Manfaat Kacang Arab
Gaya Hidup

10 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Arab – chickpea, atau Kacang Arab, kacang ini tumbuh subur di tanah Timur Tengah dan sering diidentikkan sebagai oleh-oleh khas dari Makkah.. Tanaman ini bukan hanya memberikan kenikmatan dalam rasa, tetapi juga memiliki sejarah panjang sebagai tanaman budidaya tertua.

Kandungan Gizi Kacang Arab

Manfaat Kacang Arab
Sumber Gambar: Freepik

Mari kita mulai dengan melihat apa yang ada di dalam kacang kecil ini. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram kacang Arab mengandung:

  • Air: 11.6 ml
  • Energi: 330 Kalori
  • Protein: 23.8 gram
  • Lemak: 1.4 gram
  • Karbohidrat: 60.2 gram
  • Serat: 17.4 gram
  • Kalsium: 57 miligram
  • Fosfor: 388 miligram
  • Zat besi: 4.7 miligram
  • Natrium: 24 miligram
  • Kalium: 874.3 miligram
  • Zinc: 3.4 miligram
  • Beta karoten: 40 mcg
  • Niasin: 1.5 miligram
  • Vitamin C: 2 miligram

Kacang Arab bukan hanya sumber protein nabati yang luar biasa, tetapi juga mengandung serat vegan dan bebas gluten. Jangan lupakan zat besi, vitamin B-6, choline, dan magnesium yang juga hadir dalam jumlah tinggi.

Baca juga: 10 Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan Serta Cara Membuatnya

Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatan

Sekarang, mari kita telusuri lebih dalam mengenai manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi kacang Arab secara rutin.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Sebuah studi membuktikan bahwa kacang Arab mengandung saponin, senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan beberapa jenis kanker. Vitamin B dalam kacang ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara dan paru-paru.

2. Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Protein dan serat yang terdapat dalam kacang Arab memiliki peran penting dalam mengendalikan nafsu makan. Serat memperlambat proses pencernaan, membuat perut tetap kenyang lebih lama. Sementara itu, protein bekerja meningkatkan hormon penurun nafsu makan, seperti leptin. Penelitian menunjukkan, konsumsi kacang Arab dapat mengurangi nafsu makan lebih efektif dibandingkan dengan makanan lain.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Kacang Arab kaya akan kolin, nutrisi yang berperan dalam mengoptimalkan sistem saraf dan otak. Kekurangan kolin dapat memengaruhi suasana hati, dan konsumsi kacang Arab dapat membantu menjaga kesehatan mental.

4. Menjaga Berat Badan

Efek mengenyangkan dari kacang Arab dapat mendukung program diet Anda. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang Arab secara teratur dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh ke angka normal. Diet tinggi serat, seperti yang ditemukan dalam kacang Arab, secara umum diketahui dapat membantu mengendalikan berat badan.

5. Mengoptimalkan Kesehatan Tulang

Nutrisi seperti zat besi, kalsium, zink, potasium, dan magnesium dalam kacang Arab membantu mengoptimalkan kesehatan tulang, telah dibuktikan dari hasil penelitian ilmiah. Konsumsi rutin dapat menurunkan risiko penyakit tulang, termasuk osteoporosis.

6. Mengatur Gula Darah

Kacang Arab memiliki indeks glikemik yang rendah, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah telah terbukti dapat membantu mengontrol gula darah. Serat dan protein dalam kacang Arab juga berperan dalam mengatur gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat.

7. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Kacang Arab kaya akan zat besi, yang esensial untuk produksi sel darah merah, pertumbuhan fisik, dan perkembangan otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang gejalanya meliputi kelemahan, kelelahan, dan sesak napas. Kacang Arab juga mengandung vitamin C, yang meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat tinggi dalam kacang Arab mendukung fungsi sistem pencernaan. Serat larut dalam air membantu meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus, meningkatkan frekuensi dan konsistensi buang air besar.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kacang Arab merupakan sumber kolin yang penting untuk fungsi otak. Kolin diperlukan untuk produksi neurotransmitter, pembawa pesan kimiawi untuk sel-sel saraf tubuh. Tingginya kandungan magnesium dalam kacang ini juga mendukung kesehatan saraf di bagian otak.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian mengungkapka, kacang Arab mengandung magnesium dan potasium yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan mencegah tekanan darah tinggi. Serat larut dalam kacang Arab juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 10 Manfaat Buah Bidara bagi Kesehatan

Cara Terbaik Mengonsumsi Kacang Arab

Sekarang, dengan semua manfaat kesehatan yang telah diungkap, pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat mengintegrasikan kacang Arab ke dalam pola makan sehari-hari kita? Berikut adalah beberapa cara lezat untuk menikmati manfaat kacang Arab:

  • Buat hummus homemade dengan mencampurkan kacang Arab yang dihaluskan, tahini, jus lemon, bawang putih, dan sedikit minyak zaitun. Sajikan dengan sayuran segar untuk camilan sehat.
  • Taburkan kacang Arab panggang di atas salad untuk memberikan rasa renyah dan tambahan nutrisi.
  • Tambahkan kacang Arab ke dalam sup untuk memberikan protein tambahan dan kelezatan.
  • Panggang kacang Arab dengan sedikit minyak zaitun, garam, dan rempah-rempah favorit Anda untuk camilan sehat yang renyah.
  • Gunakan kacang Arab sebagai tambahan dalam wraps atau sandwich untuk rasa yang lezat dan nutrisi ekstra.

Meskipun kacang Arab dapat memberikan manfaat besar, penting untuk mempertimbangkan kondisi kesehatan. Jika memiliki riwayat alergi terhadap legum, seperti kacang tanah atau kedelai, perhatikan kemungkinan reaksi alergi setelah mengonsumsi kacang Arab.

Tidak perlu menjadi ahli gizi untuk memasukkan kacang Arab ke dalam pola makan sehari-hari. Dengan menyajikannya dalam berbagai hidangan dan camilan, tidak hanya akan menikmati rasa lezatnya, tetapi juga memberikan kontribusi besar bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Referensi

  1. Journal of Food Science and Technology. (2023). Chickpeas Suppress Postprandial Blood Glucose Concentration, and Appetite and Reduce Energy Intake at The Next Meal.
  2. Cervoni, B. Chickpea Nutrition Facts and Health Benefits. Verywell Fit. Diakses pada 2023.
  3. Cleveland Clinic. What Are Chickpeas and Are They Healthy?. Diakses pada 2023.
  4. Elliot, B. 8 Great Reasons to Include Chickpeas in Your Diet. Healthline. Diakses pada 2023.
  5. Nutrients. The Nutritional Value and Health Benefits of Chickpeas and Hummus. Diakses pada 2023.
  6. Data Komposisi Pangan Indonesia. Diakses pada 2023.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.