Manfaat Terong Belanda
Gaya Hidup

13 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Manfaat Terong Belanda – Terong Belanda, yang memiliki nama ilmiah Solanum betaceum, berasal dari Amerika Selatan, khususnya daerah Amazon. Meski aslinya berasal dari sana, buah ini pertama kali diperkenalkan dan dibudidayakan oleh orang Belanda di Indonesia. Dengan ukuran sebesar telur bebek, buah ini memiliki warna merah kemerahan yang menarik dan kulit yang tipis.

Pohon terong Belanda dapat tumbuh baik pada cuaca tropis dan subtropis. Di Indonesia, terong Belanda banyak dibudidayakan, terutama di daerah Jawa Barat, di mana Belanda pertama kali membudidayakan buah ini.

Kandungan Gizi Terong Belanda

Manfaat Terong Belanda
Sumber Gambar: Kompas.com

Sebelum kita menjelajahi manfaatnya, penting untuk mengetahui kandungan gizi yang dimiliki terong Belanda. Dalam setiap 100 gram, terong Belanda mengandung:

  • Energi: 52 kal
  • Protein: 2,1g
  • Lemak: 1,1g
  • Karbohidrat: 8,6g
  • Serat: 1,4g
  • Kalsium: 16 mg
  • Fosfor: 40 mg
  • Besi: 1,1 mg
  • Karoten Total: 8.048 mcg
  • Tiamin (Vitamin B1): 0,42 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,06 mg
  • Vitamin C: 12 mg

Angka-angka ini mungkin hanya sekadar angka, tetapi sebenarnya, mereka merupakan kunci dari keajaiban Terong Belanda dalam mendukung kesehatan tubuh.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 16 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Sekarang, mari kita telusuri beberapa manfaat hebat yang dapat kita dapatkan dengan mengonsumsi terong Belanda secara rutin.

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Buah ini tidak hanya memberikan manfaat untuk tubuh fisik tetapi juga otak. Fitokimia dalam terong Belanda dapat melindungi sel-sel otak, meningkatkan aktivitas saraf yang sehat, dan membantu dalam pengobatan gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer.

2. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu keunggulan terong Belanda adalah kemampuannya dalam melawan penuaan dini. Antioksidan alami dalam buah ini membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit. Dengan mengonsumsi terong Belanda, Anda dapat memberikan perlindungan tambahan untuk tetap tampil muda dan segar.

3. Menurunkan Berat Badan

Mengingat kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, terong Belanda menjadi pilihan ideal untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi terong Belanda secara teratur dapat menjadi langkah pencegahan efektif terhadap obesitas. Rasa segar dan manisnya membuat terong Belanda menjadi camilan sehat yang tidak hanya lezat tapi juga membantu menjaga berat badan yang optimal.

4. Merawat Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi dalam terong Belanda sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Dengan menjaga kesehatan sistem pencernaan, tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lebih efisien.

5. Mengobati Diabetes

Terong Belanda memiliki indeks glikemik rendah, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes tipe 2. Antioksidan yang terkandung dalam buah ini membantu mengurangi stres oksidatif pada organ-organ penting seperti hati dan pankreas. Asam klorogenat dalam terong Belanda juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengontrol kadar gula darah.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada terong Belanda, meskipun tidak sebanyak pada beberapa buah lain, tetap memberikan dukungan yang penting bagi kesehatan mata. Vitamin A dikenal sebagai nutrisi kunci untuk menjaga fungsi penglihatan dan mencegah masalah mata.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan serat larut, pati, protein, antosianin, dan karotenoid dalam terong Belanda dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Potasium yang tinggi dalam buah ini membantu menormalkan tekanan darah, sedangkan magnesium mengatur fungsi sistem kardiovaskular. Dengan mengonsumsi terong Belanda secara teratur, kita dapat menjaga kesehatan jantung dengan baik.

8. Membantu Mencegah Obesitas

Sebagai bagian dari program penurunan berat badan, terong Belanda dapat menjadi sekutu yang efektif. Kandungan nutrisi yang seimbang membantu menjaga berat badan ideal dan mengurangi risiko kelebihan lemak tubuh.

9. Mengatur Tekanan Darah

Selain membantu kesehatan jantung, asupan terong Belanda yang tepat juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan mineral dan potasiumnya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

10. Meningkatkan Stamina

Keunggulan terong Belanda tidak hanya terletak pada kesehatan tubuh, tetapi juga pada peningkatan stamina. Kandungan vitamin B kompleks dalam buah ini membantu mengatur metabolisme tubuh dan mengubah kalori menjadi energi yang diperlukan.

11. Mencegah Anemia

Terutama penting bagi wanita hamil, terong Belanda dapat membantu mencegah anemia. Kandungan vitamin A, C, E, dan B6 dalam buah ini dapat membantu meredakan gejala anemia, yang sering ditandai dengan kelelahan dan risiko komplikasi selama kehamilan.

12. Memperpanjang Umur

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin vitamin C, yang cukup terdapat dalam terong Belanda, dapat terkait dengan peningkatan umur. Antioksidan dalam buah ini membantu melawan radikal bebas, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan penuaan dini.

13. Menjaga Kelembutan Kulit

Tidak hanya baik untuk kesehatan dalam, terong Belanda juga memberikan manfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam buah ini membantu meningkatkan hidrasi kulit dan menjaga kelembutan. Antioksidan seperti antosianin, fenol, dan flavonoid melindungi kulit dari stres oksidatif dan menjaga keelastisan kulit.

Terong Belanda bukan hanya buah yang enak, tetapi juga penuh dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan kandungan gizi yang kaya, buah ini dapat menjadi tambahan yang baik untuk pola makan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati terong belanda ya.

Referensi

  1. Kasprzak-Drozd, K., Oniszczuk, T., Stasiak, M., & Oniszczuk, A. (2021). Beneficial Effects of Phenolic Compounds on Gut Microbiota and Metabolic Syndrome. International Journal Of Molecular Sciences, 22(7), 3715. doi: 10.3390/ijms22073715.
  2. Journal Of Obesity. Protective Effects of Tamarillo (Cyphomandra betacea) Extract against High Fat Diet Induced Obesity in Sprague-Dawley Rats. Diakses pada 2023.
  3. Khoo, H., Azlan, A., Tang, S., & Lim, S. Anthocyanidins and anthocyanins: Colored pigments as food, pharmaceutical ingredients, and the potential health benefits. Food & Nutrition Research. Diakses pada 2023.
  4. Antioxidants. Antioxidant Potential of Tamarillo Fruits—Chemical and Infrared Spectroscopy Analysis. Diakses pada 2023.
  5. Abdul Kadir, N., Rahmat, A., & Jaafar, H. (2015). Protective Effects of Tamarillo (Cyphomandra betacea) Extract against High Fat Diet Induced Obesity in Sprague-Dawley Rats. Journal Of Obesity, 2015, 1-8. doi: 10.1155/2015/846041.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.