Formasi CPNS 2023 lulusan S1
Hukum

Formasi CPNS 2023 Lulusan S1

Formasi CPNS 2023 lulusan S1 – Perlu diketahui bahwa pendaftaran untuk CPNS akan dimulai pada bulan September 2023. Individu yang tertarik untuk mendaftar dalam rekrutmen besar-besaran pegawai negeri ini telah mulai mempersiapkan langkah-langkahnya.

Sebagai informasi tambahan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan bahwa sebanyak 572.496 posisi Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dibuka.

Dari jumlah tersebut, sekitar 78.862 posisi akan dialokasikan untuk instansi pemerintah pusat, sementara 493.634 posisi akan tersedia di berbagai pemerintah daerah. Alokasi posisi Calon ASN di tingkat pemerintah pusat melibatkan sekitar 28.903 posisi untuk CPNS dan 49.959 posisi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Di tingkat pemerintah daerah, alokasi PPPK akan terfokus pada posisi guru dengan jumlah sekitar 296.084, posisi tenaga kesehatan sebanyak 154.724, dan posisi teknis sekitar 42.826. Para calon pelamar dapat memeriksa informasi lebih lanjut mengenai alokasi posisi di SSCASN ketika proses pendaftaran CPNS 2023 telah dimulai.

Formasi CPNS 2023 Lulusan S1

Berikut adalah beberapa formasi lulusan S1 yang bisa dijajaki untuk melamar jika Anda berminat mengikuti CPNS 2023. Ayo, simak informasinya berikut ini.

Auditor

Posisi Auditor juga terbuka bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan dalam CPNS 2023. Tanggung jawab dari posisi ini adalah melakukan evaluasi terhadap ketaatan terhadap peraturan dan prosedur yang berlaku.

Sebagai Auditor, tugasnya meliputi pemeriksaan untuk mengidentifikasi adanya tindakan yang tidak sesuai (kecurangan) serta memberikan saran untuk memperbaiki sistem jika ditemukan ketidaksesuaian.

Pekerja Sosial

Pekerja sosial merupakan individu yang memiliki peran dalam memberikan dukungan kepada masyarakat dalam menghadapi persoalan sosial, seperti permasalahan ekonomi rendah, tindakan kekerasan, dan pengangguran.

Tanggung jawab pokok pekerja sosial meliputi penyediaan layanan konseling, pemberian bantuan finansial atau materi, serta fasilitasi atas pelayanan sosial.

Analisis Kebijakan

Seorang Analis Kebijakan mempunyai peran dalam melakukan evaluasi terhadap isu-isu kebijakan yang terkait dengan berbagai bidang, termasuk ekonomi, politik, sosial, dan lingkungan.

Selanjutnya, sebagai Analis Kebijakan, tugasnya mencakup analisis data, pemberian saran, serta berkontribusi dalam perancangan kebijakan yang berkaitan dengan sektor-sektor tersebut.

Baca juga: Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA Beserta Syarat dan Dokumen

Penggerak Swadaya Masyarat

Penggerak swadaya masyarakat memiliki peran dalam mengoordinasikan serta memberikan dukungan kepada inisiatif masyarakat yang dilakukan secara mandiri, seperti gerakan sosial, kegiatan sosial, dan program-program pemberdayaan komunitas.

Tanggung jawab utama dari penggerak swadaya masyarakat adalah mengatur acara-acara, menggalang dana, serta memberikan pelatihan atau bimbingan kepada anggota masyarakat.

Widyaiswara

Jika Anda baru mengenal istilah Widyaswara, sebenarnya posisi ini setara dengan peran instruktur atau pengajar. Ke depannya, Anda akan ditempatkan di lembaga pemerintah tertentu untuk memberikan pelatihan dalam suatu program pelatihan tertentu.

Peneliti

Seorang Peneliti adalah individu yang melakukan kajian atau riset di dalam suatu disiplin ilmu pengetahuan atau teknologi.

Tanggung jawab utama dari seorang Peneliti melibatkan perencanaan, pengumpulan, analisis, dan interpretasi data dengan tujuan mengembangkan pemahaman baru atau memecahkan permasalahan.

Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintah Daerah

Posisi lain dalam Formasi CPNS 2023 yang terbuka bagi lulusan S1 dari semua jurusan adalah Pengawasan Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah. Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan evaluasi, pemantauan, dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas penyelenggara urusan pemerintah daerah.

Baca juga: Formasi CPNS dan PPPK KemenKumham 2023

Perencana

Seorang Perencana adalah seorang ahli yang memiliki tugas merencanakan dan mengembangkan strategi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi atau proyek tertentu.

Tugas tambahan dari Perencana meliputi pemantauan kemajuan proyek, evaluasi hasil yang dicapai, serta penyesuaian rencana jika ada kebutuhan.

Pemeriksa

Tugas Pemeriksa adalah untuk melakukan verifikasi lintas terhadap dokumen atau barang tertentu. Keaslian dari dokumen atau barang tersebut harus diungkap dengan akurat dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Selain itu, Pemeriksa juga diharapkan memberikan saran dan rekomendasi mengenai cara penyimpanan dan perawatan dokumen maupun barang tersebut.

Perekarasa

Seorang Perekayasa memegang tanggung jawab dalam merencanakan, membangun, serta mengembangkan beragam jenis sistem, termasuk sistem teknologi, infrastruktur, dan mesin.

Baca juga: 13 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Penyuluh Sosial

Penyuluh sosial memegang peran untuk menyediakan informasi, pendidikan, serta panduan kepada masyarakat dalam berbagai aspek, seperti kesehatan, pendidikan, dan sosial.

Tanggung jawab utama dari penyuluh sosial adalah merancang program-program edukatif, memberikan penyuluhan, serta memantau dampak dari program yang dijalankan.

Syarat Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan S1

Berikut adalah persyaratan pendaftaran CPNS 2023 yang telah diambil dari situs SSCASN berdasarkan penerimaan CPNS pada tahun sebelumnya:

  • Kewarganegaraan Indonesia (WNI) dengan usia minimal 20 hingga 59 tahun.
  • Tidak memiliki catatan pidana atau terlibat dalam kegiatan kriminal.
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI, atau Polri.
  • Tidak sedang menjalani status sebagai ASN, PNS, anggota TNI, Polri, atau siswa yang sedang dalam ikatan dinas.
  • Tidak terlibat sebagai pengurus partai politik.
  • Memiliki pendidikan sesuai dengan formasi yang dilamar.
  • Lulusan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75, dan lulusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan IPK minimal 3,00.
  • Untuk beberapa formasi tertentu, perlu menyertakan sertifikat TOEFL, TOEIC, atau IELTS.
  • Lulusan PTN dan program studi dengan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  • Bersedia untuk berkomitmen dalam pengabdian dan tidak melakukan perpindahan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Posisi-posisi dalam bidang birokrasi ini tidak memerlukan penyesuaian yang berlebihan. Setiap individu mampu menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan pelayanan publik, karena jabatan ini tidak mengharuskan keahlian khusus seperti yang dibutuhkan dalam bidang seperti kedokteran, hukum, keperawatan, dan lain sebagainya. Karena itu, tidak ada persyaratan jurusan tertentu untuk menduduki jabatan-jabatan dalam bidang birokrasi atau pelayanan publik ini.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.