Manfaat Biji Nangka
Gaya Hidup

12 Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan

Manfaat Biji Nangka – Banyak orang hanya menikmati buah nangka untuk dagingnya yang manis, tanpa menyadari bahwa biji nangka juga memiliki keajaiban tersendiri. Biji ini telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu, terutama sebagai bahan campuran untuk berbagai hidangan, seperti sayur asam.

Kandungan Gizi Biji Nangka

Manfaat Biji Nangka
Sumber Gambar: CNN Indonesia

Biji nangka kaya akan air, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan berbagai vitamin serta mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zat besi. Penasaran dengan detailnya? Mari kita lihat per 100 gram biji nangka:

  • Air: 51,0 – 64,5 gram (g).
  • Protein: 6,6 – 7,04 g.
  • Lemak: 0,40 – 0,43 g.
  • Karbohidrat: 25,8 – 38,4 g.
  • Serat: 1,0 – 1,5 g.
  • Kalsium: 50 miligram (mg).
  • Magnesium: 54 mg.
  • Fosfor: 38 – 97 mg.
  • Kalium: 246 mg.
  • Natrium: 63,2 mg.
  • Besi: 1,5 mg.
  • Vitamin A: 10 – 17 SI.
  • Tiamin: 0,25 mg.
  • Riboflavin: 0,11 – 0,3 mg.
  • Vitamin C: 11 mg.

Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan

Sekarang, kita akan membahas dengan detil manfaat biji nangka yang akan membuat Anda terkesima. Siap-siap untuk terkejut!

1. Mengontrol Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa biji nangka memiliki senyawa anti-diabetik yang efektif mengatasi penyakit diabetes. Senyawa ini dapat signifikan mengurangi kadar gula darah, sehingga biji nangka sangat disarankan untuk penderita diabetes atau yang memiliki risiko terkena penyakit ini.

2. Mengatasi Anemia

Biji nangka mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kesehatan aliran darah dan mengobati anemia. Kadar zat besi yang cukup dalam biji nangka dapat membantu Anda yang memiliki kadar hemoglobin rendah.

3. Mengurangi Risiko Diare

Sejak zaman dahulu, biji nangka telah digunakan sebagai obat diare alami. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji nangka memiliki sifat anti-mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare. Serat dalam biji nangka juga membantu melancarkan pencernaan.

4. Menurunkan Berat Badan

Bukan hanya menjaga kesehatan sistem pencernaan, biji nangka juga membantu meningkatkan toleransi glukosa, mengurangi obesitas, dan menurunkan kadar kolesterol. Rajin mengonsumsi biji nangka dapat menjadi kunci untuk mencapai berat badan yang sehat.

5. Mencegah Kanker

Biji nangka mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah kanker. Selain itu, biji nangka juga diketahui dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Biji nangka mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi biji nangka secara rutin dapat membantu mencegah penyakit mata seperti rabun senja dan katarak. Jadi, jangan lupakan biji nangka untuk menjaga kesehatan mata.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dengan kadar antioksidan yang tinggi, biji nangka dapat memperbaiki kesehatan kulit dan menunda penuaan dini. Jangan heran jika banyak produk perawatan kulit menggunakan ekstrak biji nangka sebagai bahan utama.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Bukan hanya untuk kulit, biji nangka juga memiliki manfaat luar biasa untuk rambut. Kandungan protein, zat besi, dan vitamin A dalam biji nangka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, dan mencegah uban yang keluar terlalu dini.

9. Menurunkan Kolesterol

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka berpotensi menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan kandungan serat dan prebiotik, biji nangka dapat melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

11. Mencegah Infeksi Bakteri

Biji nangka mengandung senyawa antibakteri yang efektif melawan bakteri, terutama E. coli yang sering menjadi penyebab masalah pencernaan.

12. Mencegah Insomnia

Kaya akan magnesium, biji nangka dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi magnesium dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa. Meskipun studi ini tidak secara spesifik berkaitan dengan magnesium dalam biji nangka, namun potensi manfaatnya perlu dipertimbangkan.

Biji nangka bukan hanya sebagai pelengkap makanan yang enak, namun juga sebagai sumber nutrisi luar biasa yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kecantikan. Jangan lupakan potensi biji nangka berikut kali Anda menikmati buah lezat ini!

Referensi

  1. Bantilan, C. Healthline. Jackfruit Seeds: Nutrition, Benefits, Concerns, and Uses. Diakses Desember 2023.
  2. WebMD. Health Benefits of Jackfruit. Diakses Desember 2023.
  3. Mah, J., & Pitre, T. (2021). Oral magnesium supplementation for insomnia in older adults: a Systematic Review & Meta-Analysis. BMC complementary medicine and therapies, 21(1), 125. https://doi.org/10.1186/s12906-021-03297-z
  4. Rao, A. G., Naik, K. S., Unnikrishnan, A. G., & Joseph, J. (2021). Efficacy of green jackfruit flour as a medical nutrition therapy replacing rice or wheat in patients with type 2 diabetes mellitus: a randomized, double-blind, placebo-controlled study. Nutrition & diabetes, 11(1), 18. https://doi.org/10.1038/s41387-021-00161-4
  5. Waghmare, R., et al. (2019). Jackfruit Seed: An Accompaniment to Functional Foods. Brazilian Journal of Food Technology, 22.
  6. Ranasinghe, R. A. S. N., Maduwanthi, S. D. T., & Marapana, R. A. U. J. (2019). Nutritional and Health Benefits of Jackfruit (Artocarpus heterophyllus Lam.): A Review. International journal of food science, 2019, 4327183. https://doi.org/10.1155/2019/4327183
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.