Manfaat Wedang Uwuh
Gaya Hidup

Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan

Manfaat Wedang Uwuh – Minuman khas Yogyakarta ini terbuat dari campuran jahe, kayu secang, kayu manis, serai, kapulaga, gula batu, dan cengkeh. Tampilannya yang khas dengan berbagai rempah-rempah tersebut membuat Wedang Uwuh menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner tradisional. Dalam rempah-rempah ini terkandung berbagai fitokimia yang memberikan manfaat kesehatan. Kandungan yang dapat ditemukan dalam wedang uwuh seperti gingerol, shogaol, sitral, zingiberene, eugenol, geraniol, limonene, citronellol, brazilin, dan saponin.

Perlu dicatat bahwa meskipun namanya Uwuh yang dalam bahasa Jawa berarti sampah, ini hanyalah istilah semata. Wedang Uwuh jauh dari sampah, malah menjadi minuman kesehatan yang diformulasikan secara tradisional untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat wedang uwuh yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Antimikroba

Rempah sereh dan kayu secang dalam Wedang Uwuh memiliki sifat antimikroba, membantu mengobati infeksi mulut dan gigi. Senyawa dalam kayu secang telah terbukti melawan bakteri penyebab kerusakan gigi, menjadikannya pilihan alami untuk menjaga kesehatan oral.

2. Anti Alergi Alami

Kayu secang dalam Wedang Uwuh mengandung senyawa anti alergi yang kuat. Ini membuat minuman ini menjadi opsi yang baik untuk mereka yang memiliki masalah alergi, memberikan perlindungan alami terhadap reaksi alergi yang tidak diinginkan.

3. Antioksidan

Wedang Uwuh mengandung sejumlah besar antioksidan, yang dapat membantu melawan stres oksidatif dan meredakan perkembangan penyakit kronis. Bahan-bahan seperti secang dan cengkeh membuktikan diri sebagai pilihan yang lebih kuat daripada teh, memberikan perlindungan optimal terhadap radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa secang mengandung antioksidan lebih tinggi daripada teh, menjadikannya alternatif yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan harian akan antioksidan. Selain secang, cengkeh juga memainkan peran penting dengan kandungan eugenol yang berperan sebagai antioksidan alami.

4. Anti Inflamasi

Khasiat lain dari Wedang Uwuh adalah sebagai agen anti inflamasi. Rempah-rempah seperti kayu manis dan kapulaga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi, mengurangi peradangan, dan memperbaiki kerusakan jaringan. Studi menunjukkan bahwa kayu manis memiliki sifat anti inflamasi yang tinggi, sedangkan kapulaga membantu melawan peradangan dan melindungi sel dari kerusakan.

5. Antiradang, Antikanker, dan Antijamur

Ekstrak kayu secang dalam Wedang Uwuh memiliki potensi sebagai antiradang, antikanker, dan antijamur. Ini menambah daftar manfaat kesehatan yang luar biasa dari minuman tradisional ini.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dalam sebuah penelitian dari jurnal ilmiah, Wedang Uwuh ditemukan memiliki potensi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan rempah-rempahnya dapat memberikan kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh, sebuah aspek yang krusial terutama dalam masa pandemi.

7. Meningkatkan Fungsi Sel Otak

Selain memberikan aroma yang menenangkan, kayu manis dalam Wedang Uwuh memiliki manfaat spesifik untuk meningkatkan fungsi sel-sel otak. Ini dapat membantu mencegah penyakit degeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

8. Stabilkan Kadar Hemoglobin

Kadar hemoglobin yang rendah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk anemia. Gula batu dalam Wedang Uwuh dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan meregenerasi sirkulasi darah, memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

9. Menyehatkan Pencernaan

Kapulaga, rempah yang kaya rasa pedas manis, tidak hanya memberikan cita rasa khas tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan pencernaan. Kapulaga membantu dalam meningkatkan kesehatan mulut dan gigi, mengurangi peradangan, dan mendukung proses detoksifikasi tubuh.

10. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Cuaca dingin seringkali menyebabkan masalah batuk dan sakit tenggorokan. Wedang Uwuh dengan gula batu memiliki khasiat obat tertentu yang membantu meredakan kondisi tersebut secara efektif. Rempah-rempah dalam minuman ini membantu mengeluarkan lendir berlebih dan memberikan kelegaan pada saluran pernapasan.

11. Penjaga Kesehatan Jantung

Brazilein dalam kayu secang dan potensi penurunan kolesterol dari kayu manis membuat Wedang Uwuh menjadi teman baik bagi kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi bahan-bahan ini dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

12. Menurunkan Kadar Asam Urat

Cengkeh, salah satu bahan dalam Wedang Uwuh, tidak hanya memberikan sensasi rasa yang khas tetapi juga membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, cengkeh juga bermanfaat dalam meredakan batuk, mengatasi mual, dan meredakan sakit gigi.

13. Mengatasi Radang Tenggorokan

Gula batu dalam Wedang Uwuh tidak hanya sebagai pemanis, tetapi juga membawa manfaat kesehatan dengan mengatasi radang tenggorokan. Rasanya yang tidak terlalu manis membuatnya cocok sebagai sumber energi yang sehat dan menyegarkan pernapasan.

Cara Membuat Wedang Uwuh

Untuk menikmati semua manfaat kesehatan ini, Anda dapat dengan mudah membuat Wedang Uwuh di rumah. Berikut adalah resep sederhana yang kita sadur dari situs Halodoc:

Bahan-bahan:

  • Air secukupnya.
  • Kayu secang secukupnya.
  • Beberapa butir gula batu.
  • 4 ruas jahe.
  • 2 batang kayu manis ukuran sedang.
  • 5 butir cengkeh.
  • 3 batang serai.

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih semua bahan dan tiriskan.
  • Gepruk jahe dan serai.
  • Masukkan ke dalam air yang sudah setengah panas di atas kompor.
  • Setelah 2-3 menit, masukkan sisa bahan.
  • Tambahkan gula batu sesuai selera.
  • Saring jika ingin atau nikmati dengan ampas.

Dalam gelombang modernisasi, minuman tradisional seperti Wedang Uwuh membawa kekayaan kesehatan dari bahan-bahan alami. Menggali lebih dalam tentang manfaat luar biasa ini dapat memberikan pandangan baru tentang bagaimana kearifan lokal dapat menjadi kunci untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Mari nikmati kelezatan dan manfaat kesehatan Wedang Uwuh, sebuah harta tersembunyi dari bumi Indonesia yang mempesona ini.

Referensi

  1. Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik, UNY. (2023). Kajian Potensi Wedang Uwuh sebagai Minuman Fungsional. Diakses pada 21 November 2023.
  2. Kajian Minuman Tradisional Wedang Uwuh Dalam Upaya Pengembangan Kesehatan Tradisional di DIY. (2023). Diakses pada 21 November 2023, dari https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/kajian-minuman-tradisional-wedang-uwuh-dalam-upaya-pengembangan-kesehatan-tradisional-di-diy
  3. Mipa.unnes.ac.id. (2023). Potensi Wedang Uwuh di Tengah Pandemi COVID-19. Diakses pada 21 November 2023.
  4. Wedang Uwuh: Efek Samping yang Perlu Diperhatikan – Wedang Uwuh Nusantara. (2022). Diakses pada 21 November 2023, dari https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/wedang-uwuh-nusantara/efek-samping-wedang-uwuh/
  5. Asghari-Jafarabadi, M., & Khalili, L. (2022). The Effect of Ginger (Zingiber officinale) on Improving Blood Lipids and Body Weight; A Systematic Review and Multivariate Meta-analysis of Clinical Trials. Current pharmaceutical design, 28(35), 2920–2943. https://doi.org/10.2174/1381612828666220926093847
  6. Ginger Benefits. (2022). Diakses pada 21 November 2023, dari https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/ginger-benefits
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.