Cara Pendaftaran BUMN 2023
Hukum

Cara Pendaftaran BUMN 2023 Lulusan SMA/SMK sampai S1/S2

Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan impian banyak individu yang berkeinginan untuk berkarier di sektor pemerintahan. Kesempatan ini bukan hanya untuk lulusan universitas, tetapi juga untuk mereka yang lulus dari sekolah menengah, diploma, atau bahkan sarjana. Tahun 2023 telah membuka pintu kesempatan untuk bergabung dengan BUMN, dan dalam panduan ini, kami akan membahas secara rinci langkah-langkah dan persyaratan pendaftaran BUMN 2023.

Mengapa Bekerja di BUMN?

Sebelum kita membahas cara mendaftar ke BUMN 2023, mari kita pahami mengapa bekerja di BUMN adalah pilihan yang menarik. Ada banyak alasan mengapa individu memilih untuk bergabung dengan BUMN:

Stabilitas Karier

Salah satu alasan utama adalah stabilitas karier yang ditawarkan oleh BUMN. Sebagai perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah, BUMN lebih cenderung memiliki kestabilan dalam hal finansial dan pekerjaan.

Pengembangan Karier

BUMN sering kali menawarkan peluang pengembangan karier yang baik. Mereka sering memiliki program pelatihan dan pengembangan yang dapat membantu karyawan untuk tumbuh dan berkembang dalam pekerjaan mereka.

Manfaat dan Kesejahteraan

BUMN juga sering kali menawarkan manfaat dan kesejahteraan yang baik bagi karyawan mereka, termasuk tunjangan, asuransi, dan program pensiun yang menguntungkan.

Kontribusi pada Pembangunan Negara

Bekerja di BUMN juga memberi kesempatan untuk berkontribusi pada pembangunan negara. BUMN memainkan peran penting dalam ekonomi Indonesia, dan dengan bekerja di sana, Anda dapat berkontribusi pada kemajuan bangsa.

Baca juga: Lowongan Kerja Pertamina 2023 Lulusan SMA sampai S1

Pendaftaran BUMN 2023

Setelah kita memahami mengapa BUMN adalah tempat yang menarik untuk berkarier, sekarang saatnya untuk membahas cara mendaftar ke BUMN tahun 2023. Daftar BUMN 2023 merupakan kesempatan yang patut dicoba, dan ada beberapa hal yang perlu di ketahui sebelum memulai proses pendaftaran.

Pendaftaran BUMN 2023 telah dibuka sejak tanggal 11 Mei 2023. Ini adalah kesempatan emas bagi individu yang ingin mengawali atau melanjutkan karier mereka di BUMN. Pendaftaran ini terbuka untuk berbagai latar belakang pendidikan, mulai dari lulusan SMK, SMA, Diploma, S1, hingga S2.

Pada tahun 2023, terdapat sekitar 2.000 posisi yang dibutuhkan dari total 120 perusahaan pemerintah yang membuka lowongan. Ini berarti ada banyak peluang pekerjaan yang tersedia, dan Anda memiliki kesempatan untuk memilih posisi yang sesuai dengan latar belakang dan minat.

Baca juga: 4 Cara Pembayaran PPG Prajabatan 2023 Gelombang 3

Syarat Pendaftaran BUMN 2023

Sebelum mendaftar, Anda harus memahami persyaratan rekrutmen BUMN. Persyaratan ini dapat bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan dan posisi yang Anda lamar. Berikut adalah persyaratan umum yang perlu diperhatikan:

