Manfaat Buah Ciplukan
Gaya Hidup

11 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Manfaat Buah Ciplukan – Physalis angulata dikenal dengan berbagai nama tergantung pada daerahnya. Di Jawa Tengah dan DIY, masyarakat biasa menyebutnya Ciplukan, sementara di Bali disebut Ciciplukan. Orang Madura menyebutnya Nyor Nyoran, sedangkan di Jawa Barat, namanya adalah Cecenetan. Keberagaman nama ini mencerminkan sebaran dan popularitas buah ini di berbagai wilayah di Indonesia.

Rasa buah ciplukan sedikit masam dengan sentuhan manis, mirip dengan campuran stroberi, anggur, dan cranberry. Teksturnya yang kenyal dengan biji kecil di dalamnya memberikan pengalaman menyantap buah yang unik dan lezat.

Menariknya, buah ciplukan memiliki harga yang cukup tinggi. Keterbatasan ketersediaan buah ini dapat menjadi faktor utama penyebab harganya yang tinggi. Meskipun begitu, manfaat kesehatan yang luar biasa dan keunikan buah ini membuatnya tetap dicari dan dihargai oleh mereka yang mengenal potensi kesehatannya.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Buah berwarna jingga kekuningan ini kaya akan serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C, B1, B2, B3, dan vitamin A. Selain itu, buah ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, antioksidan beta karoten, dan polifenol. Kandungan ini menjadikan buah ciplukan sebagai sumber nutrisi lengkap yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 16 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mengelola Diabetes

Ciplukan bukan hanya sahabat para penderita diabetes tetapi juga seorang penjaga ketat. Senyawa dalam ciplukan bekerja dengan memperlambat asupan gula sederhana dari karbohidrat, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kesehatan otak kita tidak bisa dianggap enteng, dan buah ciplukan hadir sebagai penyelamat. Kandungan vitamin C-nya membantu mencegah gangguan pada otak, termasuk demensia dan Alzheimer. Sebuah asuransi untuk menjaga daya ingat dan kognisi tetap tajam.

3. Mengatasi Peradangan

Studi terbaru yang dipublikasikan menunjukkan bahwa ekstrak dari sekam ciplukan memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus. Penelitian ini memberikan harapan baru dalam pengelolaan penyakit peradangan usus yang seringkali kompleks.

4. Meningkatkan Kinerja Saluran Kemih

Ciplukan bukan hanya sekadar buah, tetapi juga obat diuretik alami. Kemampuannya untuk memperlancar buang air kecil tidak hanya mencegah infeksi saluran kemih, tetapi juga mengurangi risiko pembentukan batu kandung kemih. Sebuah langkah kecil untuk menjaga kesehatan saluran kemih secara menyeluruh.

5. Menurunkan Kolesterol

Tak hanya cantik, buah ini juga punya hati untuk melindungi jantung kita. Fitosterol dan asam lemak yang terkandung dalam ciplukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sebuah terobosan bagi mereka yang berjuang dengan tantangan kolesterol tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ciplukan adalah sumber vitamin K yang kaya. Vitamin ini tidak hanya memainkan peran penting dalam metabolisme tulang, tetapi juga membantu dalam proses pemecahan dan perbaikan tulang. Kesehatan tulang yang optimal mulai dari buah ciplukan.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Penelitian membuktikan bahwa buah ciplukan memiliki kemampuan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh manusia. Polifenol yang terkandung dalam buah ini menjadi penjaga ketat, menghalangi setiap serangan peradangan yang berusaha mengancam kesehatan kita.

8. Mengatasi Nyeri Sendi dan Rematik

Nyeri sendi dan rematik dapat menjadi mimpi buruk bagi banyak orang. Namun, ciplukan memberikan solusi alami dengan daunnya yang dapat dihancurkan dan diompres bersama jeruk nipis. Sebuah perpaduan yang membawa kenyamanan dan kembali membebaskan gerakan tubuh.

9. Melindungi Organ Hati dan Ginjal

Beberapa studi membuktikan bahwa jus buah ciplukan dapat melindungi hati dan ginjal dari jaringan parut dan racun. Sebuah perlindungan tak terlihat yang menjaga organ-organ vital ini berfungsi dengan optimal.

10. Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning dapat merubah warna kulit kita menjadi kekuningan. Ciplukan hadir sebagai penyembuh dengan kandungan antioksidan seperti saponin, fisalin, flavonoid, dan polifenol. Gejala kuning yang mengganggu dapat diatasi dengan bantuan alami ini.

11. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Studi menunjukkan bahwa lutein dan karotenoid lainnya dalam ciplukan melindungi dari kehilangan penglihatan akibat penyakit kencing manis. Konsumsi rutin buah ini dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula, penyebab utama kebutaan.

Baca juga: 12 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Cara Mengolah dan Menikmati Buah Ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Cara mengolah buah ciplukan dapat bervariasi sesuai selera dan kebutuhan. Beberapa ide pengolahan buah ciplukan meliputi:

  • Tambahkan potongan buah ciplukan ke dalam campuran salad buah untuk mendapatkan rasa yang unik dan menyegarkan.
  • Menaburkan buah ciplukan sebagai topping pada salad sayur dapat menambahkan citra rasa yang berbeda.
  • Buatlah smoothie sehat dengan menambahkan buah ciplukan sebagai salah satu bahan utama.
  • Ciplukan dapat dicelupkan ke dalam saus coklat sebagai pencuci mulut yang lezat.
  • Buat saus dari buah ciplukan untuk menyertai santapan daging atau ikan agar mendapatkan sentuhan rasa yang khas.
  • Olah buah ciplukan menjadi selai yang dapat dinikmati dengan roti atau kue.
  • Menambahkan buah ciplukan sebagai topping pada yoghurt dan granola dapat meningkatkan nilai gizi dari sajian ini.

Ciplukan di Masyarakat dan Harga Pasar

Ciplukan, telah menjadi buah yang semakin populer. Kehadirannya tidak hanya terbatas di pasar tradisional, tetapi juga dapat ditemukan di supermarket dan platform daring (online). Namun, harga ciplukan segar per kilogram bervariasi, mencerminkan keunikan dan ketersediaan buah ini di pasaran. Mulai dari Rp 125.000 hingga Rp 380.000, harganya mencerminkan permintaan tinggi dan jumlah yang terbatas.

Dengan semua manfaat buah ciplukan yang luar biasa, saatnya memberikan tempat yang pantas untuk buah yang satu ini di dalam menu sehat kita. Mari kita jaga dan manfaatkan keajaiban dari buah ciplukan untuk kesehatan yang lebih baik!

Referensi

  1. https://dinkes.gunungkidulkab.go.id/mengenal-tanaman-obat-ciplukan
  2. https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/manfaat-buah-ciplukan-untuk-kesehatan
  3. https://dinkes.sumutprov.go.id/artikel/16-manfaat-buah-cimplukan
  4. https://poltekkespim.ac.id/artikel-populer/ciplukan-enak-rasanya-bermanfaat
  5. https://www.pemkomedan.go.id/artikel-13589-manfaat-tumbuhan-ciplukan-untuk-mengobati-darah-tinggi.html
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.