Cara menggunakan anchor text
OJS

Cara Membuat dan Menggunakan Anchor Text Untuk SEO

Cara membuat anchor text – Anchor text adalah teks yang terdapat dalam tautan hyperlink. Saat seseorang mengklik anchor text, ia akan diarahkan ke halaman web yang terkait dengan tautan tersebut. Anchor text biasanya digunakan untuk mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) suatu website. Anchor text bisa berupa kata-kata yang terdapat di dalam tautan, atau bahkan hanya sekedar ikon.

Baca juga: Tempat Download E-Book Dalam Bahasa Indonesia

Pemilihan anchor text yang tepat dapat membantu meningkatkan ranking website di mesin pencari, seperti Google. Namun, penggunaan anchor text yang berlebihan atau tidak sesuai bisa mengurangi kualitas website dan bahkan mengakibatkan penalaran oleh mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk memilih anchor text yang tepat dan sesuai dengan konteks tautan tersebut.

Jenis Anchor Text

Terdapat beberapa jenis dari teks anchor, tetapi dalam artikel ini kita akan membahas enam jenis teks anchor yang umum digunakan. Berikut adalah keenam jenis teks anchor tersebut:

Exact Match

Jenis teks anchor yang mengandung kata kunci yang sama dengan kata kunci pada halaman yang diarahkan. Exact Match dianggap sebagai jenis teks anchor yang sangat efektif dalam meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Namun, perlu diingat bahwa jika tidak diterapkan dengan benar, hal ini dapat merugikan peringkat situs web Anda.

Partial Match

Jenis teks anchor yang secara umum mirip dengan cocokan tepat, namun Anda bisa menambahkan variasi dalam teks yang ditampilkan, sehingga tidak perlu persis sama dengan kata kunci yang digunakan.

Generik Anchor

Jenis yang umum digunakan. Biasanya, teks generik menggunakan kata-kata seperti “klik di sini,” “unduh sekarang,” atau “baca lebih lanjut” untuk mengarahkan ke tautan situs tertentu.

Naked Anchor Text

Jenis teks anchor ini akan menampilkan teks berupa tautan situs web yang digunakan. Sebagai contoh, jika mengarahkan artikel ke URL “https://bnp.jambiprov.go.id,” maka teks anchor yang ditampilkan juga akan menjadi “https://bnp.jambiprov.go.id.”

Branded Teks

Branded Teks juga termasuk salah satu jenis teks anchor yang umum digunakan. Jenis ini akan menampilkan nama merek pada tautannya. Contohnya, dalam artikel situs web terdapat tautan ke “https://bams.jambiprov.go.id/jeruk-nipis-kandungan-nutrisi-dan-manfaatnya/,” maka teks anchor-nya bisa berupa “Bams.”

Image

Jenis teks anchor ini akan menggunakan teks alternatif pada gambar di situs web sebagai tautan teks anchor yang digunakan.

Cara Membuat Anchor Text untuk SEO yang Menarik

Berikut adalah beberapa cara membuat anchor text yang menarik:

Gunakan kata-kata yang menggugah minat

Anchor text yang menggugah minat akan lebih menarik bagi pengunjung website dan lebih mungkin untuk diklik. Sebagai contoh, anchor text “Temukan rahasia membuat roti yang lembut dan enak” akan lebih menarik daripada anchor text “klik di sini untuk mempelajari cara membuat roti”.

Buat anchor text yang menggunakan emosi

Anchor text yang menggunakan emosi dapat membantu meningkatkan keinginan pengunjung website untuk mengklik tautan tersebut. Sebagai contoh, anchor text “Bagaimana cara membuat roti yang membuat orang terkesan?” akan lebih menarik daripada anchor text “cara membuat roti”.

Gunakan anchor text yang deskriptif

Anchor text yang deskriptif akan membantu mesin pencari dan pengunjung website mengerti apa yang terkandung di dalam tautan tersebut. Sebagai contoh, anchor text “cara membuat roti yang lembut dan enak” lebih deskriptif daripada “klik di sini”.

Buat anchor text yang menggunakan pertanyaan

Anchor text yang berbentuk pertanyaan dapat membantu meningkatkan keinginan pengunjung website untuk mengklik tautan tersebut. Sebagai contoh, anchor text “Bagaimana cara membuat roti yang lembut dan enak?” akan lebih menarik daripada anchor text “cara membuat roti”.

Gunakan anchor text yang singkat dan jelas

Anchor text yang terlalu panjang akan terlihat tidak natural dan tidak menarik bagi pengunjung website. Selain itu, anchor text yang terlalu panjang juga tidak akan mudah dibaca oleh mesin pencari. Oleh karena itu, gunakan anchor text yang pendek dan jelas.

Cara Menggunakan Anchor Text Untuk SEO

Berikut adalah beberapa cara menggunakan anchor text untuk SEO:

Gunakan kata kunci yang relevan

Anchor text yang tepat harus menggambarkan apa yang terkandung di dalam tautan tersebut. Jika tautan tersebut mengarah ke halaman yang membahas tentang “cara membuat roti”, maka anchor text yang tepat adalah “cara membuat roti”, bukan “klik di sini”.

Baca juga: CiteScore Scopus: Cara Menghitungnya

Gunakan anchor text yang unik

Jangan menggunakan anchor text yang sama untuk semua tautan di website. Gunakan anchor text yang unik untuk setiap tautan, agar mesin pencari dapat mengerti apa yang terkandung di dalam setiap tautan tersebut.

