Cara Menulis daftar pustaka menggunakan Mendeley Cite
OJS

Cara Menulis Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley Cite

Mendeley adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengelola dan membagikan publikasi ilmiah. Fitur utama Mendeley termasuk:

  • Pengelolaan referensi: Mendeley membantu pengguna mengelola dan menyimpan referensi publikasi ilmiah, seperti jurnal, buku, dan presentasi. Pengguna dapat menambahkan referensi dengan mengimport file PDF atau dengan menggunakan plugin Mendeley untuk mengambil informasi dari situs web.
  • Pembuatan daftar pustaka: Mendeley membantu pengguna membuat daftar pustaka dalam berbagai gaya yang telah dipredefined, seperti APA, Chicago, dan MLA. Pengguna dapat menambahkan item ke daftar pustaka dengan menggunakan plugin Mendeley di Microsoft Word.
  • Penyimpanan dan sinkronisasi: Mendeley menyimpan referensi dan daftar pustaka pengguna di cloud, sehingga dapat diakses dari berbagai perangkat. Pengguna juga dapat mengakses dan membagikan referensi dengan teman-teman yang menggunakan Mendeley.
  • Pencarian: Mendeley memiliki database publikasi ilmiah yang dapat digunakan pengguna untuk mencari referensi yang diperlukan. Pengguna juga dapat mencari referensi di situs web dan menambahkannya ke daftar pustaka dengan menggunakan plugin Mendeley.

Berikut ini merupakan cara menggunakan Mendeley Cite di Microsoft Words

Untuk menulis daftar pustaka menggunakan Mendeley Cite di Microsoft Word, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Menambahkan plugin Mendeley Cite di Microsoft Word

Ada dua cara menambahkan plugin, cara pertama buka Mendeley Reference Manager, klik pada “Tools” dan pilih “Instal Mendeley Cite for Microsoft Word” atau dengan cara kedua buka Microsoft Word, klik “Insert” pada header Microsoft Word pilih “Get Add-ins”.

Cara menggunakan Mendeley Cite di Microsoft Word
Cara pertama
Cara menambahkan item ke daftar pustaka di Microsoft Word
Cara kedua

Klik tombol “Install Plugin” dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.

Menulis daftar pustaka menggunakan Mendeley Cite

Dengan Mendeley Cite yang terinstall di Microsoft Word, Anda sekarang dapat mengelola sumber-sumber referensi dan menulis daftar pustaka. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menulis daftar pustaka:

  1. Buka Microsoft Word dan pilih “Mendeley” dari menu “References”.
  2. Klik “Insert Citation” dan pilih item yang ingin ditambahkan ke daftar pustaka.
  3. Untuk format daftar pustaka sesuai dengan gaya yang diinginkan, Mendeley menyediakan beberapa gaya yang telah dipredefined, seperti APA, Chicago, dan MLA.
Cara memformat daftar pustaka di Microsoft Word

Cara menggunakan gaya yang telah dipredefined di Mendeley

Cara menggunakan Mendeley untuk menulis daftar pustaka di Microsoft Word

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa kesimpulan tentang cara menggunakan Mendeley Cite di Microsoft Word:

  1. Mendeley Cite adalah fitur yang tersedia dalam perangkat lunak Mendeley yang membantu pengguna menambahkan citasi dan daftar pustaka ke dokumen Microsoft Word.
  2. Untuk menggunakan Mendeley Cite, hanya perlu menambahkan plugin Mendeley ke Microsoft Word terlebih dahulu.
  3. Dapat menambahkan citasi dan daftar pustaka dengan menggunakan menu “References” di Microsoft Word.
  4. Dapat menambahkan item ke daftar pustaka dengan mengetikkan nama penulis dan tahun publikasi di dalam kurung, misalnya (Smith, 2020).
  5. Setelah menambahkan item ke daftar pustaka, dapat memformat daftar pustaka sesuai dengan gaya yang telah dipredefined di Mendeley, seperti APA, Chicago, dan MLA.
  6. Mendeley Cite memudahkan pengguna dalam mengelola dan menambahkan citasi dan daftar pustaka ke dokumen Microsoft Word, sehingga mempercepat proses penulisan dan menghasilkan dokumen yang lebih profesional.
  7. Mengutip dengan cara mencantumkan sumber referensi merupakan bentuk penghargaan dan menghargai karya orang lain.
  8. Menghargai karya orang lain berarti menghargai diri sendiri.

Semoga bermanfaat

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.