Khazanah

Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Rasulullah

Doa ziarah kubur – Dengan melakukan ziarah, seorang anak menunjukkan pengabdian yang telah diajarkan oleh orang tua mereka. Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada para peziarah untuk memulai dengan menyapa penduduk kubur dengan ucapan salam, lalu membaca surah Al-Quran, berzikir, dan mendoakan mereka yang telah meninggal.

Ziarah kubur bertujuan untuk membaca doa dan berzikir, sehingga orang yang telah meninggal tersebut dapat menerima pahala.

Baca juga: Doa Ziarah Kubur Orang Tua Beserta Tata Caranya

Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Rasulullah

Berikut doanya yang dilangsir dari halaman rumaysho:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

ASSALAMU ’ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU’MINIIN WAL MUSLIM, WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN, WA AS-ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH.

Artinya, “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan para sahabat untuk membaca doa tersebut ketika menuju ke kuburan. Hadits di atas berasal dari Sulaiman bin Buraidah, dari bapaknya. (HR. Muslim, no. 975)

Baca juga: Niat Puasa Arafah Beserta Keutamaannya

Manfaat Doa Ziarah Kubur

Doa ziarah kubur memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh para peziarah dan juga orang-orang yang telah meninggal dunia yang dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari doa ziarah kubur:

Mengenang kebaikan dan menghargai jasa-jasa orang yang telah meninggal dunia

Melakukan ziarah kubur dapat menjadi momen untuk mengenang orang yang telah meninggal dunia. Dengan berdoa dan membaca zikir, kita dapat menunjukkan rasa syukur dan menghargai jasa-jasa mereka selama hidupnya. Hal ini juga dapat membantu kita untuk terus mengingat kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan oleh orang yang telah meninggal tersebut.

Baca juga: Niat Sholat Hajat 4 Rakaat Beserta Tata Cara dan Doanya

Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Dalam ziarah kubur, kita diingatkan bahwa setiap orang pasti akan menghadapi ajal dan kematian. Hal ini dapat menjadi pengingat bagi kita untuk memperbaiki keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa dan zikir di dekat kuburan, kita juga dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT dan memperkuat keyakinan bahwa hidup ini hanya sementara dan kehidupan akhirat adalah tujuan akhir yang harus kita persiapkan.

Menumbuhkan rasa sosial dan kepedulian

Dalam ziarah kubur, kita dapat memperlihatkan rasa kepedulian kepada orang-orang yang telah meninggal dunia dan juga keluarga yang ditinggalkan. Dengan melakukan doa dan memberikan sedekah atau amal lainnya, kita dapat membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. Hal ini dapat menumbuhkan rasa sosial dan kepedulian kita terhadap sesama manusia.

Baca juga: Manipulatif Adalah: Mengenal Prilaku Seseorang

Membawa berkah dan pahala

Dalam Islam, melakukan doa dan zikir memiliki nilai kebaikan dan pahala yang besar. Ketika kita melakukan ziarah kubur dan berdoa di dekat kubur, kita dapat membawa berkah dan pahala kepada orang yang telah meninggal. Doa yang kita panjatkan juga dapat menjadi penolong bagi mereka di akhirat kelak. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya setelah kematian seseorang tidak ada lagi kebaikan yang dapat ia kerjakan kecuali tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholeh.” (HR. Muslim)

Dengan demikian, doa ziarah kubur memiliki banyak manfaat bagi para peziarah dan juga orang-orang yang telah meninggal dunia. Melalui ziarah kubur, kita dapat membawa manfaat baik bagi kita sendiri dan orang lain serta mengingatkan kita akan pentingnya mempersiapkan diri menuju kehidupan akhirat.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.