Manfaat Saffron
Gaya Hidup

10 Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Manfaat Saffron – Saffron, rempah dengan benang merahnya yang tipis dan halus, berasal dari bunga Crocus sativus. Benang merah yang diambil dari bunga Crocus sativus ini bukan hanya sekadar penambah warna dan aroma pada hidangan, tetapi juga menyimpan manfaat untuk kesehatan kita.

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Manfaat Saffron
Sumber Gambar: Freepik

Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang luar biasa untuk mengumpulkan benang saffron yang hanya dapat diperoleh dari bunga Crocus sativus. Bahkan, untuk menghasilkan hanya satu gram benang saffron, diperlukan sekitar 150 bunga. Keunikan ini memberikan kontribusi pada harga tinggi saffron di pasar rempah dunia. Berikut ini ragam manfaat saffron untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengontrol Gula Darah

Penelitian pada tikus dengan diabetes menunjukkan bahwa ekstrak saffron dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Meskipun masih membutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia, hasil ini menarik perhatian untuk pengembangan lebih lanjut.

2. Mencegah Serangan Jantung

Saffron bukan hanya sekadar rempah penyedap, tetapi juga penjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dalam saffron dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, menjadikannya perisai alami terhadap penyakit jantung.

Manfaat saffron tak hanya sampai di situ, rempah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

3. Menurunkan Berat Badan

Ekstrak saffron dapat membuat merasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi keinginan untuk ngemil. Dalam sebuah studi, wanita yang mengonsumsi ekstrak saffron mengalami penurunan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan yang mengonsumsi plasebo.

4. Meringankan Nyeri Haid

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak saffron dapat mengurangi gejala seperti mudah tersinggung, sakit kepala, ngidam, dan nyeri. Saffron tidak hanya memperkaya masakan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup selama periode tersebut.

5. Kesenangan Mood dan Penangkal Depresi

Saffron tidak hanya menambah kelezatan masakan, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati. Dalam penelitian yang dipublikasikan, saffron dinobatkan sebagai “bumbu matahari” karena kemampuannya memperbaiki suasana hati. Ternyata, konsumsi saffron lebih efektif daripada plasebo dalam mengatasi depresi ringan hingga sedang.

6. Melawan Kanker

Potensi saffron untuk melawan sel kanker telah menjadi fokus penelitian serius. Dengan kandungan antioksidan tinggi, saffron mampu menahan pertumbuhan sel kanker pada beberapa jenis kanker seperti usus besar, kulit, prostat, dan payudara.

7. Pertolongan untuk Alzheimer

Penelitian menunjukkan bahwa saffron dapat memiliki peran dalam meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer. Krosin dalam saffron telah terbukti efektif melawan disfungsi kognitif kronis, memberikan harapan untuk perkembangan terapi tambahan dalam menghadapi tantangan neurologis ini.

8. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya untuk kesehatan, saffron juga dapat memberikan manfaat kecantikan. Dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi, saffron dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

9. Memperbaiki Penglihatan

Dengan kandungan antioksidan, antiperadangan, dan neuroprotektifnya, saffron dapat membantu memperbaiki penglihatan pada orang dengan degenerasi makula, memberikan harapan bagi mereka yang mengalami penurunan tajam penglihatan karena faktor usia.

10. Meningkatkan Gairah Seksual

Hasil penelitian menunjukan bahwa, konsumsi harian 30 miligram saffron selama 4 minggu telah terbukti dapat mengatasi disfungsi ereksi pada pria, terutama yang disebabkan oleh efek samping obat antidepresan. Untuk wanita, saffron juga dapat mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks dan meningkatkan libido.

Baca juga: 16 Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah dan Kesehatan

Tips Mengonsumsi Saffron dengan Bijak

Dalam menikmati manfaat saffron, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Sesuaikan dosis saffron sesuai dengan anjuran ahli kesehatan. Lebih tidak selalu lebih baik, dan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.
  • Pastikan saffron yang Anda beli berasal dari produsen atau penjual dengan reputasi baik dan izin edar dari BPOM. Keaslian dan keamanan saffron sangat penting untuk mendapatkan manfaat maksimal.
  • Sebelum memulai konsumsi saffron secara teratur, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Dengan dosis yang tepat dan pemahaman yang benar, kita dapat merasakan keajaiban alam ini tanpa kekhawatiran. Saffron, sebuah bunga mahal dengan manfaat yang melimpah, hadir untuk menginspirasi dan meningkatkan kualitas hidup.

Referensi

  1. Raman, R. Healthline. 11 Impressive Health Benefits of Saffron. Diakses pada 2023.
  2. Medical News Today. Saffron: Health Benefits, Side Effects, and How to Use It. Diakses pada 2023.
  3. Salomon, S. H. (2022). Everyday Health. Saffron: Potential Benefits and How to Use It. Diakses pada 2023.
  4. Sani, A., et al. (2022). A Review of the Anti-Diabetic Potential of Saffron. Nutrition and Metabolic Insights, doi: 10.1177/11786388221095223.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.