Manfaat Air Kelapa Tua
Gaya Hidup

19 Manfaat Air Kelapa Tua Disetiap Tetesnya

Manfaat Air Kelapa Tua – Sejak zaman nenek moyang kita, kelapa telah menjadi anugerah alam yang tak ternilai. Dengan berbagai hasil alam, salah satunya adalah air kelapa, yang sudah dikenal sebagai minuman segar dan lezat. Tetapi, tahukah bahwa kelapa tua memiliki keunggulan tersendiri? Perbedaan dalam kandungan nutrisi dan manfaatnya dapat membawa dampak besar pada kesehatan.

Kandungan Gizi dalam Setiap Tetes Air Kelapa Tua

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Freepik

Air kelapa tua merupakan penyedia utama hidrasi dan nutrisi bagi tubuh, dibandingkan dengan kelapa muda, air kelapa tua memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya. Satu gelas air kelapa tua (240 gram) mengandung air sebanyak 228 gram, memberikan rasa segar. Selain itu, air kelapa tua juga mengandung kalori sekitar 45,6 kkal, protein 1,73 g, karbohidrat 8,9 g, gula 6,26 g, serat 2,64 g, kalsium 57,6 mg, magnesium 60 mg, kalium 600 mg, natrium 252 mg, dan vitamin C 5,76 mg. Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa tua menjadi penopang kesehatan tubuh, memberikan energi, menjaga kelembutan kulit, dan mendukung fungsi organ-organ vital.

Baca juga: 16 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Berikut rangkuman dari manfaat air kelapa tua disetiap tetesnya untuk kesehatan tubuh yang telah kita rangkum dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Kalium berperan penting dalam mengatur tekanan darah dan membantu fungsi ginjal secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur, dapat memberikan dukungan tambahan untuk menjaga kesehatan organ penting ini.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan magnesium dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan respons insulin dan mengurangi kadar gula darah. Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, air kelapa bisa menjadi tambahan yang bermanfaat dalam manajemen diabetes.

3. Sebagai Minuman Olahraga Alami

Kandungan elektrolit, terutama kalium, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama aktivitas fisik. Meskipun tidak memberikan dorongan energi sebanyak minuman olahraga komersial, air kelapa tetap merupakan pilihan yang lebih alami dan sehat.

4. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Studi penelitian ilmiah menunjukkan bahwa air kelapa bisa diandalkan sebagai minuman isotonik alami, memberikan manfaat serupa dengan minuman olahraga yang telah dirumuskan secara khusus. Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama aktivitas fisik, menjadikannya pilihan ideal untuk mengatasi dehidrasi.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa tua berperan kunci dalam mencapai efek ini. Konsumsi teratur dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Meskipun masih dalam tahap uji coba laboratorium, penelitian menunjukkan bahwa air kelapa tua mengandung fitohormon yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian ini menunjukkan potensi air kelapa dalam pengobatan kanker hati, meskipun perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya pada manusia.

7. Obat Kumur Alami

Tidak hanya bagian airnya yang bermanfaat, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan, seperti obat kumur alami. Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menjadi alternatif efektif untuk larutan antiseptik konvensional, membantu menjaga kesehatan mulut dan mencegah radang gusi.

8. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Diketahui bahwa air kelapa dapat mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain saluran kemih. Ini disebabkan oleh kemampuannya mengurangi produksi radikal bebas yang muncul sebagai respons terhadap tingginya kadar oksalat dalam urine.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa air kelapa tua dapat berkontribusi dalam menurunkan kadar gula darah. Meskipun penelitian ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia, hasil pada tikus menunjukkan potensi air kelapa dalam mengelola kadar gula darah.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air kelapa mengandung antioksidan yang berasal dari senyawa flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dengan menjaga daya tahan tubuh, air kelapa membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

11. Manfaat untuk Kesehatan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan, membantu mencegah penyakit jantung yang berhubungan dengan hipertensi.

12. Menurunkan Kolesterol

Selain manfaat untuk gula darah, air kelapa tua juga dapat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL yang melindungi pembuluh darah.

13. Menjaga Kesehatan Kulit

Air kelapa tidak hanya memberikan manfaat kesehatan dari dalam, tetapi juga menyehatkan kulit dari luar. Kandungan antioksidan tinggi membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak struktur kulit, menjadikannya pilihan ideal untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan halus dan pigmentasi.

14. Baik untuk Kehamilan

Ibu hamil dapat merasakan manfaat air kelapa tua dalam mengurangi gejala mual atau morning sickness. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa dapat mengurangi gejala mual pada ibu hamil, memberikan kenyamanan tambahan selama masa kehamilan.

15. Membantu Menyeimbangkan Elektrolit Tubuh

Keseimbangan elektrolit merupakan kunci untuk fungsi otot yang optimal dan produktivitas tubuh. Air kelapa mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium, semua elektrolit yang penting untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur, dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit yang diperlukan tubuh.

16. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Antioksidan yang terdapat dalam air kelapa membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengkonsumsi air kelapa secara teratur, dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit kronis dan membantu menjaga kesehatan seluruh sistem tubuh.

