan tombol fisik menjadi kurang diperlukan.

Baca juga: Apa itu Scareware?: Cara Mencegah dan Mengatasinya

3. Menurunkan Volume Suara dengan Tombol di Kanan Layar

Cara lain untuk mematikan suara kamera iPhone dengan menurunkan volume suara hingga ke tingkat terendah. Di samping kanan layar, terdapat tombol volume yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan volume suara. Caranya:

  • Tekan tombol volume yang berada di samping kanan layar hingga mencapai volume paling rendah.
  • Saat volume dalam keadaan paling rendah, suara shutter kamera akan terdiam.

Perlu diingat bahwa cara ini juga mempengaruhi volume suara umum di perangkat, sehingga pastikan untuk mengembalikannya ke tingkat yang sesuai setelah selesai mengambil foto.

4. Menurunkan Volume Suara dengan Assistive Touch

Saat ingin memaksimalkan penggunaan Assistive Touch dan ingin mengurangi pemakaian tombol fisik pada perangkat, Anda dapat mengatur Assistive Touch untuk mengontrol volume suara kamera. Untuk melakukannya:

  • Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.
  • Di dalam Pengaturan, cari dan ketuk opsi “Aksesibilitas.”
  • Dalam menu Aksesibilitas, pilih opsi “Sentuh.”
  • Pilih opsi “Volume” untuk mengatur penggunaan tombol volume melalui Assistive Touch.

Baca juga: 4 Cara Agar Kamera iPhone Tidak Mirror untuk Hasil Memuaskan

5. Gunakan Fitur Live Photos

Fitur Live Photos merupakan cara yang sangat mudah untuk mematikan suara kamera iPhone saat mengambil foto, fitur ini tersedia langsung dalam aplikasi kamera iPhone, jadi Anda tidak perlu mengatur apa pun di pengaturan perangkat. Fitur Live Photos memungkinkan untuk mengambil foto bergerak yang juga merekam suara saat mengambil foto. Namun, suara ini jauh lebih tenang daripada suara shutter kamera yang khas.Cara menggunakannya:

  • Buka aplikasi kamera iPhone.
  • Cari ikon “Live Photos” yang biasanya terletak di bagian atas layar.
  • Saat ikon Live Photos aktif, Anda dapat mengambil foto dengan suara yang sangat tenang.

Perlu diingat bahwa fitur Live Photos hanya tersedia di beberapa model iPhone tertentu. Biasanya, fitur ini berlaku untuk iPhone 6 ke atas dengan sistem operasi iOS 9 ke atas. Dengan fitur Live Photos, Anda dapat mengambil beberapa foto dan memiliki hasil akhir yang bergerak. Suara yang dihasilkan oleh fitur ini lebih tenang daripada suara kamera biasa.

Teruslah menjelajahi berbagai fitur iPhone Anda dan manfaatkan teknologi canggih yang ditawarkan oleh perangkat ini. Happy shooting!

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.