Cara Cek Jadwal SKD CPNS 2023
Hukum

Cara Cek Jadwal SKD CPNS 2023 dan Link Instansinya

Selamat datang, para pahlawan masa depan! Bagi Anda yang telah melewati tahap seleksi administrasi CPNS 2023, sekarang saatnya untuk bersiap menghadapi ujian seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD adalah batu ujian yang akan menguji pengetahuan dan keterampilan dasar sebagai calon pegawai negeri sipil. Anda mungkin merasa gugup, namun jangan khawatir, karena telah berada di tempat yang tepat untuk mengetahui cara cek jadwal SKD CPNS 2023.

Apa itu SKD CPNS?

SKD, atau Seleksi Kompetensi Dasar, merupakan salah satu tahap seleksi dalam proses penerimaan CPNS. Tahap ini memiliki tujuan untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dasar calon pegawai negeri sipil. Tes SKD terdiri dari tiga bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): Tes ini berfokus pada pengetahuan umum tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, UUD 1945, sejarah, dan nilai-nilai kebangsaan lainnya.
  • Tes Inteligensi Umum (TIU): Tes ini mengukur kemampuan intelektual dalam berpikir logis, analitis, dan penalaran verbal.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP): Tes ini menilai karakteristik pribadi, seperti kemampuan berkomunikasi, integritas, motivasi, dan sikap profesional.

Setiap bagian SKD memiliki jumlah soal yang berbeda, dan Anda harus mencapai ambang batas yang ditetapkan untuk masing-masing bagian. Dengan demikian, persiapan yang matang sangat penting untuk meraih kesuksesan dalam tes ini.

Baca juga: Cara Cetak Kartu Ujian PPPK dan CPNS 2023

Jadwal SKD CPNS 2023

Anda mungkin bertanya-tanya, kapan tepatnya jadwal SKD CPNS 2023? Berdasarkan Surat Edaran No. 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara, pelaksanaan tes SKD CPNS akan berlangsung selama 10 hari, yaitu mulai dari tanggal 9 November hingga 18 November 2023. Jadi, Anda memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Namun, sebelum dapat mengikuti tes SKD pada tanggal tersebut, ada tahap penting sebelumnya yang harus Anda lewati. Pada tanggal 1-4 November 2023, akan dilakukan penjadwalan SKD CPNS. Barulah setelah tahap ini selesai, Anda dapat mengetahui tempat, waktu, dan tanggal pelaksanaan tes SKD, yang dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 5-8 November 2023.

Cara Cek Jadwal SKD CPNS 2023

Cara Cek Jadwal SKD CPNS 2023

Sekarang, mari kita fokus pada langkah-langkah praktis tentang bagaimana cara cek jadwal SKD CPNS 2023. Untuk memastikan mendapatkan informasi terbaru, pastikan Anda mengikuti panduan ini pada waktu yang tepat, sesuai dengan tanggal pengumuman resmi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Untuk memulai proses pemeriksaan jadwal SKD, buka situs resmi SSCASN BKN di sscasn.bkn.go.id.
  2. Setelah berada di halaman utama SSCASN BKN, cari menu “Layanan Informasi.” Biasanya, menu ini dapat ditemukan di bagian atas halaman web.
  3. Di dalam menu “Layanan Informasi,” cari dan pilih opsi “Jadwal Ujian.” Ini adalah langkah penting untuk memeriksa jadwal SKD Anda.
  4. Selanjutnya memilih “Jadwal Ujian,” halaman web akan menampilkan jadwal ujian untuk setiap instansi. Anda akan melihat informasi tentang tanggal, waktu, dan tempat pelaksanaan tes SKD sesuai dengan instansi yang di lamar.
  5. Temukan nama instansi atau kementerian yang di lamar dalam daftar jadwal. Pastikan mengikuti jadwal yang sesuai dengan instansi tersebut.
  6. Setelah menemukan jadwal SKD, sebaiknya Anda menyimpan atau mencatat informasi tersebut. Ini akan membantu merencanakan perjalanan dan persiapan dengan lebih baik.

Catatan Penting:

  • Pastikan menggunakan situs resmi SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id) untuk mengakses informasi jadwal SKD. Hindari mengunjungi situs-situs yang tidak terpercaya atau tautan yang mencurigakan.
  • Periksa jadwal secara berkala dan pastikan Anda memahami semua detail yang terkait dengan tes SKD.
  • Jika memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, dapat menghubungi pihak terkait atau mengunjungi kantor BKN terdekat.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Rekrutmen Mitra BPS 2024

Lihat Jadwal Ujian untuk Setiap Instansi

Di sini, Anda dapat mencari instansi atau lembaga yang di ikuti dan melihat jadwal tes SKD yang telah ditentukan. Berikut tautan linknya:

  • Badan Intelijen Negara (BIN) di https://sscasn.bin.go.id/.
  • Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di https://casn.brin.go.id/.
  • Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN di https://www.bssn.go.id/rekrutmen-pppk-2023/.
  • Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di https://www.dpr.go.id/cpns.
  • Kejaksaan Agung (Kejagung) di https://biropeg.kejaksaan.go.id/pengumuman/cpns.
  • Kementerian Agama (Kemenag) di https://casn.kemenag.go.id/.
  • Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di https://infocasn.kemendagri.go.id/.
  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di https://casn.esdm.go.id/.
  • Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di https://cpns.kemenkumham.go.id/.
  • Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di https://ropeg.kkp.go.id/.
  • Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di https://rekrutmen.kemenkeu.go.id/.
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di https://s.id/pengumumanP3Kominfo.
  • Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian: https://rekrutmen.ekon.go.id.
  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di https://casn.menlhk.go.id.

Jangan lupa untuk memeriksa secara berkala apakah sudah ada pembaruan terkait jadwal tes SKD CPNS, terutama jika telah melihat jadwal sebelumnya. Jadwal tes dapat mengalami perubahan, jadi pastikan Anda selalu memantau informasi terbaru. Semoga tips bams bermanfaat, ya.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.