17. Manfaat untuk Menyehatkan Kulit

Dengan mengoleskan air kelapa pada kulit, Anda dapat meningkatkan kelembapan dan elastisitasnya. Kandungan vitamin C dalam air kelapa membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

18. Menjaga Keseimbangan Hormon

Kandungan fitohormon dalam air kelapa dapat berkontribusi pada menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon yang seimbang penting untuk fungsi tubuh yang optimal, termasuk metabolisme, mood, dan kesehatan reproduksi.

19. Membantu Pemulihan Pasca Olahraga

Setelah sesi latihan yang intens, tubuh memerlukan rehidrasi dan pemulihan elektrolit. Air kelapa, dengan kandungan elektrolit alaminya, dapat membantu memenuhi kebutuhan ini. Minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga membantu mengurangi kelelahan dan mendukung proses pemulihan otot.

Baca juga: 17 Manfaat Labu Kuning Kukus yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Air Kelapa Muda vs. Air Kelapa Tua: Apa Perbedaannya?

Meskipun kandungan nutrisi air kelapa muda dan air kelapa tua hampir sama, perbedaan utama terletak pada kandungan air dan rasanya.

Jika mencari minuman untuk memenuhi kebutuhan cairan, kelapa muda adalah pilihan yang lebih baik karena mengandung lebih banyak air dibandingkan kelapa tua. Di sisi lain, air kelapa tua memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi, terutama di bagian kentos kelapa yang lebih berat.

Perlu diketahui, baik air kelapa muda maupun tua memiliki manfaat kesehatan yang serupa. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi terhadap rasa dan tingkat kemanisan yang diinginkan.

Baca juga: Mitos atau Fakta? Diet Ekstrim 3 Hari Turun 5 Kg

Cara Menikmati Manfaat Air Kelapa Tua

Berikut beberapa cara untuk menikmati air kelapa tua sehari-hari.

  • Gantilah minuman berkalori tinggi dengan segelas air kelapa tua. Ini bukan hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan tanpa tambahan gula dan kalori berlebih.
  • Setelah berolahraga, jangan ragu untuk mengonsumsi air kelapa tua sebagai minuman olahraga alami. Elektrolit alaminya membantu menggantikan yang hilang selama aktivitas fisik.
  • Coba gunakan minyak kelapa dari buah kelapa sebagai obat kumur alami. Ini tidak hanya efektif dalam menjaga kebersihan mulut tetapi juga memberikan sensasi segar alami.
  • Gunakan air kelapa sebagai toner wajah alami untuk menyegarkan kulit dan memberikan kelembutan. Kandungan antioksidan dan vitamin C-nya akan membantu menjaga kecantikan kulit dari dalam dan luar.
  • Air kelapa tua dapat menjadi tambahan lezat dan sehat dalam smoothie, es krim, atau salad buah. Ini memberikan sentuhan eksotis pada hidangan sehari-hari.

Konsumsilah air kelapa secara bijak, meskipun kaya akan manfaat, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar kalium dalam darah atau hiperkalemia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi untuk mengintegrasikan air kelapa tua ke dalam gaya hidup sehat Anda ya Bamers!

Referensi

  1. 6 Health Benefits of Coconut Water (2023). Cleveland Clinic. Retrieved 17 November 2023, from https://health.clevelandclinic.org/the-health-benefits-of-coconut-water/
  2. Procedia Chemistry. (Diakses pada 17 November 2023). The Effect of Coconut Water (Cocos nucifera L.) and An Isotonic Drink on The Change of Heart Rate Frequency in The Rats Induced Hypertension.
  3. Kumar, S., & Kumari, N. (2023). EFFECT OF COCONUT WATER SUPPLEMENTATION ON BLOOD PRESSURE OF PRIMARY HYPERTENSIVE SUBJECTS. Student’s Journal of Health Research Africa, 4(9), 5-5.
  4. O’Brien, B. J., Bell, L. R., Hennessy, D., Denham, J., & Paton, C. D. (2023). Coconut Water: A Sports Drink Alternative? Sports, 11(9), 183.
  5. Dai, Y., Peng, L., Zhang, X., Wu, Q., Yao, J., Xing, Q., … & Xie, Q. (2021). Effects of coconut water on blood sugar and retina of rats with diabetes. Biochemistry, Biophysics and Molecular Biology, 9, e10667.
  6. Oluwarotimi, E. A., Odubanjo, V. O., Adesanmi, J. I., Alo, O. J., Aminu, R. S., & Faturoti, I. E. (2021). Antioxidant; Coconut water; Drosophila melanogaster; Free radicals; Phenolic compound. Journal of Analytical Techniques and Research, 3(1), 1-13.
  7. FoodData Central Search Results. (n.d.). Retrieved 17 November 2023, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170174/nutrients
  8. Healthline. (Diakses pada 17 November 2023). 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water.
  9. Mayo Clinic. (Diakses pada 17 November 2023). What is coconut water and what’s behind the hype?
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.