Cara Screenshot di MacBook
Teknologi

Pelajari 7 Cara Screenshot di MacBook untuk Pemula dan Mahir

Cara Screenshot di MacBook – MacBook merupakan salah satu laptop paling populer di dunia, dan salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh penggunanya adalah kemampuan untuk melakukan screenshot. Screenshot memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah menangkap gambar dari layar MacBook mereka, yang bisa sangat berguna dalam berbagai situasi, mulai dari menyimpan informasi penting hingga berbagi tangkapan layar dengan teman dan rekan kerja.

Screenshot, cara yang sangat efektif untuk menyimpan informasi penting dari layar komputer. Misalnya, jika kita menemukan informasi yang berguna di internet atau ingin menyimpan pesan penting dari teman atau rekan kerja, melakukan screenshot adalah cara tercepat dan termudah untuk melakukannya.

Selain itu, screenshot juga berguna untuk berbagai keperluan lainnya, seperti membuat tutorial atau panduan, berbagi informasi dengan orang lain, atau sekadar menyimpan catatan penting untuk digunakan di kemudian hari. Dengan fitur screenshot yang tersedia di MacBook, kita dapat melakukan semua ini dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menggunakan perangkat lunak tambahan atau proses yang rumit.

Cara Screenshot di MacBook

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot di MacBook, tergantung pada apa yang ingin kita tangkap. Berikut adalah beberapa metode dasar yang dapat digunakan berdasarkan pengalaman pribadi Bams menggunakan macbook pro.

1. Shift + Command + 3

Untuk menangkap seluruh layar di MacBook, cukup tekan tombol Shift + Command + 3 secara bersamaan. Hasil tangkapan layar akan secara otomatis disimpan di desktop kita sebagai file gambar.

2. Shift + Command + 4

Untuk menangkap sebagian layar di MacBook, tekan tombol Shift + Command + 4 secara bersamaan. Arahkan kursor mouse untuk memilih area layar yang ingin di tangkap. Setelah kita selesai memilih, lepaskan tombol mouse untuk melakukan tangkapan layar.

4. Shift + Command + 4 + Space Bar

Untuk menangkap jendela tertentu di MacBook, tekan tombol Shift + Command + 4 + Spasi secara bersamaan. Kursor mouse akan berubah menjadi ikon kamera, dan kita dapat mengklik jendela yang ingin di tangkap. Hasil tangkapan layar akan secara otomatis disimpan di desktop.

5. Shift + Command + 5

Untuk menangkap jendela aktif di MacBook, tekan tombol Shift + Command + 4 + Spasi secara bersamaan, lalu klik pada jendela yang ingin kita tangkap. Hasil tangkapan layar akan disimpan sebagai file gambar di desktop kita.

6. Menggunakan Preview

Salah satu cara lain untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan macOS, yaitu Preview. Buka Preview dan pilih opsi “File” > “Take Screenshot” untuk memilih jenis tangkapan layar yang diinginkan.

7. Menggunakan Grab

Grab merupakan aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di MacBook. Aplikasi ini dapat ditemukan di folder “Utilities” di dalam folder “Applications”. Buka Grab dan pilih opsi “Capture” > “Selection” untuk mengambil tangkapan layar bagian tertentu.

Menyimpan dan Mengedit Tangkapan Layar

Setelah mengambil tangkapan layar, kita dapat menyimpannya dengan mengklik gambar mini yang muncul di sudut kanan bawah layar. Kita juga dapat mengedit tangkapan layar menggunakan aplikasi seperti Preview atau Photoshop sebelum menyimpannya.

Itulah beberapa metode Cara Screenshot di MacBook, semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.