Jangan terlalu banyak menggunakan anchor text yang sama

Penggunaan anchor text yang berlebihan dapat mengurangi kualitas website Anda di mata mesin pencari. Oleh karena itu, hindari menggunakan anchor text pada artikel pilar yang sama terlalu banyak, terutama jika anchor text tersebut tidak relevan dengan konten di dalam tautan tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan API Key Scopus di Publish or Perish

Gunakan anchor text yang deskriptif

Anchor text yang deskriptif akan membantu mesin pencari dan pengunjung website mengerti apa yang terkandung di dalam tautan tersebut. Sebagai contoh, anchor text “cara membuat roti” lebih deskriptif daripada “klik di sini”.

Jangan menggunakan anchor text yang terlalu panjang

Anchor text yang terlalu panjang akan terlihat tidak natural dan tidak menarik bagi pengunjung website. Selain itu, anchor text yang terlalu panjang juga tidak akan mudah dibaca oleh mesin pencari. Oleh karena itu, gunakan anchor text yang pendek dan jelas.

Keuntungan Menggunakan Anchor Text Yang Tepat

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan anchor text yang tepat:

Meningkatkan SEO website

Anchor text yang tepat dapat membantu meningkatkan ranking website di mesin pencari, seperti Google. Anchor text yang tepat dapat menunjukkan kepada mesin pencari apa yang terkandung di dalam tautan tersebut, sehingga website Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Menyampaikan informasi yang tepat kepada pengunjung website

Anchor text yang tepat dapat membantu pengunjung website mengetahui apa yang akan mereka temukan di halaman yang terkait dengan tautan tersebut. Dengan demikian, pengunjung website akan lebih terfokus dan terarah saat menjelajahi website Anda.

Baca juga: Sejarah Pancasila dan Perkembangannya di Indonesia

Menarik perhatian pengunjung website

Anchor text yang tepat dapat membuat tautan terlihat lebih menarik dan memikat bagi pengunjung website. Dengan demikian, mereka lebih mungkin untuk mengklik tautan tersebut dan terus menjelajahi website Anda.

Meningkatkan tingkat konversi

Anchor text yang tepat dapat membantu meningkatkan tingkat konversi, yaitu jumlah pengunjung website yang melakukan tindakan yang diinginkan, seperti mengisi formulir atau membeli produk. Dengan demikian, anchor text yang tepat dapat membantu meningkatkan pendapatan.

Faktor Yang Mempengaruhi Anchor Text

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan anchor text, yaitu:

Relevansi dengan konten di dalam tautan

Anchor text yang tepat harus menggambarkan apa yang terkandung di dalam tautan tersebut. Jika tautan tersebut mengarah ke halaman yang membahas tentang “cara membuat roti”, maka anchor text yang tepat adalah “cara membuat roti”, bukan “klik di sini”.

Keyword yang ingin ditingkatkan

Menggunakan anchor text yang berisi kata kunci yang ingin Anda tingkatkan rankingnya di mesin pencari. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan ranking kata kunci “cara membuat roti”, maka Anda bisa menggunakan anchor text “cara membuat roti” pada tautan yang terkait dengan kata kunci tersebut.

Long tail keyword

Anchor text yang berisi long tail keyword bisa lebih efektif.

Singkatan dan akronim

Menggunakan singkatan atau akronim dalam anchor text, pastikan untuk menjelaskan arti dari singkatan atau akronim tersebut di tempat lain di website. Hal ini akan membantu pengunjung website dan mesin pencari memahami apa yang terkandung di dalam tautan tersebut.

Kemampuan baca

Jangan menggunakan anchor text yang terlalu panjang atau sulit dibaca. Anchor text yang mudah dibaca akan lebih menarik bagi pengunjung website dan lebih mudah dipahami oleh mesin pencari.

Penggunaan kata-kata yang tidak sopan atau tidak pantas

Hindari menggunakan kata-kata yang tidak sopan atau tidak pantas dalam anchor text, karena hal ini bisa merugikan reputasi website di mata mesin pencari dan pengunjung website.

Konteks penggunaan

Anchor text yang sesuai dengan konteks penggunaannya akan lebih efektif daripada anchor text yang tidak sesuai dengan konteks tersebut. Sebagai contoh, anchor text “beli sekarang” akan lebih efektif digunakan pada tautan yang mengarah ke halaman produk, daripada anchor text “beli sekarang” yang digunakan pada tautan yang mengarah ke halaman artikel.

Kesimpulan

Anchor text merupakan teks yang terdapat dalam tautan hyperlink dan biasanya digunakan untuk mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) suatu website dalam menulis artikel ilmiah. Penggunaan anchor text yang tepat dapat membantu meningkatkan ranking website di mesin pencari, seperti Google. Namun, penggunaan anchor text yang berlebihan atau tidak sesuai bisa mengurangi kualitas website dan bahkan mengakibatkan penalaran oleh mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk memilih anchor text yang tepat dan sesuai dengan konteks tautan tersebut.

Baca juga: Cara Menulis Artikel Ilmiah Yang Baik dan Benar

Untuk membuat anchor text yang menarik, bisa menggunakan kata-kata yang menggugah minat, menggunakan emosi, menggunakan pertanyaan, atau menggunakan kata-kata yang deskriptif. Selain itu, hindari menggunakan anchor text yang terlalu panjang atau tidak sesuai dengan konteks penggunaannya. Dengan demikian, anchor text yang di buat akan lebih menarik bagi pengunjung website dan lebih efektif dalam meningkatkan SEO website.

Sumber referensi: Jurnal Prajaiswara

Semoga bermanfaat

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.