Manfaat Buah Kelengkeng
Gaya Hidup

13 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kelengkeng – Dimocarpus longan Lour atau Kelengkeng, buah yang begitu populer di Indonesia, dikenal dengan rasa manis yang memikat. Keunikan buah ini terletak pada daging buahnya yang juicy dan aroma harum yang begitu khas. Namun, keistimewaan kelengkeng tidak hanya terbatas pada kenikmatan rasanya, melainkan juga pada kandungan nutrisi yang melimpah. Buah ini ternyata merupakan penyimpanan alami sejumlah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam setiap gigitan kelengkeng, akan menemukan serat, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, kalium, serta antioksidan polifenol dan flavonoid.

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kelengekng
Sumber GAmbar: Freepik

Berikut manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Sumber Energi

Buah kelengkeng mengandung sejumlah vitamin B yang berperan dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin B kompleks seperti B1, B2, B3, dan B6 membantu mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Sehingga, buah ini tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan dorongan energi yang mendalam.

2. Mengatasi Peradangan

Kelengkeng bukan hanya melawan radikal bebas, tapi juga membantu mengatasi peradangan. Kandungan vitamin C dalam buah ini memiliki efek antiinflamasi, membantu tubuh dalam meredakan peradangan dan menjaga kesehatan secara optimal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C dalam buah ini berperan sebagai penangkal radikal bebas, membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri. Dengan begitu, buah kelengkeng menjadi sekutu kita dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular yang dapat mengancam.

4. Mencegah Anemia

Zat besi merupakan kunci untuk menghindari anemia, dan buah kelengkeng menjadi sumber yang lezat untuk memenuhi kebutuhan ini. Kandungan zat besi dalam buah kelengkeng merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah. Jadi, tak hanya enak, buah kelengkeng juga menjaga darah kita tetap sehat!

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Mau tampil cantik alami? Buah kelengkeng punya jawabannya! Kandungan vitamin dan antioksidan dalam kelengkeng dapat membuat kulitmu tetap sehat dan bersinar. Tidak perlu produk kecantikan mahal, cukup tambahkan buah kelengkeng dalam pola makanmu untuk mendapatkan kulit yang glowy secara alami.

6. Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Jangan anggap enteng masalah tidur! Bagi Anda yang sering bergulat dengan insomnia, buah kelengkeng bisa menjadi solusi alami. Buah ini dapat menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi, bukan hanya rasa manisnya yang membuat tidurmu lebih nyenyak, tapi juga kandungan alami dari buah kelengkeng.

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Buah kelengkeng dengan kandungan serat tinggi dapat memberikan efek kenyang lebih lama, membantu mencegah kamu dari makan berlebihan, dan menjaga berat badan tetap ideal. Jadi, buah kelengkeng bukan hanya teman ngemil yang enak, tapi juga mitra sehatmu!

8. Pelindung Tubuh dari Radikal Bebas

Kelengkeng, dengan kandungan asam galat dan asam elagatnya, menjadi sekutu kuat dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Penelitian menyatakan bahwa ekstrak kelengkeng dapat mengurangi peradangan akibat radikal bebas. Dengan menjadikan kelengkeng sebagai bagian dari pola makan, memberikan benteng pertahanan tambahan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat merusak kesehatan.

9. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kesehatan tanpa imunitas yang kuat seperti menyelam tanpa alat bantu. Buah kelengkeng mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu. Dengan rajin mengonsumsi buah ini, kamu bisa lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit yang mengintai.

10. Membantu Fungsi Sistem Saraf

Sistem saraf berperan penting dalam menyampaikan informasi dari otak ke seluruh tubuh. Studi ilmiah membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam kelengkeng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat mengganggu fungsi sistem saraf. Sebuah cara alami untuk menjaga agar semua rangsangan dan informasi dapat berjalan dengan lancar dalam tubuh kita.

11. Kekuatan Tulang dan Pencegahan Osteoporosis

Mineral seperti kalsium dan fosfor dalam buah kelengkeng memberikan dukungan kuat untuk kesehatan tulang. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa fosfor dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang secara signifikan. Jadi, tidak hanya susu yang baik untuk tulang, buah kelengkeng juga bisa menjadi pilihan yang lezat untuk menjaga kekuatan tulangmu.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kelengkeng bukan hanya enak di mulut, tapi juga membantu dalam proses penyembuhan luka. Kandungan vitamin C dalam buah ini sangat penting untuk kesehatan jaringan dan meningkatkan penyembuhan luka. Jadi, ketika tubuh mengalami luka, kelengkeng siap menjadi penolong dengan mempercepat proses penyembuhan.

13. Pelindung Otak

Kelengkeng dapat menjadi pelindung otak. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa polisakarida dalam kelengkeng dapat mengurangi kerusakan otak pada pengidap stroke dan meningkatkan enzim antioksidan pada otak. Jadi, dengan menambahkan kelengkeng dalam pola makan dapat memberikan perlindungan ekstra bagi kesehatan otak.

Sebagai penutup, selamat menikmati manfaat kesehatan buah kelengkeng yang tak terhitung banyaknya!

Referensi

  1. Web MD. Benefit of Longan Fruit. Diakses pada 21 November 2023.
  2. Journal of Innovative Food Science & Emerging Technologies. (Tahun tidak diketahui). Antioxidant and Anticancer Activities of High Pressure-Assisted Extract of Longan (Dimocarpus longan Lour.) Diakses pada 21 November 2023.
  3. Longan. Diakses pada 21 November 2023, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169089/nutrients
  4. Lee, A. W., & Cho, S. S. (2015). Association between phosphorus intake and bone health in the NHANES population. Nutrition journal, 14, 28. https://doi.org/10.1186/s12937-015-0017-0
  5. Lee, D. S., Choi, J., Kim, S. SH., & Kim, S. (2014). Ameliorating effects of HX106N, a water-soluble botanical formulation, on Aβ25-35-induced memory impairment and oxidative stress in mice. Biological & pharmaceutical bulletin, 37(6), 954–960. https://doi.org/10.1248/bpb.b13-00906
  6. Prasad, K., Hao, J., Shi, J., Liu, T., Li, J., & Wei, X. et al. (2009). Antioxidant and anticancer activities of high pressure-assisted extract of longan (Dimocarpus longan Lour.) fruit pericarp. Innovative Food Science & Emerging Technologies, 10(4), 413-419. doi: 10.1016/j.ifset.2009.04.003
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.