Open Knowledge Maps
OJS

Pencarian Literatur Ilmiah Dengan Open Knowledge Maps

Open Knowledge Maps adalah organisasi nirlaba yang mengembangkan platform pencarian yang dirancang khusus untuk membantu peneliti menemukan literatur ilmiah yang relevan dengan cepat dan mudah. Platform ini menggunakan peta konsep visual untuk menyajikan informasi literatur dalam bentuk yang lebih intuitif dan mudah dipahami daripada daftar hasil pencarian biasa.

Baca juga: Connected Papers Untuk Penelitian Akademik

Keunggulan utama dari Open Knowledge Maps adalah kemampuannya untuk membantu peneliti menemukan literatur yang terkait dengan topik artikel ilmiah yang sedang diteliti, bukan hanya literatur yang hanya memiliki kata kunci yang sama. Dengan menggunakan peta konsep, pengguna dapat melihat hubungan antara berbagai literatur secara visual dan dengan mudah menemukan sumber yang paling relevan.

Pencarian Literatur Ilmiah dengan Menggunakan Open Knowledge Maps

Pencarian literatur ilmiah adalah proses menemukan sumber-sumber literatur ilmiah atau referensi yang relevan dengan topik penelitian atau bidang ilmu tertentu, Pencarian literatur ilmiah biasanya dilakukan dengan menggunakan database pencarian literatur seperti Google Scholar, JSTOR, atau PubMed dan BASE.

Baca juga: Cara Membuat Website Terindeks oleh Google

Platform ini menggunakan peta konsep visual untuk menyajikan informasi literatur dalam bentuk yang lebih intuitif dan mudah dipahami daripada daftar hasil pencarian biasa. Peneliti dapat melihat hubungan antara berbagai literatur secara visual dan dengan mudah menemukan sumber yang paling relevan dengan topik yang sedang diteliti.

open knowledge maps untuk menemukan referensi penelitian

Baca juga: Cara Migrasi Dari Mendeley ke Zotero Dengan File BibTex

Menemukan Literatur yang Relevan

Untuk menemukan literatur yang relevan, peneliti biasanya menggunakan kata kunci yang terkait dengan topik yang sedang diteliti. Namun, cara ini tidak selalu memberikan hasil yang optimal, karena seringkali hanya memberikan literatur yang memiliki kata kunci yang sama, bukan literatur yang sebenarnya terkait dengan topik yang sedang diteliti. Pada artikel kali ini kita menggunakan kata kunci “Industry 4.0”, maka terlihat pada gambar peta dibawah ini hubungan literatur yang saling terkait dengan kata kunci “Industry 4.0”.

cara menggunakan open knowledge maps

Baca juga: Cara Mengaktifkan Notifikasi Email Dengan Gmail di OJS 3

Ketika kita klik bundaran yang bertulisan “4.0 technologies, business management strategies, emerging technologies, akan ditemukan kumpulan artikel yang terkait dengan topik tersebut.

tutorial open knowledge maps

Baca juga: VOSviewer: Bibliometric Analysis Tools for Industry 4.0 and Supply Chain

Menyimpan dan Membagikan

Peneliti dapat menyimpan peta konsep yang telah dibuat dan membagikannya kepada orang lain melalui tautan yang diberikan oleh platform. Ini berguna bagi peneliti yang ingin membagikan hasil penelitiannya dengan rekan-rekan atau menyimpan peta konsep untuk keperluan penelitian di masa mendatang. Untuk membagikan peta konsep tersebut, tinggal kita share melalui email atau tweeter, sedangkan untuk menyimpan bisa langsung mendownload file pdf artikel tersebut.

fitur open knowledge maps untuk mencari literatur

Baca juga: Tutorial Mengganti Font Default di OJS 3

Mengakses Statistik Penggunaan dan Pertumbuhan Koleksi Literatur

Platform ini menyediakan statistik penggunaan yang berguna bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana peta konsep yang telah dibuat telah digunakan oleh orang lain, serta mengetahui pertumbuhan koleksi literatur yang tersedia di platform.

Tersedia Secara Gratis

Open Knowledge Maps tersedia secara gratis bagi pengguna dan didukung oleh donasi dari individu dan organisasi yang mendukung misi Open Knowledge Maps untuk membantu peneliti menemukan dan memanfaatkan informasi ilmiah yang tersedia secara online.

Intuitif dan Mudah dipahami

Dengan menggunakan peta konsep visual, informasi literatur yang tersedia di Open Knowledge Maps lebih mudah dipahami dan lebih intuitif daripada daftar hasil pencarian biasa. Ini sangat bermanfaat bagi peneliti yang ingin memahami hubungan antar literatur secara visual.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Open Knowledge Maps merupakan platform yang sangat berguna bagi para peneliti yang ingin menemukan literatur ilmiah atau sumber referensi yang relevan dengan cepat dan mudah, serta memahami hubungan antar literatur secara visual. Platform ini juga sangat bermanfaat bagi para pengelola koleksi literatur yang ingin menyajikan informasi literatur dalam bentuk yang lebih intuitif dan mudah dipahami bagi pengguna. Selain Open Knowledge Maps, masih ada platform yang sangat berguna untuk mencari sumber referensi seperti Connected Papers.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.