  1. Harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah.
  2. Usia maksimal untuk pendaftaran BUMN berbeda tergantung pada tingkat pendidikan: SMA/Sederajat: 25 tahun, , D-III: 27 tahun, D-IV/S1: 30 tahun, S2: 35 tahun.
  3. Anda juga harus memenuhi IPK minimum untuk setiap tingkat pendidikan: D-III/D-IV/S1: 3.00 pada skala IPK 4.00, S2: 3.25 pada skala IPK 4.00.
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. BUMN memiliki keberadaan di berbagai lokasi, jadi kesiapan untuk ditempatkan di berbagai tempat adalah kunci.
  5. Beberapa BUMN mungkin memiliki kebutuhan khusus terkait jenis kelamin. Pastikan memeriksa persyaratan untuk posisi yang di lamar.
  6. Dalam keadaan sehat jasmani dan bebas dari narkoba. Ini mungkin akan diuji selama proses seleksi.
  7. Dalam proses pendaftaran, harus melampirkan sejumlah dokumen penting. Dokumen ini termasuk:
  • Foto profil
  • Identitas diri seperti KTP
  • Ijazah atau surat keterangan lulus
  • Transkrip nilai atau hasil ujian sekolah
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) jika diperlukan
  • Sertifikat kompetensi, prestasi, dan kemampuan bahasa Inggris
  • Surat rekomendasi pengalaman kerja jika Anda memiliki pengalaman kerja

Jika Anda memiliki dokumen yang memerlukan lebih dari dua file, seperti ijazah pendidikan di atas dua tingkat, pastikan untuk menggabungkan dokumen tersebut menjadi satu file.

Baca juga: Cara Cek Jadwal SKD CPNS KPK 2023 Berikut Tips Penting

Cara Pendaftaran BUMN 2023

Setelah memahami persyaratan rekrutmen BUMN, saatnya untuk memahami langkah-langkah praktis tentang cara mendaftar. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mendaftar ke BUMN 2023:

  1. Kunjungi situs link pendaftaran BUMN 2023 di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.
  2. Di halaman utama situs web, cari dan klik tombol “Registrasi” yang terletak di pojok kanan atas halaman. Ini adalah langkah awal untuk membuat akun.
  3. Setelah mengklik tombol “Registrasi,” Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi, termasuk nama lengkap, alamat, email, password, dan nomor KTP. Pastikan mengisi data dengan benar. Selanjutnya, centang kotak “I’m not a robot” untuk mengonfirmasi bahwa Anda bukan robot dan klik “Daftar.”
  4. Anda akan menerima email konfirmasi untuk mengaktifkan akun. Buka email tersebut dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkan akun.
  5. Setelah akun diaktifkan, Anda dapat mulai melampirkan dokumen yang diperlukan. Pastikan untuk melampirkan dokumen seperti foto profil, identitas diri (KTP), ijazah atau surat keterangan lulus, transkrip nilai, SKCK (jika diperlukan), serta sertifikat kompetensi, prestasi, dan kemampuan bahasa Inggris. Juga, jika memiliki pengalaman kerja, jangan lupa untuk melampirkan surat rekomendasi pengalaman kerja.
  6. Selanjutnya, akan diminta untuk mengisi data lengkap seperti alamat, informasi keluarga, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, serta pengalaman berorganisasi dan media sosial. Pastikan semua data yang dimasukkan benar dan lengkap.
  7. Pada tahap ini, Anda dapat memilih posisi pekerjaan yang tersedia dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Ingatlah bahwa setiap pelamar hanya dapat melamar satu posisi.
  8. Terakhir, Anda akan diarahkan ke laman “Applicant Journey” di mana dapat memantau proses lamaran. Anda juga akan menerima pemberitahuan melalui halaman “Lamaran Saya” atau email yang didaftarkan mengenai jadwal pengumuman.

Tips Sukses dalam Proses Rekrutmen BUMN

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, ada beberapa tips yang dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam proses rekrutmen BUMN:

  1. Persiapkan Dokumen dengan Baik.
  2. Jangan tunggu hingga saat terakhir untuk mendaftar. Proses pendaftaran biasanya memiliki batas waktu tertentu.
  3. Perhatikan Persyaratan Posisi.
  4. Persiapkan Diri untuk Wawancara.
  5. Perhatikan email dan pesan dari pihak BUMN terkait pendaftaran Anda. Jika Anda diundang untuk wawancara atau tahapan selanjutnya, segera tanggapi dengan baik.

Ingatlah bahwa kesuksesan dalam proses rekrutmen BUMN memerlukan persiapan dan dedikasi. Jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut dan bertanya kepada mereka yang telah berhasil bergabung dengan BUMN. Semoga tips Bams ini membantu Anda dalam perjalanan menuju karier yang sukses di BUMN pada tahun 2023. Selamat mencoba!

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.